Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Tipe Rumah Mewah Masa Sekarang

Siapa sih yang tidak menyukai tipe rumah mewah? Tentunya, di samping bangunannya luas, juga beberapa hal lain mementingkan kualitas kelas tinggi. Namun apakah sudah mengenal tipe rumah mewah masa kini? Bila belum, mari kenali tipe rumah mawah masa sekarang.

Sumber:interiordesign.id


 

Mengenali tipe mewah masa sekarang bukan saja untuk kepentingan memiliki rumah yang selaras dengan perkembangan zaman. Tetapi, mengenalinya bisa untuk strategi investasi jangka panjang.

Tipe Rumah Mewah Terkena Pajak Penjualan Barang Mewah

Yang pertama harus anda kenali adalah masalah status rumah mewah. Apa yang disebut rumah mewah bisa merujuk pada barang yang terkena pajak. Pajak ini disebut “Pajak Penjualan atas Barang Mewah” atau disingkat PPnBM. Inilah yang menjadi acuan kondisi rumah dianggap mewah.

Batas minimal tipe rumah yang terkena pajak penjualan adalah rumah yang seharga minimal 30 miliar. Hal ini berdasarkan aturan Menteri Keuangan pada tahun 2019, sebagai aturan pengganti yang lebih realistis lagi soal tipe rumah mewah yang terkena pajak.

Lantas kapan pemilik rumah terkena pajak? Pada dasarnya, sistem pajak PPnBM hanya berlaku pada proses jual-beli dengan pengembang rumah. Ketika pengembang menjual rumah baru seharga 30 miliar, si pembeli rumahnya akan terkena pajak. Pajaknya sekitar 20%.

Berbeda bila anda membeli rumah bekas dari saudara anda, sekalipun harganya 50 miliar, tidak akan terkena pajak.

Karena itu, ketika mau menjual rumah, jangan sampai anda kehilangan uang hasil pengeluaran pajaknya. Harga rumah 30 miliar dengan pajak 6 miliar, maka harga jual yang sebenarnya adalah 36 miliar. Bila ingin dijual untung, bisa dinaikkan lagi.

Tipe Rumah Mewah dengan Arsitektur Minimalis Modern


Tipe rumah mewah klasik biasanya penuh ornamen, dekorasi, dan bangunannya seperti masjid atau istana. Sebagai contoh rumah Anang Ashanty di Cirenre. Rumah ini menggunakan arsitektur klasik yang memiliki ornamen khasnya di bagian dinding.

Namun masa sekarang, tipe rumah mewah lebih kepada aliran arsitektur modern rumah atau yang sering disebut dengan rumah minimalis atau minimalis modern. Arsitektur aliran modern atau rumah minimalis pada rumah mewah tentu masih dianggap relevan karena terpenting terpenuhinya karakter minimalisnya.

Contoh tipe rumah mewah arsitektur modern atau minimalias modern adalah rumah Anang Ashanti di Bali, terlepas apakah berharga 30 miliar atau bukan.

Memiliki Fasad Megah Mengesankan Mewah

Fasad adalah bagian sisi luar rumah, bisa di bagian depan dan juga bagian samping. Namun biasanya fased berada di bagian depan rumah sebagai bagian dari teras. Tujuan fased bisa saja untuk menampilkan keindahan di mata orang lain.

Fased mewah sekarang ini lebih ditampilkan megah agar kemewahannya sangat tampak mempengaruhi nilai jual. Karena bisa saja dibangun dengan nilai histori tertentu.

Memiliki Taman Pelengkap Tipe Rumah Mewah dengan Dibatasi Pagar

Tipe rumah mewah biasanya memiliki taman yang ukurannya bisa luas namun setidaknya bisa sebagai bagian penting tipe rumah mewah. Sebagian rumah mewah memiliki kolam renang sehingga membutuhkan lahan luas di area samping rumah.

Memiliki taman sebagai fungsi yang tidak kalah penting seperti untuk ruang santai, pelihara burung, kolam iklan, kehijauan dan lainnya.

Biasanya, tipe rumah mewah dibangun dengan minimal 2 lantai. Karena itu, perlu ada pagar pembatas yang tinggi. Jarak dari pagar ke rumah tentu perlu keluasan tersendiri minimal 3 meter. Tentunya, ruangan kosong dibuat untuk taman dan ruang santai.

Memiliki Gaya Interior Minimalis

Arsitektur modern minimalis tidak akan lengkap kalau di dalamnya tidak didukung dengan gaya interior minimalis. Minimalis berhubungan dengan konsep bangunan yang simpel, fungsional, tertata rapi. Tentunya, minimalis bukan diidentikkan dengan sempit, kecil, tidak luas.

Konsep desan interior minimalis ditandai dengan penghematan dalam dekorasi yaitu melalui penggunaan furniture yang bersifat fungsional dan benda-benda interior. Tidak lupa, memiliki kombinasi warna tidak lebih dari dua warna dasar.

Inti interior mewah lainnya terletak pada keluasan dan jumlah ruangan. Tipe rumah mewah memiliki keluasan dari tipe rumah di bawahnya. Juga, tipe rumah mewah memiliki banyak ruangan dari tipe di bawahnya.

Posting Komentar untuk "Kenali Tipe Rumah Mewah Masa Sekarang"