Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Nego Harga Rumah dengan Penjual Rumah!

Nego harga rumah dengan penjual rumah memang sudah biasa. Maka dari itu, bila ingin mendapatkan harga rumah yang pas, perlu cara nego harga rumah dengan penjual rumah. Bisa jadi, penjual rumah adalah investor yang sedang mencari keuntungan dari penjualan rumah.

Cara Nego Harga Rumah dengan Penjual Rumah!
Sumber: Finansialku.com

 

Kali ini, cara nego harga rumah dengan penjual yang sebagian poin-poinnya dari buku “Sukses Membeli Rumah Tanpa Modal” karya Supriyadi Amir, yang dikutip dalam laman Rumah123. Berikut cara nego harga rumah dari/dengan penjual.

1. Mengetahui Harga Pasar Suatu Rumah

Cara terbaik nego harga rumah pada penjual dimulai dengan mengetahui dengan pasti harga pasar suatu rumah.

Ada banyak cara mengetahui harga pasar suatu rumah, salah satunya adalah melalui agen properti. Bila memang ada agen properti yang membuka konsultasi properti, bisa untuk keperluan menanyakan harga properti.

Keuntungan mengetahui harga pasar suatu rumah sebagai ukuran keberhasilan nego harga rumah:

  • Agar terhindar dari harga jual rumah diatas harga pasar akibat kepentingan investor properti
  • Untuk mendapatkan keuntungan dari pembelian rumah di bawah harga pasar dari orang yang butuh terjual cepat


2. Jangan Terbawa Emosi dalam Nego Harga Rumah

Cara nego harga rumah yang baik tentu tidak terbawa emosi. Efek dari terbawa emosi adalah mudah memutuskan sebelum memperhatikan, mempertimbangkan harga dan rumah yang menjadi target.

Cara agar terhindari dari terbawa emosi ketika nego harga rumah adalah, dengan cara:

  • Menentukan tujuan pembelian rumah
  • Berani dan mau melakukan analisis harga dan rumah

3. Bersikap Kompromi

Arti kompromi sendiri sesuai KBBI adalah persetujuan dengan jalan damai atau saling mengurangi tuntutan. Bila harus bersikap kompromi dalam nego harga rumah tentunya ada proses obrolan untuk mencari titik temu kesepakatan, saling menyetujui.

Namun, kendali dalam kompromi tetap harus ada pada diri anda.

Perlu melihat terlebih dahulu, dengan siapa anda melakukan kompromi, apakah dengan investor properti atau pemilik properti biasa yang sedang butuh penjualan cepat.

Kalau dengan investor properti memang anda perlu banyak survei. Bila dengan penjual rumah yang butuh cepat terjual, anda cukup mengetahui harga pasar dan harga sesuai kondisi properti.

4. Dasar Penawaran Dari Cash Flow

Ketika menawarkan, anda bisa memperhitungkan bagaimana keuntungan membeli rumah bekas dengan harga yang ditentukan, mulai dari perbandingan pasar, harga likuidasi sampai juga pada harga transaksi. Hal ini untuk mengetahui potensi cashback yang akan anda dapatkan. Selanjutnya bisa menghitung potensi cashflow.

5. Tentukan Batas Harga Maksimal Penawaran

Penentuan harga maksimal dalam upaya nego harga rumah bergantung siapa penjual rumahnya.

Bila memang rumah dari investor properti, cara penentuan nego harga rumahnya lebih cenderung pada batas maksimal naik harganya. Namun bila rumah berasal dari pemilik yang butuh terjual cepat, cara penentuannya lebih cenderung pada batas maksimal turun harganya.

Investor yang profesional atau pembeli yang sudah biasa nego harga tentu sudah ada persiapan dalam negosiasi harga rumahnya seperti apa. Hal ini tentu bisa memunculkan batas maksimalnya, baik harga turun atau harga naik dari pasaran.

Namun bila memang penjual terlalu sulit menyetujui harga maksimal yang sudah anda tawarkan, lebih baik menghentikan upaya nego harga agar tidak membuang waktu. Bisa jadi, penjual akan merubah pikiran di lain waktu. Toh, investor dan penjual biasa menginginkan adanya penjualan.

6. Meminta Tenggang Waktu

Akhir dari nego harga yang sudah disepakati adalah nego masalah jangka waktu pembayaran. Ini juga yang perlu membutuhkan nego yang maksimal.

Permintaan tenggang waktu pembayaran bisa saja menjadi bagian dari pemutusan harga yang diinginkan. Ada uang tunai atau uang pinjaman dari bank bisa mempengaruhi harga yang akan ditentukan. Kalau misalkan anda tidak bisa membayar tunai, bisa jadi nego harga yang terbaik adalah menambah harga jual. Tentunya, anda perlu memperhatikan hal ini.

Posting Komentar untuk "6 Cara Nego Harga Rumah dengan Penjual Rumah!"