Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Rumah Sederhana untuk Keluarga Berencana

Tips rumah sederhana untuk keluarga berencana memang menjadi solusi di tengah keterbatasan lahan. Karena lahan otomatis akan semakin berkurang bila semakin banyak keluarga baru. 

Apalagi, keluarga yang memiliki banyak anak, otomatis lebih mempengaruhi penipisan ketersediaan lahan. Lalu bagaimana tips terbaik untuk rumah sederhananya?

5 Tips Rumah Sederhana untuk Keluarga Berencana
Sumbere:therumahproperty.com

 5 Tips Rumah Sederhana


1. Mengambil Jumlah Ruang yang Tepat

Keluarga berencana biasanya memegang teguh rencana kehamilan. Beberapa anak yang direncanakan biasanya sudah diputuskan. Karena memilih keluarga berencana, umumnya menentukan jumlah 2 anak.

Karena cuma 2 anak, rumah yang dibangun sudah bisa diputuskan berapa kamar yaitu 3 kamar, satu untuk suami-istri, dua kamar untuk dia anak. Serta penambahan ruangan lain yang biasa ada.

Disitulah bisa mengambil konsep rumah sederhana karena memang sudah ditentukan jumlah maksimal ruangannya dengan tidak membutuhkan lahan yang luas.

2. Memanfaatkan Kemudahan Merawat Rumah Sederhana dengan Kedisiplinan

Desain rumah sederhana memang rumah yang secara fakta desain, tidak terbangun dengan tanah atau lahan yang luas, dan tidak berisi banyak ruangan. Biasanya, konsep desainnya minimalis. Karena itu, cara merawat rumahnya pun mudah dijalankan setiap harinya.

Karena itu, tips rumah sederhana untuk keluarga berencana adalah memanfaatkan kemudahan merawat rumah sederhana dengan kedisiplinan. Karena memang tidak memberatkan dalam perawatannya sehingga mengharuskan disiplin.

Apalagi, per anak bisa disiplin merawat kamarnya sendiri sehingga tidak terlalu memberatkan pekeraan ibu rumah tangga atau asistem rumah tangga.

3. Memanfaatkan Sebagian Biaya untuk Mendesain Interior Rumah Sederhana

Memiliki rumah pribadi dengan desain yang sederhana memang bisa memangkas biaya kepemilikan rumah yang seharusnya mengeluarkan lebih untuk kepemilikan rumah yang lebih besar lagi. Apalagi, rumah pribadi dibangun sendiri tanpa melibatkan pengembang, biasanya lebih terkontrol lagi pengeluarannya.

Untuk itu, anda bisa memanfaatkan biaya hasil pemangkasan untuk kebutuhan membangun interior yang bisa membuat penghuni rumah merasa nyaman dan aman.

Pada intinya, rumah sederhana hanya terfokus pada segi penghematan keluasan bangunan dengan memilih tipe rumah yang tergolong rumah sederhana seperti, tipe 21, tipe 36, tipe 45 dan lainnya.

Namun untuk desain interior, bisa mendeasain interior dengan desain yang bisa membuat betah penghuni rumah. Biasanya, bila ingin tampil indah dan eksotis interior rumah anda, membuthkan jasa interior yang memang profesional menanganinya.

4. Memberikan Area Taman untuk Eksterior yang Menyegarkan Suasana

Rumah yang baik adalah rumah yang dikelilingi taman walaupun tidak luas, sekedar membantu melengkapi dengan desain interior yang menyegarkan suasana. Apalagi, kondisinya rumah sederhana, kehadiran taman sangat bisa membantu menenangkan suasana dari kebosanan di dalam rumah berukuran kecil.

Fokus eksterior di dalam taman adalah memberikan suasana menyejukkan yakni memberikan beberapa pohon dan tanaman hias.

Namun karena mengambil konsep rumah sederhana dengan ciri khasnya yang minimalis, luas taman tidak perlu sampai melebihi rumah itu sendiri. Setidaknya, taman diberikan untuk area depan sekedar untuk bisa diberikan tanaman hias dan beberapa pohon ukuran sedang.

5. Gunakan Bahan Bangunan yang tidak Berpotensi Panas

Harus dibedakan antara bahan bangunan untuk rumah ukuran luas dengan rumah ukuran kecil alias sederhana. Karena ini bisa menyangkut efek panasnya.

Rumah ukuran luas bisa jadi terhindar dari efek panas matahari karena jarak sentuhnya luas. Sedangkan rumah ukuran kecil efek akibat paparan sinar matahari bisa jadi lebih terasa. Hal ini didukung juga bahan bangunanya, mana yang sebagai penghalang panas.

Rumah kayu pada dasarnya jauh lebih direkomendasikan karena kayu tidak bagus sebagai sumber panas. Namun kalau tidak menginginkannya, bisa menggunakan batu bata merah. Penggunaan batu mata merah jauh lebih tepat dalam mencegah panas daripada batu lainnya.

Tujuan memberikan bahan bangunan yang anti panas karena rumahnya tidak selalu luas.

Posting Komentar untuk "5 Tips Rumah Sederhana untuk Keluarga Berencana"