Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Hotel, Jenis dan Kategorinya

Banyak hotel yang tersebar di banyak kota. Bahkan, hotel bisa berdiri di tempat yang tidak memiliki wisata atau jauh dari tempat wisata. Hotel adalah penginapan populer yang menyamai kos, sewa villa, bahkan sewa apartemen. Lantas, apa pengertian hotel, jenis dan kategorinya?

Sumber: Idntimes.com
 

Membahas pengertian hotel, jenis dan kategorinya karena ada bangunan hotel yang tidak identik sebagai hotel. Hotel yang dimaksud adalah hotel dengan konsep bubble hotel. Permasalahannya, tiap kamarnya dibangun secara terpisah selayaknya bangunan rumah sendiri, bukan hotel. Lantas, bagaimana pengertian hotel?

Memahami Pengertian Hotel

a. Pengertian hotel menurut kamus KBBI

Seperti yang dijelaskan KBBI, hotel adalah sebuah bangunan yang berisi banyak kamar untuk kebutuhan penginapan, tempat makan dan fasilitas lain untuk orang yang sedang dalam perjalanan atau sedang berwisata. Hotel adalah akomodasi yang dikelola suatu lembaga atau perusahaan untuk kebutuhan yang dimaksud.

b. Menurut Pemerintah Republik Indonesia

Sedangkan pengertian hotel menurut Pemerintah Republik Indonesia adalah bangunan yang memang khusus diperuntukkan untuk penginapan atau istirahat, memperoleh pelayanan dan fasilitas lainnya dengan dipungut biaya. Termasuk bangunan lainnya yang menyatu.

Pengertian hotel di atas menandakan bahwa apa yang dimaksud hotel adalah bangunannya. Tentunya, bangunanya yang berisi banyak kamar penginapan, terlepas bagaimana konsep atau jenis kamar hotelnya, entah bubble hotel, hotel kapsul dan lainnya.

Dari kasus hotel yang kamarnya terpisah-pisah, seolah unit-unit rumah tapak, sepertinya bukan termasuk hotel. Walaupun secara karakteristik masih tergolong hotel karena masih dikelola suatu lembaga atau perusahaan dalam memenuhi kebutuhan orang, baik kamar, makan dan fasilitas lainnya.

 

Jenis-Jenis Hotel Berdasarkan Pengaturan Penginapannya

Terlepas apakah sudah berubah atau tidak mengenai penentuan jenis hotel, berikut beberapa jenis hotel menurut SK Mentri SK Mentri Perhubungan RI No. 241/4/70 tanggal 15 Agustus 1970.

a. Residensial Hotel

Hotel jenis residensial adalah hotel yang menawarkan fasilitas penyewaan dalam waktu lama dengan tetap sebagai penyewa kamar yang tidak bermaksud tinggal tetap. Biasanya hotel ini berada di pusat kota karena diperuntukkan untuk mereka yang belum memiliki kesempatan mendapatkan rumah.

b. Transietal Hotel

Hotel jenis ini adalah hotel yang menawarkan penyewaan untuk mereka yang hanya membutuhkan sekedar untuk tempat tidur di malam hari atau untuk menyewa kamar dalam waktu singkat. Hotel jenis ini biasanya berada di pinggir jalan-jalan kota yang memang tujuannya untuk bisa mempersingkat menuju tempat hotel.

c. Resort Hotel

Hotel yang digunakan untuk para wisatawan tentunya akan terletak di lokasi wisata. Hotel jenis ini menawarkan potensi alam dengan pemandangan yang eksotis yang membuat pengunjung betah. Tentunya, ada upaya untuk menarik para wisatawan.

Hotel jenis resort disediakan dengan sistem sewaan yang variatif. Namun umumnya hotel ini menyediakan harga sewa per malam untuk tidur mereka yang setelah menikmati liburan di siang hari.

Kategori-Kategori Hotel

Dalam Peraturan Pemerintah mengenai Standar Usaha Hotel, menetapkan dua kategori hotel yaitu: hotel bintang dan hotel non bintang. Berikut penjelasannya.

a. Kategori hotel bintang

Kategori hotel bintang adalah hotel yang memang sudah memenuhi kriteria penilaian yang digolongkan pada kelas hotel. Kelas hotel terdiri dari: hotel bintang satu, hotel bintang dua, hotel bintang tiga, hotel bintang empat, dan hotel bintang lima.

b. Hotel non bintang

Hotel non bintang biasanya disebut hotel melati. Hotel ini identik dengan hotel murah. Hotel kategori ini tidak memenuhi kriteria penilaian penggolongan pada kelas hotel, baik kelas bintang satu ataupun kelas bintang 5.

Posting Komentar untuk "Pengertian Hotel, Jenis dan Kategorinya"