Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Rumah Dua Tingkat Minimalis agar Tahan Lama

Mengapa perlu tips rumah dua tingkat minimalis agar tahan lama? Karena ada sebagian rumah yang tiba-tiba roboh tanpa masalah alam apapun. Apalagi rumah yang seperti ini memiliki dua tingkat. Biasanya, rumah dua tingkat harus memiliki kekuatan lebih dari rumah satu tingkat.

Sumber: ruangarsitek.com

 

Berikut tips rumah dua tingkat dengan desain minimalis agar tahan lama.

1. Memilih Desain Rumah Minimalis untuk Dua Tingkat

Sekarang ini, sedang musim rumah desain rumah minimalis atau disebut desain gaya modern. Khususnya, rumah tingkat dua minimalis. Bahkan, banyak situs yang menawarkan desain rumah dua tingkat yang minimalis.

Anda bisa memilih beberapa desainnya untuk diperlihatkan ke ahli bangunan, apakah bisa membuatkannya atau tidak.

2. Memiliki Pondasi Kokoh Rumah Dua Tingkat

Mungkin sebagian orang ingin memiliki rumah dengan terlebih dahulu membeli rumah. Nantinya, rumah bisa dibangun lagi menjadi dua tingkat. Namun, apakah rumah yang dibangun dengan pondasi yang kokoh untuk dua tingkat? Pengembang biasanya memenuhi kebutuhan bangunan sesuai rencana pembangunan.

Pondasi kokoh yang cocok untuk rumah dua tingkat biasnaya memiliki kedalaman 120 cm bahkan 1 meter. Maka dari itu, anda bisa mencari pengembang yang memiliki pondasi kokoh yang cocok untuk rumah dua tingkat. Namun harganya bisa jauh lebih mahal.

3. Seuaikan Tipe Rumah Dua Tingkat

Tipe rumah tidak kalah penting dari membangun rumah. Tujuan membangun rumah karena untuk memenuhi beberapa orang di dalam rumah dengan kondisi yang layak. Apa jadinya, bila anda salah memilih tipe atau tipe rumah yang dipilih tidak cocok lagi?

Memilih tipe rumah berkaitan dengan program keluarga berencana. Bila memang mau berencana memiliki dua anak, bisa memilih tipe 36 atau lebih. Namun berencana tidak mau memiliki anak, memilih tipe 21 juga tidak menjadi masalah. Walaupun, ketika tidak sesuai rencana, bisa mendaur ulang tipe rumah.

Memang, permasalahan tipe rumah agak sulit untuk menjadi pembahasan. Namun dengan membuat atau memiliki tipe yang luas, apalagi rumah dua lantai, tentunya, ini sudah menjawab kebutuhan para penghuni rumah.

4. Memilih Jenis Tangga yang Sesuai untuk Rumah Dua Tingkat

Sering, tangga menjadi gangguan ruangan. Anda bisa menentukan tangga yang sekiranya sesuai dengan keinginan anda, yang mana tidak mengganggu ruangan.

Berikut beberapa jenis tangga yang bisa anda pilih untuk rumah dua tingkat anda:

a. Tangga tegak

Tangga tegak sudah dikenal sebagai tangga konvensional, yang sering dipakai banyak rumah. tangga seperti ini memang cocok untuk rumah minimalis yang berukuran tipe yang besar.

Tangga tegak yang dipakai di rumah minimalis akan disesuaikan dengan space yang tersedia. Tentunya, ini untuk menentukan panjang atau pendek anak tangganya.

Kekurangan tangga tegak tentu tidak diperuntukkan untuk anak-anak. Ada baiknya, tingkat kemiringannya perlu diperhatikan kembali agar bisa untuk anak-anak.

b. Tangga Zigzag

Tanga zigzag masih sama seperti tangga tegak. Karena memang tangga zig zak berbentuk agak tegak. Hanya saja, ada teknik pembelokan rute anak tangga. Walaupun agak seperti tangga tegak, namun kelebihan tangga zigzag bisa memanfaatkan kelebihan ruangan kosong.

Ada baiknya, memikirkan persoalan keselamatan menggunakan tangga zigzak. Bila memang merasa khawatir, tidak perlu membuatnya.

c. Tangga putar alias spiral

Tangga putar jenis tangga yang sederhana namun jauh lebih aman daripada jenis tangga di atas. Jenis tangga ini cocok diterapkan pada ruangan yang sempit seperti rumah tipe 21.

Walaupun aman, namun kenyamanan jenis tangga spiral atau putar masih dirasa kurang. Hal ini bisa karena anak tangganya yang sempit. Untuk itu, perlu diperluas lagi pada alas anak tangganya.

Posting Komentar untuk "Tips Rumah Dua Tingkat Minimalis agar Tahan Lama"