Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Alasan Menyewa Rumah Jadi Trend Generasi Milenial

Apa alasan menyewa rumah jadi trend generasi milenial? Generasi milenial sekarang ini lebih menyukai menyewa rumah daripada harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli rumah. Memang, kalau dihitung-hitung, pengeluarannya jauh lebih besar menyewa rumah daripada membeli. Tetapi, menyewa rumah jauh lebih murah untuk awal pembayarannya.

5 Alasan Menyewa Rumah Jadi Tren Generasi Milenial
Sumber: Republika.com

 

Sebenarnya, tidak hanya faktor harga yang menentukan menyewa rumah atau membeli rumah. Generasi milenial memang sudah disuguhi banyak tempat menarik yang membuat mereka tidak betah menghuni rumah. Mereka ingin menikmati wisata, berbelanja bahkan perkumpulan di tempat menarik.

Di sini beberapa alasan mengapa generasi milenial lebih memilih rumah sewa daripada harus membeli rumah.

1. Menunda Pernikahan

Menghuni rumah memang menjadi kebutuhan. Tetapi, memiliki rumah belum menjadi kebutuhan. Alasannya, kepastian lokasi untuk bertempat tinggal masih belum ada karena masih status single.

Kalaupun mau menikah, masih membutuhkan waktu penundaan menikah sampai dengan umur 30 tahun. trend generasi milenial yaitu menikah mendekati 30 tahun. Padahal, mereka sudah berpenghasilan setelah umur 25 tahun.

Karena itu, mereka lebih memilih menyewa rumah daripada membeli.

2. Harga Permulaan Bisa Lebih Murah

Biasanya, DP untuk pembelian rumah bisa sekitar 30% untuk pengajuan KPR. Artinya, ketika harga jual rumah sekitar 200 juta, si pembeli harus mengeluarkan uang DP sekitar 60 juta. Bayangkan, 60 juta hanya untuk pembayaran DP jika memang mau mengajukan KPR.

Padahal, kepemilikan akan rumah masih belum begitu penting.

3. Memiliki Rumah bukan Tujuan Hidup

Memang, tidak semua setuju dengan pandangan bahwa memiliki rumah bukan tujuan hidup. Artinya, tujuan hidup memang lebih dari sekedar memiliki rumah. Memiliki rumah memang bagian pendukung untuk menjalani hidup.

Pemahaman memiliki rumah bukan tujuan hidup lebih kepada pemanfaatan rumahnya. Kebanyakan generasi milienial lebih aktif di luar rumah karena memang tersedia berbagai macam yang bisa menghilangkan kebosanan. Asalkan punya uang, sudah bisa menikmati dunia luar rumah dengan bahagia.

Rumah hanya dijadikan ruang kumpul sementara dan juga tempat tidur di malam hari. Kalau seperti ini, menyewa rumah memang solusi terbaik.

Bayangkan kalau sudah membeli rumah berharga mahal. Bisa jadi pemanfaatannya kurang maksimal. Karena setiap hari selalu berada di luar rumah.

Banyak generasi milenial lebih kepada membeli pengalaman hidup seperti berwisata, mengunjungi mall, dan yang lainnya yang serba di luar. Tentunya, mereka pun menikmati tempat-tempat penginapan ketika berlibur.

4. Aturan Rotasi Kerja

Generasi milenial memang sudah dihadapi dengan pasar kerja yang lebih cenderung mengalami rotasi atau perpindahan kerja. Hal ini yang membuat banyak yang memilih menyewa rumah daripada membeli.

Kalau perpindahan kerjanya di area terdekat rumah tinggal, tentu tidak menjadi persoalan. Bagaimana bila perpindahan kerjanya dari Jakarta ke Surabaya? Tentunya, perlu rumah baru di tempat yang baru. Padahal, rumah baru saja dibeli dengan KPR bahkan tunai.

5. Banyak Pilihan Rumah Sewa

Zaman teknologi internet ini, banyak generasi milenial dimudahkan dalam hal kebutuhan rumahnya. Situs-situs jual-beli properti, situs penyewaan properti dan yang lainnya seputar properti banyak tersebar di internet. Ketika milenial membutuhkan rumah sewa, cukup mencarinya di internet.

Karena itu, mereka lebih mudah untuk mencari dan mendapatkan rumah sewa. Ketika menemukan rumah sewa yang tidak cocok, bisa berpindah dengan mudah.

Apalagi, menyewa rumah bisa dibayar per bulan. Kalau misalkan tidak betah, bisa berpindah ke tempat lain.

Hanya saja, kebanyakan rumah sewa berada di lokasi perkotaan.

Begitulah alasan sebagian generasi milenial sekarang ini lebih menyukai menyewa rumah daripada harus membeli rumah.

Posting Komentar untuk "5 Alasan Menyewa Rumah Jadi Trend Generasi Milenial"