Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konsep Rumah Minimalis di Rumah Mewah

Banyak rumah mewah diklaim sebagai rumah minimlis. Tentunya, ini ironi. Karena rumah minimalis sendiri identik dengan rumah yang dibangun dengan mementingkan unsur minimal dari rumah sebelumnya. Pada intinya, konsep rumah minimalis di rumah mewah sepertinya kurang tepat bila untuk rumah mewah.

Sumber: karyapemuda.com

 

Contoh rumah yang dikatakan rumah minimalis adalah rumah Anang Ashanty di Bali. Rumahnya menggunakan arsitektur modern minimalis. Padahal, rumah Anang Ashanty di Bali tergolong rumah yang  mewah. Karena tidak ada unsur minimal di dalam pembangunan. Setidaknya, luas bangunan rumah masih menjadi ciri khas rumah mewahnya.

Pengertian Minimalis, Rumah Minimalis

Pengertian minimalis menurut KBBI yaitu sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan unsur-unsur yang sederhana dan terbatas. Penggunaan unsur-unsur yang sederhana dan terbatas ini bisa mendapatkan atau kesan terbaik.

Di lihat dari pengertian minimalis di atas, bisa diartikan bahwa rumah minimalis adalah rumah yang menggunakan unsur-unsur yang sederhana dan terbatas yakni rumah polos, tidak memakan lahan yang luas, dan ruangan yang fungsional. Bisa juga adanya upaya penghematan lahan.

Penggunaan Pengertian Rumah Minimalis yang Salah Tempat

Banyak orang menyangka rumah minimalis adalah rumah kecil dengan memaksimalkan ruangan yang fungsional. Namun tidak sedikit rumah mewah yang diklaim sebagai rumah minimalis. Lalu yang benar seperti apa?

Padahal, bila merujuk pada pengertian minimalis, rumah mewah sepertinya tidak masuk golongan minimalis karena masih menggunakan luas lahan sehinga memungkinkan ada ruangan yang tidak fungsional.

Seperti yang dikatakan Nur Hikmah, S.Ars, seorang arsitek freelance, mengatakan bahwa dalam dunia arsitek rumah sebenarnya tidak ada istilah minimlis. Yang ada adalah aliran arsitektur modern. Untuk memudahkan, banyak orang yang menggunakan istilah rumah minimalis.

Dari sini bisa dipahami, rumah mewah bisa dibangun dengan aritektur modern. Dari kebiasaan orang mengistilahkan rumah minimalis, secara otomatis rumah mewah pun disebut rumah minimalis.

Namun secara penggunaan istilah minimalis, sepertinya salah tempat bila digunakan untuk rumah mewah. Karena sudah menjadi tradisi penyebutan, rumah mewah bisa dikatakan rumah minimalis bila mencirikhaskan arsitektur rumah modern.

Seperti apa arsitektur rumah modern yang bisa juga disebut arsitektur minimalis?

Ciri-ciri Rumah Minimalis yang Perlu ada di Rumah Mewah

Rumah mewah biasanya rumah gedong bak istana. Biasanya seperti ini kesannya. Karena memang banyak rumah mewah yang seperti ini. Tetapi, rumah mewah minimalis tidak demikian, berikut yang harus ada dalam rumah mewah konsep minimalis.

1. Tata ruang yang sederhana

Tata ruang yang sederhana tentu berkaitan denga fungsi membuat ruangan dan bagaimana pembuatan ruangannya.

Rumah minimalis untuk rumah mewah agak sulit dikatakan sederhana. Rumah mewah identik dengan ruangan rumah berukuran luas yang identik dengan mewah bukan sederhana. Sehingga ada kesan memberikan ruangan yang tidak perlu.

Namun kalau berurusan dengan bagaimana membuat ruangannya, rumah mewah minimalis masih bisa untuk penyederhanaan. Penyederhanaan membuat ruanganya seperti hal rumah minimalis berukuran kecil.

2. Material sederhana tapi berkualitas

Rumah minimalis mementingkan material sesuai fungsi. Artinya, menggunakan material sebagai bagian dari membangun rumah, bukan memperindah rumah. Sebagian rumah mungkin menginginkan ada batu alam, lapis emas dan lainnya. Tetapi, di rumah minimalis, terpenting material memiliki fungsi bangunan.

Masalah keindahan, bisa dialihkan ke permainan warna.

3. Bangunan polos: tanpa dekorasi dan ormamen

Rumah mewah biasanya identik dengan dekorasi dan ormanen yang berkesan mewah. Di dalam rumah minimalis, rumah mewah justru menghilangkan dekorasi dan ormamen. Bisa dikatakan bangunan polos.

4. Fungsi jendela kaca dibuat lebih optimal

Fungsi jendela digunakan untuk pencahayaan. Di atas jendela dimanfaatkan untuk fentilasi. Kebanyakan rumah minimalis memiliki ukuran jendela besar. Namun, ini bergantung luas bangunannya.

5. Minim sekat  

Rumah minimalis berusaha dibuat mengurangi sekat-sekat yang sering ada di rumah. Mengurangi sekat-sekat tentunya identik dengan rumah minimalis.

Posting Komentar untuk "Konsep Rumah Minimalis di Rumah Mewah"