Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kehebatan Seorang Arsitek Pembangun Properti

Masing-masing profesi memiliki kehebatannya sendiri-sendiri. Dalam hal properti, kehebatan seorang arsitek pembangun properti yang paling menonjol. Memang, arsitek bagian dari tim pembangun properti. namun ketika melihat bangunan megah, yang terpikirkan adalah siapa yang merancang bangunanya.

Sumber:Bisnis.com

 
Di sini akan menjelaskan kehebatan seorang arsitektur dalam hal membangun properti. Tentunya, definisi properti bukan melulu soal tempat tinggal, tetapi juga beberapa hal pembangunan lainnya seperti gedung, mall, dan mungkin bisa termasuk jalan dan jembatan.

1. Kehebatan Keterampilan Berpikir Kreatif-Inovatif

Berpikir kreatif adalah berpikir yang sifatnya kreasi. Kreasi adalah hasil daya cipta. Jadi, keterampilan berpikirnya seorang arsitek adalah berpikir menciptakan sebuah bangunan.

Namun berpikir kreatif memiliki konotasi lebih kepada berpikir mengenai kreasi hal-hal yang baru, yang berbeda dari sebelumnya. Maka dari itu, perlu penambahan saja yakni kehebatan seorang arsitektur yaitu berpikir kreatif-inovatif yakni mampu membuat karya bangunan dengan sentuhan hal-hal yang baru, berbeda.

Mengapa seorang arsitek memiliki kehebatan dalam berpikir kreatif-inovasi? Karena pembelajarannya memang dituntut demikian. Seperti belajar seni lukis, tentu harus memperbanyak praktek melukis. Begitu juga seorang arsitek, harus sering membuat rancangan bangunan.

2. Kehebatan Keterampilan Matematika Bangunan

Ilmu yang perlu dimiliki seorang arsitektur tentunya ilmu matematika terapan, yang selalu digunakan untuk perhitungan pembangunan gedung. Matematika geometri yang biasa digunakan seorang arsitektur.

Seorang arsitek tentu orang yang tidak sekedar memahami ilmu matematika bangunan seperti geometri dan ilmu skala. Mereka juga sudah terbiasa dengan keterampilan matematika yang dibutuhkan untuk membuat bangunan. Karena itu, wajar jika seorang arsitek memiliki kehebatan matematika bangunan.

3. Kehebatan Keterampilan Pemecahan Masalah

Keterampilan pemecahan masalah berangkat dari klien atau praktek bagaimana membangun properti di tengah permasalahan seperti banjir, bangunan pinggir pantai bahkan bangunan di tengah laut.

Bila memang seorang arsitek sudah mengalami banyak penyelesaian masalah bangunan properti, tentunya, kemampuan arsitekturnya semakin bagus.

Maka kehebatan seorang arsitek pembangun properti tidak sampai pada bagaimana membuat bangunan sesuai perhitungan matematis. Tetapi juga, bagaimana membuatnya sesuai yang diluar keinginanya, seperti memenuhi keinginan seorang klien jasa arsitektur.

4. Kehebatan Keterampilan Komunikasi

Kehebatan keterampilan komunikasi memang layak juga dituju pada seorang arsitek. Karena seorang arsitek harus mampu mengkomunikasikan gambaran bangunan untuk diterapkan oleh tim bangunan.

Bisa jadi, ada mis komunikasi antara arsitek dan tim bangunan yang bisa berakibat fatal terhadap bangunan. Dengan komunikasi yang baik, tim bangunan bisa mendapatkan arahan yang harus dilakukan sesuai rancangan.

Dengan komunikasi yang baik, seorang arsitek bisa memberikan informasi yang mudah dipahami oleh klien. Juga, kehebatan komunikasinya membuka jasa konsultasi arsitekur.

5. Kehebatan sebagai Pembelajar yang Cepat

Kehebatan seorang arsitek berikutnya adalah bersikap sebagai pembelajar yang cepat.

Mengapa harus memiiki sikap sebagai pembelajar yang cepat? Karena sekarang ini zaman sudah berubah menjadi zaman informasi yang bergerak dengan cepat. Perkembangan desain properti terbaru pun bermunculan. Hal ini yang membutuhkan sikap cepat dalam belajar informasi terbaru.

Sebagai misal, seorang arsitek pada waktu itu masih menggambar dengan pensil biasa pada kertas untuk membuat arsitektur bangunan properti. Namun sekarang, alat atau media menggambar sudah berubah menjadi dikital. Kalau misalkan seorang arsitek masih gaya lama, tidak mau belajar cepat, bisa saja tersingkir dari pesaingan para arsitek.

Nantinya, ketika era metaverse sudah hadir, seorang arsitek bisa mengambil perannya dalam mendesain bangunan digital di dunia metaverse. Ini butuh proses pembelajaran dengan cepat persoalan arsitektur di dunia metaverse agar tidak ketinggalan zaman.

Hanya arsitektur yang memiliki sikap cepat belajar yang bisa cepat menguasai perubahan.

Posting Komentar untuk "5 Kehebatan Seorang Arsitek Pembangun Properti"