Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjual Tanah untuk Beberapa Keuntungan

Pembahasan cara menjual tanah untuk beberapa keuntungan bukan pembahasan sekedar tips. Tetapi, pembahasan ini lebih kepada studi kasus tentang seseorang dalam menjual tanah yang diharapkan mendapatkan beberapa keuntungan. Namun, studi kasus ini bisa saja anda terapkan pada tanah anda.

Sumber:lifepal.co.id

Berikut cara menjual tanah untuk beberapa keuntungan. Pembahasan dimulai dengan bagaimana bisa mendapat keuntungan dan kerugian dalam investasi tanah.

Menyoal Masalah Keuntungan dan Kerugian Tanah

Perlu menjadi catatan penting, ketika ada melakukan investasi tanah jangka panjang, bisa saja anda tidak mendapatkan keuntungan bahkan hanya membayar liabilitas. Atau, anda akan mendapatkan keuntungan berlipat-lipat. Tentunya, mendapat untuk keuntungan atau tidak, bergantung bagaimana keputusan investasi anda.

1. Keuntungan investasi tanah

Ketika tanah sudah mengalami kenaikan yang tinggi, lebih bagus bila disertai dengan keseimbangan kenaikan harga bahan pokok yang lain, penjualan tanahnya tergolong mendapat keuntungan investasi.

Tentunya, mengetahui cara soal kapan harus menjual tanah menjadi ilmu tersendiri agar investasinya bisa menguntungkan.

2. Kerugian investasi tanah

Segala jenis investasi barang mati seperti tanah, emas, berlian, ketika tidak terjadi penjualan atau tidak ada rencana penjualan yang dilakukan pribadi investor, maka itulah bentuk kerugian investasi tanah. Apalagi, tanah membutuhkan biaya pajak setiap tahun, kerugiannya lebih besar. Terkecuali ada pemanfaatannya.

Hanya saja, manfaat tanah bisa mengamankan nilai uang akibat inflasi, solusi lain dari didepositokan di bank.

Beberapa Proses Cara menjual Tanah untuk Beberapa Keuntungan

Pembahasan ini menyesuaikan dengan studi kasus seseorang yang menjual tanah untuk beberapa keuntungan. Namun, pembahasnnya menjadi tips atau cara menjual tanah untuk meraih beberapa keuntungan.

1. Kepemilikan tanah yang sudah berumur matang

Biasanya, kepemilikan tanah yang sudah berumur matang adalah tanah warisan. Orang tua memiliki beberapa tanah, salah satunya tanah menganggur. Tanah sudah berumur lebih dari 10 tahun. Tanah menganggur atau tanah mati diwariskan kepada anak-anak.

Ketika tanah hasil warisan sudah mengalami peningkatan tinggi harga jualnya, disiniah letak keuntungan bisa diperoleh ketika tanah dijual dengan cara yang benar yaitu mempertahankan dengan harga pasaran terbaru.

Tentunya, setiap menjual tanah hasil investasi, harus memiliki beberapa alasan. Setidaknya, ini beberapa alasannya hasil studi kasus:

  • Menghasilkan banyak uang untuk kebutuhan pokok yang dibutuhkan dan meningkatkan penghasilan
  • Membeli tanah yang harga jualnya masih murah
  • Mengganti lokasi tanah yang bisa lebih baik dalam pemanfaatannya


Seorang investor tidak sekedar menjual tanah untuk mendapatkan keuntungan. Tentunya, pertimbangan penjualan pun harus ada, sebagai alasan menjual tanah meraih keuntungan.

2. Menjual tanah untuk investasi tanah kembali

Ketika tanah berumur matang sudah dijual, dengan cara menjual yang benar, tentunya, akan mendapatkan banyak uang. Karena harga jualnya lebih tinggi dari harga dasar ketika membeli tanah.

Namun, di sini, studi kasus menjual tanah yaitu justru sebagai cara untuk membeli tanah kembali atau berinvestasi di tanah kembali. Membeli tanah dengan harga jual yang lebih murah. Ini juga yang menjadi alasan mengapa menjual tanah.

Namun, jarang sekali mendapatkan keberuntungan pada studi kasus yang satu ini yakni mendapat harga jual tanah yang murah.

Namun pada intinya, membeli tanah dengan harga di bawah pasaran atau memang di lokasi tanah masih murah harga pasarannya, bisa menjadi keuntungan investasi yang lebih besar ke depannya ketika lokasi tanah mengalami perkembangan properti dan harga.

3. Menjual tanah untuk membeli tanah yang lokasinya jauh lebih baik ke depan

Bukan hanya membeli tanah dengan harga murah. Tetapi, melihat potensi investasi ke depan seperti apa dan kualitas pemanfaatan atas tanahnya bagaimana bila untuk beberapa hal pemanfaatan.

Memang, cara memilih tanah yang tepat dengan harga yang jauh lebih murah dari harga penjualan tanah, memang sulit didapatkan. Hal ini sifatnya keberuntungan.

Namun itulah studi kasus yang terjadi yakni mendapatkan keberuntungan atau keuntungan dari penjualan tanah dan dari pembelian tanahnya.

Posting Komentar untuk "Cara Menjual Tanah untuk Beberapa Keuntungan"