Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Maksimalkan Fungsi Ruko Agar Meningkatkan Keuntungan

Investasi properti di ruko sangat perlu diperhatikan fungsinya. Ruko adalah rumah toko, salah satu jenis properti komersial. Tentunya, fungsi ruko adalah sebagai tempat tinggal dan juga kepentingan bisnis. Kedua fungsi harus sejalan. Lantas, bagaimana maksimalkan fungsi ruko agar meningkatkan keuntungan?

fungsi ruko
Sumber:pinhome.id
 

Dari awal pembangunan memang sangat perlu diperhatikan fungsinya dengan maksimal. Bila anda membangun  kios namun tidak laku, tentu tidak terlalu dipermasalahkan. Berbeda bila anda membangun ruko namun tidak laku, bukan sekedar kerugian. Bangunan pun menjadi museum.

Pemaksimalan fungsi ruko perlu dilakukan. Lantas, bagaimana agar properti komersial yang satu ini menghasilkan keuntungan jangka panjang?

Memperbaiki Area Jalan Samping Ruko

Dalam hal ini, perlu menghadirkan sampel. Barangkali bisa diterapkan untuk area jalan samping ruko walaupun mungkin memang jarang terjadi. 

Yaitu, kasus area jalan samping ruko yang dihalangi dua tiang besar di teras (akibat jenis bangunanya) dan juga jalan yang becek (akibat pengaturan drainase yang salah). Kondisi seperti ini membuat kios banyak yang tidak laku. Penyewa tidak betah berlama-lama menyewa karena tidak ada pembeli.

Ruko adalah rumah toko. Fungsi tokonya harus ada. Jangan sampai masalah area jalan samping ruko menjadi permasalahan serius yakni tidak mendapat pelanggan.

Ketika area jalan berpotensi tidak bagus untuk jalur jalan para pembeli, seperti becek dan dihalangi tiang, perlu diperbaiki dengan maksimal. Bila dari awal sulit untuk diperbaiki, lebih baik untuk tidak membangun ruko. Kalau sudah terlanjur terbangun atau menjadi rencana, bisa dimaksimalkan lagi bagaimana seharusnya.

Aplikasikan Desain Minimalis, Multifungsi dan Menarik

Fungsi ruko juga berurusan dengan kepentingan tempat tinggal. Tempat tinggal harus memenuhi syarat layak huni, yakni aman, nyaman, dan sehat. Karena itu, pembangunan ruko dengan fungsi tempat tinggal harus dimaksimalkan.

Konsep memaksimalkan fungsi ruko adalah konsep “rumah bertoko” bukan “toko berumah”. Ketika memperhatikan ruko-ruko, nampak sekali tidak enak sebagai rumah karena masih berfokus pada konsep toko berumah, bukan konsep rumah bertoko.

Rata-rata ruko yang banyak diperkotaan adalah ruko dengan desain minimalis. Jelas, kebutuhan space yang dibutuhkan untuk stok barang dan penempatan barang dagangan. Artinya, setiap sudut ruko menjadi multifungsi.

Hasilnya, penyatuan desain yang serasi bila dibutuhkan untuk toko. Pemilik mendapatkan hunian rumah seperti pada umum rumah, yang tentunya sambil berjualan. Sekarang, banyak sekali ruko-ruko modern yang mengesankan penyatuan memaksimalkan fungsi. Memang, harganya juga tidak murah.

Mengatur Pencahayaan yang Tepat dalam Ruko

Mengatur pencahayaan memang penting. Sebagian pemilik toko biasanya tidak mementingkan pencahayaan, dan lebih mengutamakan cahaya alami dari luar. Jelas, kondisi ruanganya agak gelap walaupun masih bisa ditoleransi. Alasan tidak memberikan cahaya lampu karena ingin menghemat biaya listrik.

Tentunya, mengatur pencahayaan bergantung bagaimana jenis tokonya. Jangan sampai, menjual barang kelas menengah-keatas namun pencahayaannya kurang. Jelas, fungsi ruko dalam segi memaksimalkan ruangan toko kurang maksimal.

Ada baiknya memang, ruangan ruko diberi pencahayaan agar fungsi ruko bisa maksimal.

Memisahkan Fungsi Rumah dan Toko

Jangan salah dalam memilih ruko atau membangun ruko. Ruko bukan sekdar tempat jualan, tetapi juga tempat tinggal. Mungkin banyak orang yang mengira, ruko hanya sekedar toko yang berisi tempat istirahat. Hal ini yang berujung memilih ruko yang bagian rumahnya justru seperti gudang toko.

Memaksimalkan fungsi ruko yaitu memisahkan rumah dan tokonya. Artinya, biarkan rumah menjadi tempat tinggal yang nyaman karena pasti akan bertempat tinggal yang lama di ruko. Untuk bagian gudang stok barang, bisa memanfaatkan ruangan yang lain. Begitu juga prabotan rumah tangga, harus berada di rumah.

Posting Komentar untuk "Maksimalkan Fungsi Ruko Agar Meningkatkan Keuntungan"