Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memahami Properti Komersial Di Bali untuk Investasi Terbaik

Memahami properti komersial di Bali untuk investasi terbaik tentu tidak hanya memahami jenis-jenis properti komersial. Pemahamannya lebih luas yang mengarah  pada tercapainya keuntungan investasi. Investasi terburuk  tentu mengalami kerugian  sebagai lawan dari investasi terbai. Investasi terbaik menghasilkan keuntungan sekaligus aset properti masa depan.

Sumber:idntimes.com
 

Bila anda hanya tergiur dengan banyak penjualan properti di Bali tanpa memahami bagaimana properti bisa dijadikan properti komersial, tidak bisa juga dianggap salah. Karena anda membelinya tidak sekedar untuk memiliki properti komersil.

Pengertian Properti Komersial yang Perlu Disepakati

Pengembang tidak selalu membangun rumah komersial atau subsidi untuk kepentingan pribadi pembeli. Pengembang juga bisa membangun properti yang sifatnya “penyewaan” untuk penghasilan jangka panjang.

Dalam hal ini, rumah bisa masuk dalam kategori properti komersial. Walaupun demikian, sebagian pengertian mengenai rumah komersil lebih kepada penjualan rumah yang berbeda dengan rumah subsidi.

Yang perlu disepakati lebih kepada istilah rumah komersial, yang harus pada pengertian rumah yang berkepentingan pasif income atau properti komersial. Ini demi menjadi bagian pemilihan properti komersial di Bali yang akan menjadi sumber penghasilan rutin.

Properti Komersial untuk Pemenuhan Penginapan Wisatawan Bali

Semakin banyak wisatawan di Bali, harus semakin banyak juga pemenuhan tempat tinggal. Bila tidak, Bali akan kehilangan pelanggannya tiap tahun. Namun faktanya, sebelum era pandemi, banyak wisatawan yang berdatangan tiap bulannya.

Seperti yang dilansir Rumahbali, bahwa tiap tahun, Bali sudah pernah menyentuh pada angka 6,5 juta wisatawan per tahun. Bisa dikatakan, jumlah wisatawannya melebihi jumlah penduduknya yang sekitar 4 jutaan. Kalau dihitung per bulan, ada 70.000 wisatawan.

Tentunya, kehadiran wisatawan sebanyak itu membutuhkan akomodasi, tempat penginapan yang jumlahnya tidak sedikit.

Catatan investasi properti: tetap pada pemenuhan properti komersial untuk para wisatawan. Bila seperti ini, perlu mengetahui juga kehadiran propertinya, apakah terpenuhi atau kekuarangan akomodasi. Barangkali, pemerintah daerah pun memberikan aturan mengenai pemenuhan properti komersial di Bali.

Pemilihan Lokasi Properti Komersial yang Menghadirkan Wisata Bali

Yang perlu diperhatikan, tidak semua wilayah Bali bisa menjadi bagian target investasi properti  komersial yang didukung kehadiran wisatawan. Kebanyakan kawasan wisata atau disebut pusat industri pariwisata berada di Bali Selatan. Walau demikian, tidak menutup kemungkinan ada tempat wisata menarik lainnya yang di luar Bali Selatan.

Beberapa lokasi tempat wisata di Bali Selatan dan di Bali lainnya:

  • Kuta
  • Legian
  • Seminyak
  • Sanur
  • Ubud
  • Jimbaran
  • Nusa Dua
  • Pecatu
  • Canggu
  • Badung
  • Dan yang lainnya
 

Mengamati Peminat Properti Bali dari Konsumen Luar Bali

Dari laman Bisnisbali, Ketua DPD REI Bali, I Gede Suardita mengungkapkan bahwa properti 30%-40% diminati konsumen luar Bali pada masa pandemi khususnya properti Middle Up atau komersial. Bahkan, peminatnya lebih dominan dari konsumen luar Bali, seperti Jakarta dan Surabaya. Yang mereka cari properti yang memang memiliki kegunaan sebagai villa atau hotel yang berharga di atas 2 miliar. Pembeliannya pun kontan, tidak kredit.

Memang, tidak ada larangan bagi konsumen luar Bali yang ingin menguasai kepemilikan sebagian properti di Bali selagi masih memiliki KTP NKRI, menurut Suardita.

Ada beberapa alasan mengapa konsumen luar Bali menginginkan properti di Bali:

  • Bali sebagai tempat wisata populer Indonesia
  • Menyukai Bali baik wisata, seni dan budaya
  • Budaya masyarakat bali yang terbuka menyambut orang luar sehingga disukai orang luar Bali.


Pertanyaannya, apakah konsumen luar Bali akan berpindah tempat tinggal hanya karena memiliki properti di Bali? Tidak mesti berpindah tempat tinggal. Apalagi, pembelian propertinya lebih kepada properti villa dan properti lainnya yang bisa dikomersilkan.

Hal ini bisa sebagai langkah, bagaimana anda berinvestasi pada properti komersial.

Posting Komentar untuk "Memahami Properti Komersial Di Bali untuk Investasi Terbaik"