Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rumah Tipe Studio Khusus Pasangan Muda

Rumah tipe studio khusus pasangan muda yang dimaksud adalah rumah dengan tipe 13 m2 walaupun tidak mengharuskan dengan tipe 13. Hanya saja, ini berdasarkan kasus pengembang Modernland Cilejit yang sengaja menyediakan rumah tipe 13 untuk rumah tipe studio. Hanya menyediakan 1 kamar yang belum memiliki anak.

Sumber: interiorzine.com

Apakah Layak Huni Rumah Tipe Studio Ukuran 13 Meter Persegi?

Kalau rumah layak huni memiliki batasan minimal sekiar 7 m2 sampai 9 m2 per kepala. Bahkan standar luar negeri sendiri sekitar 11 m2. Tentunya, rumah studio ukuran 13 m2 belum dianggap rumah yang layak huni jika dihuni dua orang. Bisa jadi, pasangan muda yang baru menikah dianggapnya satu pasang, sekepala.

Menurut sebagian orang, rumah tipe 13 adalah rumah tumbuh. Terbukti, luas tanahnya yang akan dimiliki sebesar 60 m2. Ini artinya, mereka bisa memanfaatkan tanah untuk dibuat rumah kembali dengan tipe 36, 45 atau 50.

Lagi pula, pengembang Modernland Cilejit bukan pengembang baru kemaren. Sudah lebih dari 30 tahun berdiri. Perusahaan ini memiliki legaliatas PT. Tentunya, perusahaan ini paham mengenai rumah layak huni.

Rumah Semi Kavling Tipe RS 13/60

Bahasa lain rumah tipe 13 adalah rumah semi kavling seperti yang disebut di laman Modernlandcilejit. Ini menandakan bahwa pembangunan rumahnya tidak murni hanya untuk tipe 13. Bahasa lainnya, diawali dengan tipe 13  yang khusus untuk sendirian atau pasangan muda.

Ada pengembang yang menjual tanah kavling tidak memiliki rumah sama sekali. Tetapi, pengembang Modernlan Cilejit menjual tanah beserta bangunannya sehingga disebut rumah semi kavling.

Rumah Tipe Studio, Hunian yang Cocok untuk Pasangan Muda

Pembeli rumah tipe 13 bisa saja mereka yang sudah bekerja namun belum menikah atau pasangan muda yang belum memiliki anak atau anaknya masih bayi.

Namun pada intinya, rumah ukuran 13 dibangun dengan rumah tipe studio. Rumah tipe studio ini memang rumah ala apartemen. Di dalam ruangan, dapur, kamar tidur dan ruang keluarga menjadi satu.

Beberapa keunggulan rumah tipe studio dengan tipe/ukuran 13 m2 x 60 m2:

1. Cocok untuk kalangan pasangan muda milenial yang berpenghasilan rendah

Konon, harga rumah tipe studio yang dibangun dengan tipe 13 berharga 170.000.000. Bila ingin mengambil KPR bersubsidi, harga per bulan Cuma sekitar 800.000/bulan cicilannya.

Namun pada intinya, pasangan muda yang memiliki penghasilan rendah masih bisa membeli rumah 170 juta. Selebihnya, tanah kavling seluas 60 bisa dimanfaatkan sendiri untuk pembangunan agar lebih murah.

Bisa jadi, awal menikah langsung meninggalkan orang tua dan mertua. Karena memang sudah menjadi bagian kehidupan perantauan.

2. Mungil namun nyaman dengan arsitektur minimalis

Rumah tipe studio memang dibangun dengan mengurangi sekat. Ini bisa sebagai rumah minimalis atau rumah gaya arsitektur modern. Inilah yang membuat nyaman walaupun bangunannya mungil.

Tentunya, orang-orang yang bisa membangun rumah tipe studio adalah tukang ahli khusus agar bisa membuat bangunan mungil terasa nyaman.

Sekarang ini, banyak juga ide desain rumah studio yang inspirasinya dari bangunan apartemen.

3. Cocok untuk keluarga berencana 1 anak

Bisa jadi sebagian pasangan muda berencana hanya ingin memiliki 1 anak saja. Hanya memiliki satu anak saja karena beralasan penghasilan yang rendah. Sah-sah saja memiliki 1 anak. Sudah banyak orang yang memang hanya memiliki 1 orang anak.

Dengan membeli rumah studio yang berukuran 13x 60 tentu dirasa memang tepat. Mereka untuk sementara berfokus pada bangunan 13 terlebih dahulu dengan menghindari sekat kamar.

Itulah sekilas pembahasan seputar rumah tipe studio yang bisa untuk dipertimbangkan.

Posting Komentar untuk "Rumah Tipe Studio Khusus Pasangan Muda"