Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Fakta Perumahan di Atas Mall yang Viral

Pada tahun 2019 sempat viral perumahan di atas mall yang seolah barang baru. Tentunya, permulaan viral masalah ini karena ada vidio yang membahas masalah perumahan di atas mall. Tentunya, menarik untuk melihat fakta perumahan di atas mall yang viral itu.

 

Sumber:spacestock.com


Dikutip dari Dream, masalah perumahan di atas mall yang bukan masalah baru dijelaskan juga oleh Senior Associate Director Colliers International Indonesia, yakni oleh Ferry Salanto. Sudah ada sejak lama perumahan di atas mall. Tentunya, sebenarnya ini bukan perkara aneh.

1. Perumaham Mewah Berada di Daerah Tamrin

Kebetulan, perumahan di atas mall berada di  daerah Tamrin (bisa saja ada yang lain), yang bisa dibilang harga tanahnya mahal, tidak bisa dibeli masyarakat umum. Namun sia-sia juga membangun rumah tapak karena mengurangi jatah Koefisien Luas Bangunan (KLB) yang seharusnya berguna untuk bangunan tinggi.

2. Bentuknya Seperti Town House

Dalam laman Wikipedia, town house atau disebut rumah bandar adalah komplek atau perumahan kecil yang berisi beberapa rumah dengan pembangunan yang teratur dengan sistem tertutup. Tentunya, fasilitasnya memadai.

Cosmo Park atau perumahan di atas mall memang sudah dianggap perumahan unik yang berbentuk town house yang masih satu manajemen dengan Jakarta Resudence dalam pengelolaan.

Perumahan di atas mall di Tamrin sudah habis terjual, tidak ada penambahan. Namun, unit rumahnya sering dimanfaatkan tempat penyewaan. Biasanya, mereka mencari perumahannya via aplikasi seperti Airbnb dan yang lainnya.

3. Dibangun Di Atas Lahan Bekas Bengkel

Dahulu, komplek perumahan di atas mall yakni di komplek The Jakarta Residence atau di perbelanjaan Tamrin City adalah tempat atau pusat penyedia jasa perbengkelan. Tentunya, tempatnya masih kotor dan kumuh.

Lalu pihak Agung Pondomoro Land menyulap lokasinya menjadi indah dan terawat bahkan bisa mendapatkan uang. pemandangan kotor dan kumuh tidak ada lagi.
 

4. Solusi Hunian Rumah Di Daerah Prime

Konon, membangun rumah atau mencari rumah di daerah prime memang sulit. Dalam membuat bangunan, tentunya harus mengikuti peraturan masalah zonasi, batasan koefisien dasar bangunan (KBD) dan juga KLB. Artinya, kalau zonasinya untuk hunian, tidak bisa lagi untuk properti komersil seperti mall atau perkantoran.

Nah, di wilayah area mall Tamrin, memang tidak bisa untuk Hunian. Karena itu, solusi huniannya atau perumahannya di atas mall. Hal ini pun masih mengacu pada aturan yang berlaku sehingga bisa menjadikan di atas mali sebagai perumahan.

5. Dijual 7.500.000.000 Perumahan Tamrin City

Pada dasarnya, penjualan rumah di Tamrin City sudah tidak ada bila mengenai penjualan rumah baru. Penjualan yang terjadi adalah penjualan rumah bekas. Apakah penjualannya disertai lahan atau tidak, masih belum menemukan datanya. Yang jelas, ada bangunan yang menjual rumah seharga 7.500.000.000 dengan luas 200 meter persegi. Bahkan ada rumah yang ditawar sekitar 4.500.000.000. Karena ada tipe-tipe yang berbeda.

Namun, seperti yang dilansir Dream, harga jual tersebut berlangsung pada tahun 2019. Bisa jadi, ada perubahan harga di tahun sekarang, tepatnya Januari 2022. Namun sepertinya belum ada lagi di tahun 2022 penjualan yang terkhusus penjualan rumah di atas mall.

6. Beberapa Fasilitas Perumahan di Atas Mall

Di dalam laman Spacestock menjelaskan beberapa fasilitas perumahan di atas Mall. Berikut beberapa fasilitasnya:

a. Taman yang cukup luas

Seperti tidak masuk akal, ada taman di atas mall yakni diperumahan yang letaknya. Kalau persoalan ada tanaman di atas pot yang diletakkan di lantai atas, ini masih hal yang wajar. Kalau taman di atas mall, yang menjadi persoalan adalah air ke tanahnya. Bagaimanakah drainase -nya? Tentunya, airnya akan kotor yang mengalir sesuai arah aliran drainase.

Tetapi itulah fakta yang terjadi pada perumahan Tamrin City, tamannya berada di atas. Ini sebagai fasilitas yang bermanfaat untuk memberikan ruang hijau di lantai atas.

b. Memiliki lapangan tenis dan lapangan basket

Fasilitas berikutnya adalah menghadirkan lapangan tenis dan juga lapangan basket. Jenis olahraga yang dihadirkan seperti membagi siapa yang akan memanfaatkannya. Olahraga tenis cocok untuk penghuni diatas umur 40-an. Sedangkan olahraga baset cocok untuk mereka yang berumur dibawah 35-an.

Bahkan, lapangan basket bisa berubah menjadi lapakang futsal. Ketika mau main futsal bisa diberi gawang yang memang sudah disediakan sebagai fasilitas lainnya.

c. Ada kolam renang

Fasilitas lainnya adalah kolam renang. Kelam renang di Tamrin City dipisang antara kolam renang anak dan juga dewasa.

Kolam renang di atas mall seperti halnya kolam renang pada apartemen mewah lainnya yang konon berada di lantai atas. Tentunya, bermain di kolam renang yang langsung melihat langit seperti memiliki sensasi sendiri yang lain daripada bermain di kolam renang di bawah.

Tentunya, ada beberapa fasilitas lagi yang bisa anda dapatkan ketika menyewa di perumahan di atas mall.

Posting Komentar untuk "6 Fakta Perumahan di Atas Mall yang Viral"