Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tipe-tipe Rumah Minimalis Sederhana di Indonesia

Tipe rumah adalah rumah yang sudah ditentukan ukuran meter persegi-nya dengan perbedaan ukuran yang biasa menjadi acuan bagi pengembang dan juga peminat rumah. Memang, implementasi bentuk pembangunan rumahnya bisa saja berbeda. Lalu bagaimana tipe-tipe rumah minimalis sederhana di Indonesia?

tipe rumah
Sumber:hipwee.com

 

Minimalis disini lebih kepada konsep "penghematan lahan" bukan yang lain. Berikut beberapa tipe-tipe rumah yang tergolong rumah minimalis sederhana di Indonesia. Umumnya, pemberlakukan tipe rumah sering digunakan pengembang perumahan.

1. Rumah Tipe 21/24

Rumah tipe 21 adalah rumah yang biasa disebut rumah minimalis sederhana yang umumnya rumah yang difasilitasi atau diberi suntikan subsidi untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Bisa juga rumah minimalis sederhana ini tidak masuk dalam daftar rumah subsidi. Namun intinya, rumah tipe 21 memang menjadi solusi bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Rumah minimalis sederhana tipe 21 (atau disebut tipe 21 meter persegi) memiliki ukuran variatif dalam ukuran per meternya bila dibuat bangungan rumah. Rumah 21 bisa dimaknai 3 m x 7 m. Bisa juga jenis ukuran rumah tipe 21 adalah 6 m x 3,5 m. Namun yang pasti, acuannya adalah 21.

2. Rumah Tipe 36

Bila anda sudah punya kelaurga kecil, setidaknya punya 1 orang anak, bisa memilih tipe rumah 36. Rumah tipe bisa memuat 2 kamar. Satu kamar untuk suami-istri. Satu kamar lagi bisa untuk anak yang sudah berumur diatas 1 tahun. ruangan lainnya yaitu: kamar mandi, ruang tamu, ruang makan dan dapur.

Rumah tipe 36 atau rumah 6 m x 6 m walaupun bukan termasuk rumah mungil seperti tipe 21 namun rumah ini masih masuk rumah yang sederhana dalam minimalis-nya. Tentunya, mereka yang berminat adalah masyarakat yang tergolong berpenghasilan rendah.

Rumah tipe 36 dibangun di atas tanah berukuran 60, 72 atau bahkan 90 meter persegi.

Namun sepertinya, banyak orang yang berkeinginan memiliki rumah saja sekalipun halamannya tidak luas. Jadi, banyak yang memangkas luasnya tanah demi menghemat biaya kepemilikan rumah.

3. Rumah Tipe 45

Tipe rumah 45 adalah rumah yang terdiri dari ukuran 6 m x 7,5. Entah tercetus darimana tipe-tipe rumah, yang jelas tipe ini memang bangunannya lebih besar dari rumah tipe 36. Antara tipe 36 dan 45 memiliki kesamaan tata ruang seperti kamar dan lainnya. Pemebedanya pada segi ukurannya. Ukuran tipe 45 lebih besar dari ukuran tipe 36.

Rumah tipe 45 adalah rumah yang masih tergolong rumah semi minimalis. Karena ukuran 45 meter persegi dikisaran pada ukuran 6 x 7,5.

Karena ruangannya cukup luas dari tipe di bawahnya, cocok bila berdampingan dengan mobil pribadi yang tersimpan di garasi yang biasanya menyatu dengan rumah.

4. Rumah Tipe 54

Setiap beberapa tahun, bisa jadi anda menambah anak kembali, dari satu anak menjadi dua anak. Rumah lama yang yang bertipe 45 atau dibawahnya tentu sudah tidak cocok lagi. Karena itu, bisa berpindah memilih rumah tipe 54 meter persegi, yakni ukuran 9 m x 6 m atau 13,5 m x 4 m.

Di samping bisa memiliki kamar lebih dari 2, ukuran rumah tipe 54 juga cukup luas. Rumah yang memang terlihat luas bisa melapangkan pernafasan.

Walaupun ukurannya lebih luas, rumah tipe 54 masih tergolong rumah sederhana minimalis.

5. Rumah Tipe 60

Rumah tipe 60 adalah rumah tipe model 54 namun versi luasnya. Ukuran bagiannya yaitu 6 m x 10 atau 12 x 5. Tentunya, masih cocok digunakan untuk keluarga berencana yang memiliki kendaraan pribadi di depan rumahnya, yang memiliki garasi mobil. Rumah tipe ini masih masuk rumah sederhana karena ukurannya yang kurang dari 90 meter persegi.

Rumah tipe 60 masih bisa menampung keluarga besar yang datang mengunjungi pemilik rumah tipe 60. Untuk kepentingan acara kumpul-kumpul juga masih terbilang cocok. Karena itu, harga jualnya juga lebih dari 500 juta.

Posting Komentar untuk "Tipe-tipe Rumah Minimalis Sederhana di Indonesia"