Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Meningkatkan Harga Jual Rumah Bekas

Bagaimana cara meningkatkan harga jual bekas? Untuk meningkatkan harga jual rumah memang membutuhkan modal yang harus dikeluarkan. Karena itu, anda perlu memperhatikan apakah mengeluarkan modal bisa menghasilkan penjualan rumah yang sudah mengalami peningkatan harga atau tidak.

Sumber: Medcom.com

 

Namun intinya, anda bisa meningkatkan harga jual rumah bekas dengan menggunakan beberapa cara, salah satunya dengan memperbaiki rumah dengan sedikit mengeluarkan modal. Walaupun anda tetap memperhatikan agar closing mendapatkan hasil yang memuaskan.

Berikut beberapa cara meningkatkan harga jual rumah bekas yang bisa anda lakukan semampunya.

1. Memperbaiki Kerusakan

Rumah biasanya ada yang mengalami kerusakan baik di bagian atap, di bagian dinding dan juga di bagian lantai. Anda perlu memeriksa apa saja kerusakannya. Tetapi, sebagai pemilik sudah pasti akan tahu beberapa kerusakan yang ada di rumah. Bila memang ada, sebisa mungkin untuk melakukan perbaikan.

Ketika pembeli rumah melakukan survei, minimal tidak ada keluhan mengenai kerusakan yang belum diperbaiki.

Hanya saja, memperbaiki kerusakan ada yang membutuhkan pengeluaran yang besar seperti mengganti atap, karena sudah ada kebocoran sana sini, kayu keropos (kalau memakai kayu) dan genteng berlumut (kalau memakai genteng biasa). Bila memang mampu memperbaiki, bisa untuk diperbaiki.

Hanya saja, resiko tidak berhasil terjual bisa saja terjadi. Yang artinya, perbaikan rumah sia-sia saja.

2. Merapikan Taman di Depan Rumah

Banyak rumah dengan desain bagus yang kehilangan taman depan rumah yang terlihat semrawut, membuat tidak enak dilihat. Nah, kondisi seperti ini bisa jadi mempengaruhi harga, bahkan bisa mempengaruhi rasa minat membeli rumah. Jangan sampai tampilan taman depan rumah menghalangi keindahan desain rumah.

Yang biasa memperburuk tampilan rumah adalah tanaman yang memang ditanam di area sekitar pagar namun tidak terurus. Sebelum dijual, harus dirapihkan dan dibersihkan terlebih dahulu.

Ada intinya, mengurusi taman sudah masuk dalam kategori mengurusi desain eksterior rumah.

3. Merenovasi Desain di Bagian Teras

Langkah renovasi desain di bagian teras bila memang desain teras yang sudah ada tidak menarik desainnya. Desain yang tidak menarik bila di bagian teras, bisa saja mengurangi minat membeli rumah.

Mengurangi minat bisa jadi mempengaruhi harga. Pembeli hanya mau membeli harga murah dengan alasan depan terasnya tidak menarik.

Anda perlu merenovasi bagian teras agar tampil menarik, yang juga sudah masuk dalam hal mengatur desain ekstrior rumah. Bisa jadi, mempengaruhi harga jual rumah.

4. Mengganti Cat

Bisa jadi, mengganti cat tidak diperlukan. Karena, masalah cat berkaitan dengan minat masalah warna. 

Anda akan kesulitan menentukan warna yang akan dipakai. Khawatir, penggantian warna justru membuat mereka yang tertarik pada rumah, justru tidak tertarik dengan warna catnya. Hal ini akan menimbulkan kesia-siaan mengganti warna cat, karena sudah pasti warnanya akan diganti.

Mengganti cat diperlukan bila memang kondisi warna catnya sudah banyak yang memudar dan tidak enak dipandang. Tentunya, menjual rumah dalam kondisi cat yang sudah memudar bisa mengurangi minat untuk membeli, yang pada akhirnya dijual murah.

Hanya saja, biaya mengecet rumah tidak murah. Bila memang anda berniat mengeluarkan modal untuk mengecet, harus diperhatikan potensi terjualnya. Alangkah baiknya, berkonsultasi terlebih dahulu dengan peminat rumahnya mengenai persoalan cat.

5. Mengatur Ruangan Dalam Rumah

Ruangan dalam rumah masuk dalam hal desain interior rumah. Anda bisa menentukan, apakah mau menjual rumah dengan perlengkapan isinya seperti furnitur dan lainnya atau menjual tanpa hal ini. Keduanya bisa mempengaruhi harga jual rumah bergantung bagaimana kondisinya. 

Intinya, mengatur ruangan dalam rumah bisa menghasilkan kondisi yang jauh lebih baik, baik menghilangkan perlengkapan isi rumah atau tetap menghadirkannya.

Posting Komentar untuk "6 Cara Meningkatkan Harga Jual Rumah Bekas"