Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Balik Nama PBB Terbaru 2022

Bagaimana cara balik nama PBB terbaru 2022? Bisa jadi ada aturan baru. Yang jelas, bila anda membeli rumah bekas atau sekedar membeli tanah, memang banyak legalitas atau surat-surat yang perlu diurus agar klaim kepemilikan sah di mata hukum.

Cara Balik Nama PBB Terbaru 2022
Sumber: sindonews.com

 

Salah satu yang perlu diurus adalah masalah surat balik nama PBB. Ada beberapa kasus yang memang bermasalah dalam hal pembayar PBB seperti nama pembayar PBB masih pemilik lama atau si pemilik yang baru tidak mendapatkan informasi penagihan PBB.

Berikut beberaa cara balik nama PBB terbaru 2022 yang perlu diketahui bila ingin membeli rumah, khusunya rumah bekas.

Cara Balik Nama PBB

Beberapa alur upaya balik nama PBB yang perlu diperhatikan:

  • Mengambil dan pengisian formulir di kecamatan
  • Mengambil dan pengisian formulir mengenai Surat Pemberitahuan Objek Pajak (SPOP) dan juga Lampiran Surat Pemberitahuan Objek Pajak (LSPOP)
  • Penyerahan beberapa berkas yang diperlukan
  • Menunggu pembuatan lembar PBB baru
  • Pengambilan berkas


Syarat Balik Nama PBB

Sekarang ini dipermudah dalam jangkauan pembuatan balik nama PBB. Jangkauannya cukup mengunjungi kantor kecamatan di daerah anda. Konon, dahulu tempat untuk mengatur balik nama harus mengunjung ke kantor pajak. Bagi yang tidak memiliki banyak waktu tentu solusi pembuatan balik nama PBB harus berada di wilayah kecamatan.

Ketika sudah berada di kecamatan, bisa mengunjungi loket bagian Unit Pelayanan Pajak Daerah. Kemudian anda menyerahkan beberapa dokumen yang menjadi syaratnya:

  • Pengisian formulir seputar permohonan di kecamatan
  • Pengisian formulir SPOP dan juga LSPOP
  • Menyediakan KTP (fotokopi)
  • Menyediakan kartu keluarga (fotokopi)
  • Menyediakan NPWP kalau memang ada (fotokopi)
  • Menyediakan STP PBB terakhir yang sudah dilunaskan dan juga difotokopi (fotokopi)
  • Penyerahan fotokopi bukti-bukti STP PBB dari 1993 hingga sekarang (tetapi langkah ini memang sulit karena biasanya bukti-buktinya sudah dibuang. Bisa dikomunikasikan kembali)
  • Sertifikat tanah (fotokopi)
  • BPHTB (fotokopi)
  • Foto rumah (sekedar untuk kebutuhan survey)


Lama Pembuatan dan Biaya Balik Nama PBB

Anda bisa menanti dalam jangka waktu selama 2 bulan untuk mendapatkan penggantian nama dalam PBB. Anda bisa mengambil SPPT sendiri di kantor kecamatan, di bagian Unit Pelayanan Pajak Daerah.

Atau langsung ke pengurus RT ketika masa bayar pajak telah datang. Hal ini kalau anda tidak berada di pedesaan yang mana pihak RT sepertinya tidak mau tahu soal ini. Biasanya, aparat desa yang langsung mengunjungi anda.

Anda tidak perlu mengeluarkan uang dalam balik nama PBB karena pembayaran pajak sendiri sudah menguntungkan negara.

Cara Mengetahui Tunggakan PBB

Anda sering menunggak membayar pajak? Anda tidak perlu khawatir bagaimana mengetahui tunggakan pajak anda yakni tunggakan pajak PBB. Anda bisa melakukan pengecekan via onilne, seberapa banyak tunggakan pajak anda.

Bila memang anda berada di Jakarta, bisa mengunjungi pajakonline.jakarta.go.id. Setelah itu, anda bisa memasukkan hal-hal yang diperintahkan.

Namun pengecekan online bisa saja mengalami kendala koneksi, bisa karena internetnya kurang cepat atau memang hosting websitenya.

Namun pajak tertunggak sebenarnya nanti ada penagihan yang akan menjelaskan jumlah pajaknya.

Pentingnya Balik Nama PBB

Hal yang berurusan dengan tanah memang peneting. Termasuk dalam balik nama PBB. Karena kalau tidak segera dipindahkan nama penerima pajaknya, bisa jadi hak tanah masih menjadi orang lain bila memang pembelian tanahnya belum menggunakan sertipikat.

Memang, masalah hukum persoalan PBB tidak akan menjadi hal yang serius jika memang tanahnya sudah dibuatkan sertipikat.

Sumber: Lamudi.com

Posting Komentar untuk " Cara Balik Nama PBB Terbaru 2022"