Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan Bisnis Kos-kosan di Buleleng Bali

Sebelum membahas seputar kelebihan bisnis kos-kosan di Buleleng Bali, perlu ditekankan terlebih dahulu membahas kondisi properti kos-kosan di Buleleng Bali. Tujuannya agar mengetahui seberapa besar minat masyarakat membangun kos-kosan di Bali, di saat menjanjikan keuntungan.

 

Sumber: sewakost.com



Tentunya, pembahasan kelebihan bisnis kos-kosan di Buleleng Bali bisa lebih bersifat umum, seperti kos-kosan di lokasi lainnya walaupun mengambil Buleleng Bali sebagai sampel lokasi.

Kota Pendidikan, Buleleng Janjikan Keuntungan

Buleleng adalah salah satu bagian dari Provinsi Bali yang tentunya memiliki akar sejarah tersendiri. Pada awalnya, Buleleng memang menjadi Kota Pendidikan. Karena memang pada tahun 1980 mendirikan Fakultas Keguruan yang menjadi bagian dari Universitas Udayana. Tetapi, tahun 1985, fakultas melepas diri dari Universitas Udayana dan berubah menjadi STKIP Singaraja.

Kota Singaraja mengalami peredupan sebagai Kota Pendidikan setelah melepas diri dari Universitas Udayana. Namun, setelah STKIP berubah menjadi IKIP sampai dengan Universitas Pendidikan Ganesha, bisa jadi stampel Kota Pendidikan masih melekat di kota Singaraja, sebagai Ibu Kota Buleleng.

Di Buleleng juga terdapat universitas lain yaitu Universitas Panji Sakti Singaraja. Tentunya, masih ada lagi kampus-kampusnya.

Bila seperti ini, apakah Buleleng bisa sebagai peluang bisnis kos-kosan?

Beberapa Kelebihan Bisnis Kos-kosan di Buleleng Bali

Beberapa kelebihan yang bisa dikatakan keuntungan bisnis kos-kosan yang ada di Bali. Namun secara spesifik di Buleleng.

1. Memiliki beberapa kampus di Buleleng Bali

Memiliki universitas dan kampus lain bisa jadi membantu perkembangan bisnis kos-kosan di Buleleng cenderung maju, tumbuh subur. Seperti yang dilansir Bisnisbali, setiap bulan berdiri rumah kos-kosan baru. Kondisi seperti ini tidak lain karena faktor melimpahnya mahasiswa di Bali.

Properti kos-kosan memang paling cocok untuk kalangan mahasiswa. Bila kos-kosan berdiri di lokasi yang memiliki kampus besar, memiliki beberapa kampus, tentunya bisa menghasilkan keuntungan.

Banyak mahasiswa yang tentunya tidak berminat menyewa rumah, apalagi membelinya. Apalagi, harga sewa rumah atau membeli rumah cenderung mahal. Tidak seperti kamar kos-kosan yang menjadi pilihan tepat untuk para mahasiswa berkantong tipis.

2. Di dukung kawasan wisata Buleleng Bali

Walaupun Buleleng Bali tidak seramai kota-kota besar lainnya dalam hal wisata, namun tetap saja Buleleng memiliki spot wisata yang menarik. Bahkan konon memiliki ratusan spot wisata menarik seperti yang dilansir Ayobali.

Namun, bisnis kos-kosan tidak bergantung pada ramai atau tidaknya wisatawan. Bisnis kos-kosan lebih berfokus pada ramai atau tidaknya mahasiswa dan pekerja muda rantauan.

Namun dengan adanya kawasan wisata, bisa menjadi daya tarik sendiri mengenai keberadaan kos-kosan. Bisa jadi, wisatawan akan berminat pada kos-kosan yang menerima harian. Atau, banyak orang luar Bali yang ingin berkuliah atau bekerja di Bali, yakni di Buleleng.

3. Penentuan harga harga kamar kos sesuai pasaran

Konon, banyak bisnis kos-kosan di Buleleng. Hal ini tentu menjadi angin segar bagi mereka yang ingin juga ikut meramaikan bisnis kos-kosan. Mereka hanya mengambil ide bagaimana kos-kosan diangun. Masalah harga, bisa mengambil harga pasaran yang sudah ada.

Semakin banyak kos-kosan yang sudah ada, tentu akan semakin bisa memastikan harga pantasnya seperti apa.

4. Bisa membangun fasilitas kos-kosan seperti halnya hotel

Aturan yang berlaku di Buleleng, terkait bagaimana aturan penginapannya dan bagaimana pemberian fasilitasnya, memang belum diketahui pasti. Yang pasti, bila mengacu pada aturan dari wilayah Badung persoalan kos-kosan yang disulap seperti hotel, masih bisa dibolehkan dengan persyaratan membayar pajak sekalipun jumlah kamar di bawah 10 kamar.

Tentunya, bila memang bisa menerapkan kos-kosan dengan fasilitas seperti hotel di wilayah Buleleng, ini bisa menjadi kesempatan emas menarik peminat kos dari kalangan wisatawan walaupun hanya sebatas wisatawan lokal. Karena menarget wisatawan, bisa memberlakukan tarif harian atau mingguan.

Itulah sedikit pembahasan persoalan kelebihan dalam bisnis kos-kosan di Bali

Posting Komentar untuk "Kelebihan Bisnis Kos-kosan di Buleleng Bali"