Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seputar Hotel Melati yang Cenderung Berharga Murah

Hotel melati mungkin sering anda dengar di televisi mengenai kesan negatifnya. Namun hotel melati yang sudah anda dengar hanya kasus sebagian. Hotel melati hadir memang sebagai solusi bagi mereka yang berkantong tipis. Lantas, bagaimana seputar hotel melati yang cenderung berharga murah?

hotel melati
Sumber:tribunnews.com
 

1. Apa Itu Hotel Melati?

Apa itu hotel melati? Sesuai KBBI, pengertian hotel melati adalah hotel yang bertarif murah. Bisa disebut juga hotel murah. Mengenai definisi murah agar bisa untuk menyepatkan ke hotel melati, tentunya masih belum jelas. Namun, bila melihat kategori hotel, hotel melati yang bertarif murah tentunya di bawah harga hotel berbintang, harusnya.

Mengenai jawaban apa itu hotel melati, bisa dijawab lagi dengan mengacu pada Wikipedia. Hotel melati bisa disebut losmen atau sebaliknya, losmen bisa disebut hotel melati. Kalaupun dua hal yang berbeda, namun keduanya terkesan sering digunakan untuk hal negatif.

Ada yang mengatakan, hotel melati dan losmen masih memiliki perbedaan. Karena harga losmen jauh lebih rendah hotel non bintang alias hotel melati.

2. Klasifikasi Hotel Melati

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia atau disingkat PHRI melalukan review terhadap hotel-hotel untuk menaikkan kategori atau kelas. Bila memang sudah ada peningkatan sesuai persyaratan pada hotel, akan dinaikkan ke dalam hotel bintang. Namun belum ada perubahan, statusnya masih dalam kategoroi hotel non bintang atau hotel melati.

Hotel melati sendiri memiliki kelas-kelas seperti yang dilansir Monastours. Kelas-kelas hotel melati yaitu : Melti 1, Melati 2, Melati 3. Walaupun entah, bagaimana pembedanya.

3. Ciri-Ciri Hotel Melati

Hotel melati masuk dalam jenis hotel non bintang. Ciri-ciri hotel melati adalah yang tidak memiliki sesuatu yang biasa ada dimiliki di hotel berbintang. Namun ini sudah dibahas. Disi ini hanya menegaskan sebagai ciri hotel melati:

  • Hotel melati memiliki tarif yang lebih murah dari hotel bintang
  • Fasilitas standar
  • Hanya ada beberapa kamar yang berjumlah tidak melebihi hotel bintang
  • Pelayanan standar


4. Tips Memilih Hotel Melati

Umumnya, hotel melati adalah hotel yang memiliki kualitas agak buruk. Dalam hal ini adalah kebersihannya. Hal ini wajar, karena memang tidak masuk dalma hotel bintang. Namun tentu tidak semua.

Ada baiknya, anda mengecek terlebih dahulu kondisi hotelnya kalau memang diizinkan. Dalam hal kebersihan, tentunya, periksa di area kamar dan juga tempat mandi. Kalau dalam sisi kemanan, perlu periksa kunci dan jendela.

Pada intinya, anda bisa memeriksa sekedarnya. Bila memang setuju, bisa melanjutkan untuk pemesanan. Ini artinya, pemesanan hotel melati tidak bisa dilakukan secara online

5. Hotel Melati Terancam Bangkrut?

Dalam laman Kompas, pengusaha perhotelan mengeluh karena marak penginapan murah dengan mengandalkan aplikasi. Hal ini kemungkinan inisiatif pribadi untuk mengenalkan penginapan lewat aplikasi pihak lain seperti OYO, Red Doorz, Airbnb dan yang lainnya.

Keluhannya terkait penurunan pemesanan kamar hotel non bintang atau melati. Hal ini wajar, karena hotel non bintang tidak dikenalkan dengan media online. Cara kerjanya masih manual. Barangkali karena itu. Tentunya, persaingan akan diunggulkan bagi penginapan yang dikenalkan secara online.

Memang, setidaknya perlu ada aturan tegas mengenai status penginapan bila mau dipesan lewat aplikasi. Hal yang dikeluhkannya di samping menurun pemesanan kamar di hotel melati adalah jenis penginapannya yang tidak menyesuaikan diri. Penginapan rumah, kos diklaim sebagai hotel. Hal ini yang menjadi permasalahan.

Permasalahan yang ada, sudah ditertibkan oleh Kemenpar (Kementrian Pariwisata) sebelumnya. Hasil pengecekan, memang kos-kosan yang ada tidak layak disebut hotel. Namun pemiliknya meng-klaim hotel. Tentunya, Kemenpar sudah mengambil tindakan tegas untuk menertibkan. Mereka pun siap tertib dengan aturan.

Dari kasus tersebut, hotel melati seharusnya berbenah. Setidaknya memfokuskan pada kebersihan dan keamanan. Karena soal ini yang bisa mempertahankan status “hotel melati”.

Posting Komentar untuk "Seputar Hotel Melati yang Cenderung Berharga Murah"