Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Teras Rumah agar Menarik Perhatian

Bagaimana yang perlu diperhatikan dalam membuat teras rumah agar menarik perhatian? Teras rumah adalah bagian lantai yang ketinggian tanahnya melebihi tanah disekitarnya. Teras rumah diartikan juga sebagai atap datar di bawah atap rumah. Pembuatannya berbarengan dengan lantai dan juga atapnya.

Sumber:interiordesign


Membuat teras bagian penting dalam hal menarik perhatian orang yang memandang rumah. Kebanyakan rumah tidak memiliki teras yang menarik perhatian. Lalu bagaimana membuat terasnya agar menarik perhatian?

Mencontoh Desain Teras Rumah yang Menarik Perhatian

Salah satu cara membuat teras rumah yang menarik bisa dengan meniru desain teras rumah milik orang lain. Sekarang ini, contoh desainnya makin mudah didapatkan di internet. Anda bisa memilih mana yang terkesan menarik perhatian di mata anda sendiri.

Dalam mencontoh, anda bisa mengkolaborasi desain atau sama persis. Terpenting adalah ketersediaan ahli bangunan yang siap membangun teras sesuai desain yang anda inginkan.

Lebar Ideal Teras Rumah

Tujuan membuat teras kebanyakan adalah untuk ruang santai. Atau setidaknya seperti ruangan rumah yang bisa ditempati. Karena itu, perlu ukuran pas untuk kebutuhan ini. Tentunya, lebar ideal teras bergantung tujuannya.

Namun seperti dilansir Pinhome bahwa teras rumah untuk negara tropis sekiar ukuran 1 meter. Arti 1 meter yakni dari batas pintu sampai ke bagian luar. Teras rumah berukuran seperti ini memang sekadar teras di rumah minimalis. Perlu diperlebar kembali untuk penempatan ruang tamu atau ruang duduk.

Bila ingin memiliki teras mulitfungsi, bisa mengambil ukuran 2 x 2 meter persegi. Tentnya, pelentakan meja, kursi dan lainnya akan nampak lebih bisa leluasa.

Tetapi, kebanyakan teras di Bali memiliki ukuran luas yang akan menyatu dengan halaman taman sekitar rumah. Ini menyangkut filosofi rumah Bali sendiri. Jadi, ukuran teras bisa saja bergantung ciri khas perumahan tradsional daerah.

Pemilihan Material Lantai Teras Rumah

Bagian lantai bisa anda pilih dengan memenuhi unsur keamanan, kenyamanan dan keindahan. Ketika musim hujan, bagian lantai teras biasanya yang menjadi sasaran terkena air. Kondisi ini bisa membuat lantai cendrung licin, bila permukaan kramik atau marmer licin.

Untuk itu, anda bisa menyiasati dengan menggunakan keramik atau batu alam yang memiliki permukaan yang tidak licin.

Ketinggian Atap Teras Rumah

Sesuai pengertian teras rumah yaitu atap datar yang lebih rendah dari atap rumah, maka pengaturan atap plafon pun perlu diperhatikan seperti ketinggian, variasi dengan carpot dan lainnya.

Konon, di negera tropis seperti Indonesia ketinggian atap teras sekitar 2,75 sebagai ukuran idealnya.

Bila menyangkut rencana pemasangan carpot, perlu ada pembeda antara carpot dan teras (plafon). Tetapi, pemasangan carpot bisa saja di area yang tidak menyatu dengan teras. Atau, carpot bagian dari teras itu sendiri. Anda bisa memilihnya seperti apa.

Perlengkapan di Area Teras Rumah

Perlengkapan yang setidaknya ada di teras harus menyesuaikan dengan ukurantrasnya. Teras yang berukuran kecil, perlengkapannya tentu tidak bisa banyak. Di teras kecil, cukup kursi santai untuk pribadi dan meja kecil. Bahkan, banyak teras berukuran sedang atau teras multifungsi hanya berisi kursi dan meja.

Batu Alam Mempercantik Teras Rumah

Batu alam biasanya berfokus pada pemasangan batu di area teras rumah, salah satunya. Pemasangan batu alam memang tidak untuk seluruh bangunan rumah. Tujuan pemasangan batu alam di dalam teras adalah untuk mendapatkan keindahannya.

Tidak semua batu alam bisa dipasang di dalma teras atau ruangan terbuka yang sering terkena paparan sinar matahari dan air hujan. Perlu batu tertentu yang bisa dipasang di bagian luar rumah, khususnya di teras.

Beberapa jenis batu alam yang bisa dipasang untuk teras adalah batu andesit, batu palimanan dan juga batu candi.

Pembuatan teras rumah batu alam akan menambah nilai eksotisnya, nilai daya tariknya. Tetapi, harga yang harus dibayar pun lebih besar dari bahan buatan.

Posting Komentar untuk "Membuat Teras Rumah agar Menarik Perhatian"