Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tiga Layanan Properti Online yang Makin Melesat

Apa tiga layanan properti online yang makin melesat? Bisa jadi, anda sudah mengetahui mengenai layanan real estate seperti Zillow. Melalui Zillow, anda bisa mencari atau membuat daftar rumah yang bisa dijual online hanya dengan mengklik tombol.

Tiga Layanan Properti Online yang Makin Melesat
Sumber: Kompas.com

 
Sebelum membahas 3 layanan properti online yang makin melesat, perlu dijelaskan terlebih dahulu makna properti online. Properti online tidak sama seperti toko online. Toko online bisa berbentuk toko virtual semacam aplikasi atau web. Sedangkan properti online hanya sebantas layanan atau fasilitas untuk properti riil.

Lalu, apa saja layanan properti online yang ada sekarang, yang menawarkan sesuatu yang berbeda? Berikut penjelaskan mengenai tiga layanan properti online dari laman Kompas, yang mengutip Ramsey Solution.

1. Pembeli Pihak Ketiga

Anda bisa menawarkan rumah yang akan di jual kepada perusahaan seperti Zillow atau Opendoor. Nantinya, kalau tidak salah, perusahaan seperti Zillow akan membeli rumah anda. Otomatis, anda mendapatkan hasil yang cepat, walaupun mungkin keuntungan yang sedikit.

Perusahaan seperti Zillow memang bergerak pada penjualan, pembelian rumah. Terkhuus perusahaan Zillow, juga menawarkan penyewaan rumah.

Kebanyakan situs properti di Indonesia hanya sebatas iklan properti. Bisa jadi tidak ada situs properti seperti Zillow. Artinya, rumah siapa yang diklankan, punya legalitas atau tidak, kualitasnya bagaimana, belum diketahui secara akurat. Sekalipun diiklankan secara online, tetap saja membutuhkan komunikasi secara ofline atau mendalam untuk memantau rumah.

Karena perusahaan seperti Zillow tidak seperti situs iklan properti yang dipesan broker, tentunya, data properti yang ditampilkan jauh lebih bisa dipercaya daripada situs yang berisikan listing properti belaka. Membeli rumah secara online pun bisa dilakukan.

Hanya saja, seperti dilansir Dictio.com, perusahaan Zillow pernah dirumorkan ada kesalahan-kesalahan seperti tidak memberikan update informasi, pemberian harga yang asal-asalan karena melepas diri dari agen-agen profesional properti dan kesalahan lainnya.

Anda perlu hati-hati memanfaatkan agen virtual walaupun ini sebagai solusi jalan tengah antara menjual lewat agen dengan menjual sendiri.

2. Menggunakan Agen Virtual

Dalam laman Asriman dijelaskan bahwa agen properti virtual adalah orang yang bekerja memasarkan properti dengan cara memanfaatkan internet. Artinya, agen membanguns sistem pemasaran dengan menggunakan media internet.

Karena itu, tugas si agen virtual memang mudah karena hanya menemukan konsumen dengan pemilik properti. Hal ini yang bisa menjadi inspirasi banyak orang untuk membangun agen virtual.

Agen virtual berbeda dengan situs pasang iklan properti. Agen virtual menggunakan sistem marketing lewat internet dalam menjalankan kontrak kerjanya bersama pemilikp properti. Sedangkan situs iklan properti bagian dari media pemasaran yang akan dimanfaatkan agen virtual.

3. Transaksi Properti Online

Kesulitan menjalankan transaksi secara online karena faktor kepercayaan. Jadi, mereka yang menginginkan properti yang ditampilkan di internet, masih membutuhkan pertemuan secara fisik guna mengetahui kondisi riil sebuah rumah, termasuk sertipikat dan juga surat-suratnya.

Namun sekarang transaksi properti sudah bisa dilakukan secara online dengan kemajuan teknologi digital. Dalam hal tanda tangan misalnya, sudah bisa menggunakan aplikasi tanda tangan yang dianggap valid. Begitu juga kebutuhan notaris, bisa dilakukan secara online.

Apalagi sekedar melihat kondisi riil rumah. Peminat properti bisa melihat dengan menggandalkan vidio call sehingga tidak membutuhkan upload vidio yang memakan kapasitas memori.

Pada masa pandemi sekarang ini, kebutuhan transaksi properti secara online makin dibutuhkan. Untungnya, teknologi sudah menyesuaikan dengan masa pandemi. Karena itu, ketika banyak peminat properti di masa pandemi, bisa berlanjut pada transaksi properti dengan saling percaya.

Posting Komentar untuk "Tiga Layanan Properti Online yang Makin Melesat"