Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Alasan Harga Properti Naik Terus

Apakah anda tahu apa alasan harga properti naik terus? Kebanyakan orang memang sudah mengetahui kalau harga properti mengalami kenaikan setiap tahunnya. Bahkan, di beberapa daerah yang kenaikannya sekitar 3 bulan sekali, dalam kondisi ekonomi apapun. Tetapi, apa alasan harga properti selalu?

Sumber:beritasatu.com
 

Banyak investor yang tentu melirik properti sebagai bagian dari aset investasinya. Bahkan, propertinya dijadikan properti komersial. Tujuannya bisa sebagai pengamankan nilai uang, atau juga menjadikan investor lebih kaya.

Berikut beberapa alasan mengapa harga properti naik terus.

1. Ketersediaan Tanah Tidak Pernah Bertambah

Tanah adalah salah satu sejenis benda yang tidak dapat diperbaharui namun dalam persoalan pertambahannya. Walaupun, secara fungsi, tanah masih bisa diperbaharui seperti pembongkaran bangunan untuk fungsi lain. Karena itu, semakin banyak bangunan, ketersediaan tanah untuk bangunan atau tempat tinggal makin terbatas.

Karena faktor tidak ada penambahan lahan yang sifatnya untuk memperbaharui, harga properti bisa naik.

2. Jumlah Penduduk Makin Bertambah

Pembahasan ini masih berkaitan dengan keterbatasan lahan. Namun, pembahasan mengenai jumlah penduduk yang mempengaruhi harga properti yang naik terus karena ada faktor kebutuhan properti.

Ketika banyak penambahan penduduk yang membutuhkan properti, artinya banyak permintaan, di sinilah terjadi pemanfaatan untuk menaikan harga.

Hal itu tidak jauh berbeda ketika banyak peminat di suatu produk namun prosesnya lama dan tidak mudah, maka akan mudah mengalami kenaikan.

Begitu juga dengan properti yang memiliki banyak peminat. Karena pembuatan properti bukan perkara yang mudah, berkaitan dengan legalitas dan tentunya permodalan yang tidak sedikit, otomatis bisa mempengaruhi harga properti yang naik.

Bahkan, harga propertinya akan selalu naik ketika sudah dimiliki peminat properti. Karena membeli properti membutuhkan pengorbanan yang besar dan juga faktor keberuntungan.

3. Harga Naik karena Efek Inflasi

Seperti yang dilansir Pudjiadiprestige bahwa secara global ada masalah inflasi yang terjadi tiap tahun. Tentunya, suku bunga yang akan terpengaruh masalah inflasinya. Efek lain dari inflasi yang sering terjadi yaitu kenaikan harga bahan pokok. Bagaimana dengan harga properti? Bahkan, kenaikan harga properti harganya jauh semakin mahal. Kerena properti berurusan dengan bahan bakunya.

Bisa dinilai, kenaikan harga properti yang terus naik bila diimbangi dengan kenaikan harga bahan pokok, sepertinya tidak terlalu mengharapkan keuntungan dari harga properti ketika terjual. Hal ini kalau perhitungan harga jualnya sesuai dengan pengeluaran akibat menempati rumahnya, seperti kebutuhan listrik, renovasi, perawatan dan yang lainnya.

4. Harga Naik Karena Pembangunan Insfrastruktur

Ketika lahan masih penuh pepohonan, belum ada jalan yang layak dilewati kendaraan bermotor dan masalah lainnya, harga properti masih dihargai murah. Namun ketika ada perbaikan infrastruktur, lingkungan diperbaiki menjadi layak untuk bangunan rumah, kendaraan bermotor, harga properti akan naik.

Tidak heran bila ada cluster yang menghargai mahal yang seharusnya dijual dengan harga 200 juta, bisa naik sampai 400 juta. Karena bukan melulu faktor rumahnya tetapi juga fasilitas atau infrastrukturnya.

5. Harga Naik karena Harga Bahan Bangunan Naik

Harga properti yang selalu naik karena harga bangunannya yang selalu naik. Namun, kenaikan harga ini untuk jenis perumahan baru. Seharusnya rumah baru tipe 36 dijual dengan harga 500 juta, naik menjadi 700 misalnya.

Hanya saja, rumah lama pun bisa ikut mengalami kenaikan seiring kenaikan harga bangunan walaupun sifat kenaikannya terpengaruhi faktor lain.

Pertanyaannya, mengapa bahan bangunan sering mengalami kenaikan padahal bahan pokok rumahan tidak mengalami kenaikan? Alasannya, bahan bangunan ada yang terbuat dari bahan baku yang tidak bisa diperbaharui atau bisa diperbaharui namun lama seperti semen, kayu dan yang lainnya.

Posting Komentar untuk "5 Alasan Harga Properti Naik Terus"