Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Sewa Rumah dalam Segi Finansial

Sebagian orang menginginkan memiliki rumah dengan cara membeli rumah. Sebagian orang memilih sewa rumah karena faktor keterpaksaan, karena tidak memiliki uang muka yang besar sekedar untuk membayar DP 30%. Padahal, bisa jadi, manfaat sewa rumah dalam segi finansial jauh lebih baik daripada membeli rumah.


 



Apa saja manfaat sewa rumah atau disebut rumah kontrakan dalam segi finansial? Bisa jadi, anda lebih memilih sewa rumah daripada membeli rumah.

1. Berdasarkan Penelitian Soal Manfaat Sewa Rumah

Hasil penelitan seperti yang dilansir Pluang.com menyatakan bahwa selama 10 tahun tinggal di rumah sewa atau rumah kontrakan, mereka memiliki kondisi keuangan $200 sampai $600 yang jauh lebih baik dibanding mereka yang membeli. 

Artinya, bisa jadi ada penghematan sebesar $200-$600 yang seharusnya untuk biaya mengurus rumah hasil membeli.

Lebih lanjut, hasil penelitian berikutnya menyatakan bahwa 50% pemilik rumah seharusnya bisa jauh lebih kaya dengan memanfaatkan uang untuk investasi daripada membeli rumah dengan harga mahalnya.

Artinya, dengan mengambil langkah menyewa rumah, kondisi keuangan untuk investasi jauh lebih baik sehingga berpotensi bisa jauh lebih kaya.

Tentu saja, ini hanya sampel penelitian yang dilakukan di negara lain, bukan di Indonesia.

Namun pada intinya, sebagian kondisi seseorang ada yang lebih baik dengan memilih sewa rumah daripada membelinya seperti pekerja bebas, pengusaha, keluarga nomaden dan atau hidup melajang.

2. Tidak Dibebani Biaya Renovasi dan Perbaikan

Mungkin anda mendapatkan penawaran sewa rumah yang kondisi rumahnya sudah berumur tua. Walaupun masih layak huni dan memang anda pun membutuhkannya, kondisi rumah yang sudah berumur tentu bisa memiliki beresiko ketika memasuki musim hujan atau waktu lainnya.

Tetapi, kalau ada permasalahan mengenai kondisi rumah kontrakan yang tidak merasa nyaman, anda tidak perlu memikirkan bagaimana biaya renovasi atau perbaikan. Masalah biaya memang bagian dari pemilik rumah.

Dari masalah itu, anda diuntungkan karena proses perbaikannya tidak ditanggung penyewa.

3. Tidak Dibebani Pajak Bumi dan Bangunan

Membeli rumah tentu akan dibebani pajak bumi dan bangunan. Besaran pajak pun bergantung lokasinya.

Namun, pembayaran pajak berlaku untuk rumah tapak. Karena kalau membeli rumah susun, tidak ada pembayaran pajak karena sudah ditanggung biaya IPL (iuran pengelolaan lingkungan) atau pembayaran lainnya.

Bila anda memilih sewa rumah tapak, anda akan diuntungkan karena tidak dibebani biaya pajak, sekalipun biaya pajaknya cukup besar. Tetapi biasanya biaya pajak sudah dibebani pada harga sewa rumah.

Walapun biaya pajak sudah dibebani pada harga sewa rumah, tetap saja, tidak sampai memperbesar biaya sewa rumah. Karena pemilik properti juga memikirkan mengenai persaingan harga, agar jangan sampai sewa rumah tidak dilirik para konsumen.

4. Bisa Memaksimalkan Investasi dengan Jumlah 50%

Katakanlah, rumah tipe 60 seharga di atas 500 juta. Sedangkan harga sewa rumah tipe 60 bisa saja di bawah 50 juta per tahun. Sekilas, memang jauh lebih murah sewa rumah karena biaya per tahun Cuma 50 juta. Walaupun sebenarnya jauh lebih murah bila membeli rumah.

Namun karena menginginkan sebagian uang diinvestasikan untuk keuntungan lebih besar daripada membeli rumah,lebih baik mengambil cara sewa rumah. Bisa mengambil langkah investasi 50%.

Kalau ingin dibuat investasi 50%, bisa mengambil 250 juta untuk investasi yang potensi untungnya nyata besar dengan resikonya yang kecil sebagai misal membangun situs informasi dengan target penghasilan 200 juta per tahun.

Kalau uang 500 juta hanya untuk membeli rumah, otomatis uang 500 juta sudah habis.

Memang, anda masih memiliki cara dengan mencicil rumah. Tetapi, kondisi lain yang tidak memungkinkan untuk membeli rumah sekalipun cara mencicil.

Lebih Fleksibel Berpindah Tempat Rumah

Tentunya, ada alasan yang bisa masuk akal mengapa memilih sewa rumah jauh lebih murah daripada membeli. Alasan yang lebih masuk akal karena anda hanya menginginkan menghuni rumah selama 5 tahun, misal, bisa karena faktor kontrak kerja atau karena punya rencana perpindahan rumah setelah 5 tahun.

Seandainya sewa rumah per tahun dihargai 50 juta, dalam waktu 5 tahun hanya menghabiskan 250 juta. Tetapi kalau anda membeli tipe di atas 60, bisa menghabiskan lebih dari 500 juta. kalau mau dijual kembali, bisa jadi ada penurunan nilai jual. Ini pun kalau berhasil terjual dalam waktu cepat.

Jadi, manfaat sewa rumah salah satunya adalah fleksibel berpindah rumah .

Posting Komentar untuk "Manfaat Sewa Rumah dalam Segi Finansial"