Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatur Bisnis Kos-Kosan Tanpa Modal Lebih Realistis

Bila mau membangun bisnis kos-kosan tanpa modal, gampang, anda cukup bekerjasama dengan mereka yang memiliki modal. Kalau seperti ini, selesai pembahasannya. Tentunya, banyak cara yang bisa anda manfaatkan agar bisa bisnis kos-kosan tanpa modal dari uang sendiri. 

Mengatur Bisnis Kos-Kosan Tanpa Modal Lebih Realistis
Sumber: Bisnisbali.com


Namun yang perlu diperhatikan adalah bagaimana mengatur bisnis kos-kosan tanpa modal agar lebih realistis? Mengatur yang lebih realistisnya adalah mengatur pribadi kita yang seperti apa, apakah dengan kualitas atau tanpa kualitas?

Membangun Kualitas Diri dalam Bisnis Kos-kosan Tanpa Modal

Kos-kosan sebenarnya properti seperti pada umumnya pemilik rumah walaupun ada sebagian rumah kos-kosan yang dibangun seperti asrama atau seperti deretan rumah box tipe 13. Artinya, kalau ingin membangun kost, bisa mengandalkan rumah sendiri.

Namun kalau sudah berkonsep bisnis kos-kosan, apalagi tanpa modal, ini sudah menjadi pembahasan lebih serius. Masalah ini berkaitan dengan kerja tim, baik tim bangunan, tim investor, peraturan-peraturan, dan juga hal lainnya yang lebih berkonsep pada bisnis kos-kosan.

Karena itu, sebagai developer properti kos-kosan, perlu membangun kualitas diri agar membuahkan keberhasilan dalam bisnis kos-kosan. Apalagi, bisa berurusan dengan bisnis kos-kosan tanpa modal, keunggulan kualitas diri tentu dianggap nilai jualnya.

Karena pasti seorang developer akan ada banyak kerjasama-kerjasama di atas kertas yang perlu perlindungan hukum.

Menyiapkan Modal Pertama Pembangunan Bisnis Kos-kosan

Langkah pertama memang langkah yang memberatkan. Karena langkah yang perlu dipenuhi adalah masalah permodalan. Mengapa perlu menyiapkan permodalan? Karena ini sebagai bukti, apakah anda mampu membangun bisnis kost-kosan atau tidak?

Setidaknya, modal yang perlu diperhatikan adalah modal untuk pembelian tanah secara DP, pembangunan kost-kosannya beserta mengurusi pembiaaan yang berurusan dengan legalitas properti. Ini untuk membangun investasi kos-kosan sederhana.

Menarik Investor dengan Membangun Brand Developer Properti Kos-kosan

Bisnis kos-kosan berarti anda bukan hanya berinvestasi kepemilikan properti. Bisnis kos-kosan berarti juga anda membangun manajemen bisnis properti kos-kosan, yang nantinya anda bekerjasama dengan investor-investor dalam membangun rumah kos-kosan.

Para investor membutuhkan developer berpengalaman dalam membangun bisnis properti kos-kosan. Karena itu, perlu membangun brand, yang tentunya tidak sekedar memiliki kemampuan. Developer perlu menampilkan kemampuan yakni menampilkan portofolio.

Ketika anda ditawarkan kerjasama dengan developer bisnis properti, apa yang akan pertama kali dipertanyakan? Kebanyakan akan bertanya, “apakah sudah pernah membangun properti?” Bisa saja anda tidak akan percaya bekerjasama.

Itulah catatan penting bagaimana membangun brand untuk bisa bisnis kos-kosan tanpa modal.

Membangun Ciri Khas Developer Bisnis Kos-kosan

Berbisnis apapun, memang perlu menghadirkan ciri khas. Ciri khas ini sebagai fokus pengerjaan dengan kemampuannya. Kalau tidak memiliki ciri khas, target pembangunanya pun akan tidak jelas. Bisnis rumah kost walaupun sederhana, perlu menghadirkan ciri khas.

Walaupun bisnis properti dalam bidang rumah kos-kosan sudah memiliki spesifikasi, ciri khas bisnis properti sendiri, anda harus tetap membangun ciri khas kembali.

Kecuali anda sudah memiliki nama besar, seperti halnya Tukun Arwana. Karena itu, bisa menjadi ciri khas tersendiri ketika kos-kosan bersanding dengan nama anda.

Namun, ketika tidak memiliki nama besar, melangkah dari nol, tentunya, anda bisa mengandalkan ciri khas bisnis rumah kos-kosan. Ciri khas bisa menjangkau beberapa hal seperti desain, karakter kos-kosan, target lokasi dan target marketnya.

Kelemahan ketika menjadi idealis dalam ciri khas memang akan mempersulit bekerjasama dengan investor yang memodali sepenuhnya. Anda bisa mengaturnya seperti apa bersama investor.

Membangun Manajemen untuk Membuka Kerjasama Bisnis Kos-kosan Tanpa Modal

Ketika sudah memiliki tim seperti tim kontraktor, tim arsitek, tim lainnya yang bisa membantu kerjasama pembangunan bisnis kos-kosan, bisa sebagai pembuka mendatangkan beberapa investor yang tertarik bekerjasama.

Beberapa langkah membangun manajemen yang bisa anda lakukan:

  • Membangun beberapa media marketing
  • Memiliki kantor pelayanan profesional
  • Memiliki rencana kerja bisnis properti dalam bidang properti sewa khususnya kos-kosan
  • Dan hal lainnya yang mendukung investor bisa bekerjasama dengan mudah


Setidaknya, dengan mengatur bagaimana bisnis kos-kosan dengan tanpa modal, bisnis yang dilakukan bisa jauh lebih realistis yang tidak sekedar bentuk-bentuk kerjasama bisnis untuk tanpa modal.

Posting Komentar untuk "Mengatur Bisnis Kos-Kosan Tanpa Modal Lebih Realistis"