Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Bisnis Properti Tanpa Modal Diminati Banyak Orang?

Hasil riset memang banyak peminat pada bisnis properti. Tentu, rasa minat ini memang masuk akal mengingat semakin banyak anggota keluarga baru atau wisatawan Bali, bisnis properti semakin menguntungkan. Namun di sisi lain, mengapa bisnis properti tanpa modal diminati banyak orang?

 
 

Apakah bisnis properti bisa dijalankan tanpa modal? Kalau pun tidak bisa berbisnis properti tanpa modal, mengapa banyak peminatnya? Anggap saja memiliki banyak peminat karena memang bisa menjalankan bisnis properti tanpa modal. Lantas, apa alasannya?

1. Bisa Mengandalkan Bank dalam Bisnis Properti

Alasan banyak orang yang berminat untuk menjalani bisnis properti tanpa modal karena memang ada pihak bank yang sebagai pemodal. Justru bank menginginkan uangnya dikelola, apalagi lewat bisnis properti.

Contoh sederhana, anda membeli rumah dengan harga 500 juta di Bali untuk disewakan. Bisa saja, harga asli rumah seharusnya 700 juta lebih. Karena pandemi membuat Bali sepi wisatawan, harga jualnya menjadi merosot. Anda manfaatkan harga ini dengan mengandalkan modal dari pinjaman bank.

Otomatis, anda sudah menjalankan bisnis sewa rumah tanpa modal. Mengapa? Anda mengandalkan modal dari bank.

Kasus tersebut bisa diterapkan pada bisnis properti skala besarnya tanpa harus ada modal.

2. Bisnis Properti Bisa Dijual dengan Sistem Inden

Mengapa banyak yang minat bisnis properti tanpa modal? Karena memang bisa mengandalkan modal minim. Otomatis, modal minimnya bisa diatasi dengan cara minjam kembali.

Asalkan sudah memiliki tanah, pengembang bisa membangun perumahan beberapa unit. Setidaknya, penjualan properti rumah tipe 21 subsidi agar permodalannya kecil.

Untuk memulai bisnis properti dengan sistem inden atau rumah inden memang perlu membangun kepercayaan dari pihak pengembang terlebih dahulu agar bisa bekerjasama dengan pihak bank dan juga dipercaya peminat properti. Sekarang ini, sudah banyak penipuan dari cara membangun rumah inden.

Dengan menggunakan sistem inden dalam membangun perumahan, pengembang hanya berfokus membangun rumah untuk orang yang memesan rumah. Sehingga permodalan bisa diukur dengan jelas agar tidak merugi.

3. Bekerjasama dengan Pemilik Tanah untuk Bisnis Properti

Bisa jadi, kesulitan terbesar dalam membangun properti adalah permasalahan tanah. Padahal, bisnis properti membutuhkan tanah yang cocok untuk dibangun properti seperti rumah, kios, mall. Harga tanah juga tidak murah.

Karena itu, jalan bekerjasama dengan pemilik tanah bisa menjadi solusi murahnya. Memang sulit mencari pemilik tanah yang bisa diajak bekerasama. Tetapi setidaknya, permodalan yang seharusnya untuk membeli tanah, bisa dimanfaatkan untuk fokus bangunanya.

Setidaknya, pengembang dan pemilik tanah membutuhkan kerjasama yaitu:

  • Persoalan surat perjanjian kuasa pengelola,
  • Surat kuasa pengurus, dan
  • Surat penadatanganan kredit di bank.


4. Bekerjasama dengan Investor Jauh Lebih Mudah

Anda masih mengandalkan modal untuk pembangunan properti. Tetapi, anda bisa menarik investor untuk membantu permodalan. Karena tugas pengembang bisa hanya berfokus pada perencanaan dan pelaksanaan pembangunan properti, termasuk membangun tim.

Konon, bekerjasama dengan investor jauh lebih mudah bila berurusan dengan bisnis properti. Inilah alasan mengapa bisnis properti tanpa modal diminati banyak orang, dalam hal ini developer.

Katakanlah, anda mau membangun mall di Bali. Dengan melakukan kajian mendalam, mall akan laris peminat lapak dan juga dibanjiri para wisatawan. Ketika launching, mall bisa langsung ramai penjual dan pembeli karena sebelumnya sudah dipromosikan.

Dari analisa tersebut, investor akan lebih menaruh kepercayaan besar pada bisnis properti. Anda tidak akan mengeluarkan modal ketika proposal bisnisnya meyakinkan investor.

Kalaupun ternyata bangkrut, investor masih mendapatkan keuntungan. Properti masih bisa dijual-belikan untuk kebutuhan lain atau sejenis mall lain dengan berbeda pengelola.

Begitulah beberapa alasan mengapa bisnis properti tanpa modal diminati banyak orang.

Posting Komentar untuk "Mengapa Bisnis Properti Tanpa Modal Diminati Banyak Orang?"