Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Manfaat Rumah Subsidi yang Aman Dari Developer Bodong

Apa saja manfaat rumah subsidi yang aman dari developer bodong atau disebut juga kelebihan? Tentunya, masing-masing jenis rumah memiliki manfaatnya tersendiri. Dan hal ini akan menjadi kekurangan ketika diperuntukkan untuk orang yang tidak merasa cocok memiliki rumah subsidi. Ada banyak manfaat rumah subsidi bila diawali rasa cocok memilikinya.

Sumber:sindonews.com

  

Berikut beberapa manfaat ketika anda mengandalkan perumahan subsidi yang dicetuskan developer properti dengan melibatkan pihak pemerintah yakni Kementrian PUPR.

1. Harga Lebih Murah

Rumah subsidi adalah rumah yang disubsidi pemerintah. Dalam hal ini kaitannya dengan cicilann yang diringankan. Karena itu, wajar bila harga rumah subsidi diahargai murah. Namun karena murah, peminat rumah ini pun terbatas yaitu untuk mereka yang berpenghasilan rendah.

Mengutip keputusan dari Kementrian PUPR bahwa harga rumah di tiap wilayah berbeda-beda. Untuk pulau jawa, harga bisa sekitar 150.000.000+. Di Jabodetabek tentu lebih mahal lagi sekitar 160.000.000+. Namun penentuan harga sekitar 150-200 juta. Terkecuali di Papua dan Papua Barat yaitu sekitar 200 juta lebih. Namun pada intinya, harga jualnya memang murah.

Karena harga rumah subsidi murah, tidak lantas bangunan yang dihadirkan memiliki halaman luas. Luas bangunan sekitar tipe 30 atau 36 dengan keluasan tanahnya 60 meter persegi.

2. Masa Cicilan yang Panjang

Harga rumah murah biasanya biaya cicilannya pendek. Namun berbeda dengan rumah subsidi. Biaya angsurannya biasanya sekitar 1 juta atau bahkan kurang dari satu juta. Kalau harganya sekitar 200 juta dan angsurannya 1 juta, pembeli bisa mencicil sampai sekitar 20 tahun.

Bagi sebagian orang, cicilan lama memang solusi keuangan. Karena penghasilan mereka sendiri tidak sampai lebih dari 3 juta.

Karena dalam subsidi pemerintah, tidak ada pengembangan bunga atau disebut bunga tetap (fixed rate). Sehingga dari awal cicilan sampai berakhir, jumlah cicilan dalam kondisi tetap tidak berubah.

3. DP yang Rendah

Pembelian rumah dengan KPR masih tetap memberlakukan DP yang tinggi sekitar 30%. Tentu dong, bagi masyarakat berpenghasilan rendah akan kesulitan memenuhi DP sebesar itu.

Karena itu, pemilihan perumahan subsidi menjadi solusi masyarakat berpenghasilan rendah. Manfaat yang ada pada rumah subsidi adalah hanya menawarkan DP ringan sekitar 10% bahkan ada yang 5%. Bisa dikatakan, pembiayaan DP ada yang menawarkan sekitar 1500.000 (1 juta untuk DP dan 500.000 untuk booking ) sesuai penawaran pada salah satu perumahan subsidi.

4. Kualitas Bangunan yang Layak Fungsi

Pengembang/developer properti harus mematuhi aturan dalam membangun perumahan subsidi agar rumah yang dihasilkan bisa layak fungsi. Tentunya, developer harus memiliki Sertifikat Layak Fungsi (SLF) guna menghasilkan bangunan rumah subsidi yang memenuhi unsur keamanan dan kenyamanan.

Membangun rumah sendiri belum tentu bisa tergolong aman dan nyaman ketika pembangunanya salah. Biasanya karena faktor tukang bangunan yang tidak profesional.

Jadi, memiliki rumah subsidi sebagai cara murah jauh lebih profesional daripada membangun rumah sendiri. Ini salah satu manfaat memilih rumah subsidi.

5. Membeli Rumah pada Developer Properti Terpercaya

Rumah subsidi biasanya dikembangkan oleh developer properti yang sudah bekerjasama dengan kementrian atau pemerintah. Karena pemerintah sendiri memang menyengaja membuat program rumah bersubsidi. Pihak developer bertugas mengeksekusi pembangunan rumah subsidi.

Dengan bekerjasama dengan pemerintah atau kementrian PUPR, kemungkinan ada developer bodong atau nakal tentu sangat kecil jumlahnya. Kalau pun ada, ini hanya faktor tidak terpenuhinya Sertifikat Layak Huni. Ini pun kalau ketahuan, developer bisa diberi blacklist.

Intinya, anda bisa bermain aman dalam membeli rumah subsidi walaupun tetap harus berpikir kritis dalam memilih rumah subsidi.

6. Rumah Subsidi Siap Huni

Rumah subsidi yang dibangun developer properti bukanlah rumah inden. Anda cukup memilih rumah untuk ditempati karena rumahnya sudah jadi. Tentu, ini menjadi manfaat tersendiri untuk sebagian orang.

Tujuan rumah subsidi bukan rumah inden adalah untuk mempersempit ruang gerak oknum developer yang memanfaatkan proyek rumah subsidi. Ya, banyak developer yang memang bermain di dalam rumah inden. Dengan rumah siap pakai atau rumah jadi, masyarakat bisa terjamin kesematan pembelian rumahnya.

Posting Komentar untuk "6 Manfaat Rumah Subsidi yang Aman Dari Developer Bodong"