Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Investasi Kos-Kosan Sederhana Solusi Passive Income

Anda mau memanfaatkan uang anda untuk investasi kos-kosan sederhana solusi passive income? Bila anda menginginkan hal ini, di sini bisa mencoba memberikan anda solusi bagaimana menjalankan investasi kos-kosan dengan cara sederhana. Prinsip investasi tetap dihadirkan walaupun menghasilkan passive income.

Investasi Kos-Kosan Sederhana Solusi Passive Income
Sumber: Kompas.com

 

Investasi berarti menanam modal. Pandangan umum investasi adalah menanam modal berbentuk uang untuk dirubah menjadi aset yang mana akan mendapatkan keuntungan berlipat lebih besar di masa depan dari hasil investasinya. Investasi juga sebenarnya bisa sekedar menaruh uang dalam bentuk deposite.

Namun disini, melakukan investasi kos-kosan sederhana dengan menghadirkan solusi passive income. Mengapa properti harus mengandung prinsip passive income?

Beberapa Alasan Investasi Properti dengan Solusi Passive Income

  • Meringankan biaya KPR bank
  • Membayar biaya operasional, listrik dan renovasi
  • Bisa dijual dengan mudah apalagi rumah kos-kosan


Passive income yang diberlakukan, bisa saja tidak sampai menghasilkan keuntungan di beberapa tahun berjalan bila memang terikat KPR dan beban opersional. Namun, dengan adanya passive income, kerugian karena pengeluaran bisa diatasi.

Maka dari itu, investasi kons-kosan menjadi solusi lain properti yang bisa untuk menghasilkan passive income.

Alasan Memilih Investasi Kos-kosan Sederhana Solusi Passive Income

Mungkin anda membutuhkan alasan mengapa memilih investasi kos-kosan sederhana sebagai solusi passive income. Berikut beberapa alasannya:

  • Kos-kosan adalah rumah berkamar banyak yang bisa diminati banyak market.
  • Bisa ditempatkan di bebas lokasi asalkan ada kumpulan perantauan
  • Bisa berdampingan dengan rumah pribadi pemilik kos-kosan
  • Resikonya lebih kecil daripada properti sewa rumah
  • Biaya sewa tergolong kecil, untuk individu atau pasutri
  • Fasilitas kos-kosan bisa menyamai penginapan hotel


Bila anda menginginkan investasi kos-kosan yang sukses, jangan khawatir, sudah banyak kos-kosan milik artis ibu kota, termasuk Tukul Arwana yang berhasil meraup 500 juta per bulan seperti yang dilansir Suara.com. Hal ini sebagai bukti bahwa kos-kosan sekalipun sederhana, bisa sebagai solusi passive income.

Langkah Investasi Kos-kosan Sederhana Solusi Pasive Income

Tentunya, perlu langkah investasi kos-kosan agar menghasilkan kesuksesan dalam menghasilkan passive income. Langkah yang akan dijelaskan adalah langkah sederhana.

Seperti apa langkah sederhana dalam investasi kos-kosan?

1. Membeli tanah untuk membangun kos-kosan dengan sistem DP

Tanah mahal yang dijual tidak bisa ditawar dengan penjualan tunai bila memang pemilik tanah ingin mematok harga sesuai pasar. Ini yang menjadi celah, bagaimana anda bermodalkan uang DP bisa mendapatkan tanah yang luas.

Bisa juga mengandalkan kerjasama. Anda sebagai pemilik modal uang. Lalu investor lain sebagai pemilik tanah. Jadi, anda hanya berfokus pada pembiayaan membangun kos-kosan sederhana.

Agar lebih meyakinkan kerjasamanya, anda bisa membayar DP sebagai pembelian tanah. Namun, si pemilik tanah mendapat persenan yang lebih rendah dari anda dengan batas waktu terbatas. Tentunya, kerjasama ini sebagai imbalan semata karena mau menjual tanah dengan DP.

Terkecuali, anda sudah memiliki tanah sendiri di tempat strategis. Tanah yang strategis bisa di lokasi:

  • Tanah perkotaan
  • Tanah di lingkungan kampus
  • Tanah lokasi perantauan pekerja di kota besar
  • Di lokasi yang memiliki banyak tempat wisata seperti di Bali

2. Menentukan jumlah kamar yang ideal untuk satu rumah 2 tingkat

Investasi properti kos-kosan perlu juga membuat planning mengenai jumlah kamar yang ideal untuk satu rumah 2 tingkat. Ini sebagai langkah sederhana membangun investasi kos-kosan. Hal ini sesuai keinginan anda dan juga peraturan daerah persoalan kos-kosan. Kalau aturan di Badung Bali, minimal kamar berjumlah 5 dengan maksimal 15 kamar

Sebelum membuahkan hasil, anda bisa membuat planing jangka panjang terlebih dahulu walaupun sebagai start pembangunan cukup mengandalkan satu rumah. Planning yang dibuat sesuai luas tanah yang sudah dibeli.

3. Memberikan fasilitas yang cocok untuk target market kos-kosan

Sebagai contoh, membangun kos-kosan di lokasi wisata. Anda bisa memberikan fasilitas kolam renang nuansa pantai, walaupun bisa terpisah antara pria dan wanita. Juga, bisa memberikan fasilitas wifi gratis sebagai solusi untuk menarik penyewa.

Berbeda bila target marketnya untuk perantauan pekerja. Mereka cukup diberikan kelayakan hunian dengan harga terjangkau sudah dianggap fasilitas yang disukainya. Bagi perantauan pekerja yang dibutuhkan adalah tempat tidur setelah dari pagi sampai malam berada di luar kos-kosan.

Namun fasilitas yang umum perlu dihadirkan seperti dapur untuk memasak sendiri, kamar mandi yang tersedia di tiap kamar, kasur sebagai tempat tidur dan juga beberapa tempat penyimpanan yang ada di kamar.

Pada intinya, anda perlu memperhatikan fasilitas yang diberikan untuk penyewa.

Nah, bila saatnya properti kos-kosan anda dijual, tentu harga jualnya bisa lebih tinggi. Keuntungan tinggi tidak dikurangi biaya pengeluaran karena sudah dibayar dari passive income. Menariknya, properti kos-kosan bisa di rubah kembali menjadi rumah biasa atau tetap membiarkan apa adanya, sesuai keinginan pemilik baru.

Posting Komentar untuk "Investasi Kos-Kosan Sederhana Solusi Passive Income"