Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Merusak Rumah Sendiri Bisa Terkena Hukuman!

Apakah anda pernah merusak rumah sendiri? Hati-hati, merusak rumah sendiri bisa terkena hukuman? Tentunya, hal ini berkaitan dengan alasan merusaknya dan juga dampak dari pengrusakannya. Hal ini tidak serta-merta sekedar merusak rumah sendiri dengan sengaja. Ada alasan lainnya yang bisa menyebabkan terkena hukum.

Sumber:beritalangit.net


Bagaimana alasan merusak rumah sendiri bisa terkena hukuman? Mari simak pada pembahasan berikut ini:

Kasus Merusak Rumah Sendiri yang Menyebabkan Terkena Hukuman

Apakah anda pernah mendengar atau melihat sendiri orang yang merusak rumah justru terkena hukuman yakni di penjara. Bahkan, hukuman penjaranya tidak main-main, bisa tergolong hukuman lumayan berat.

Ada kasus yang motif merusak rumah sendiri untuk mendapatkan uang. Kasus ini terjadi pada tahun 17, seperti yang dilansir 99.com. yakni, seseorang warga Kalijudan Asri Surabaya, sebut saja bernama Sukarjo. Sukarjo dengan sengaja merusak rumah sendiri yang berujung dipenjara hanya demi mendapatkan uang.

Awal mula Sukarjo merusak rumah sendiri adalah ketika pembangunan apartemen yang dilakukan PT WIKA sempat membuat bagian rumah Sukarjo rusak. Jelas, pihak WIKA telah bersalah walaupun tidak sengaja. Karena itu, pihak WIKA mengganti rugi berupa uang sebagai ganti kerusakan untuk Sukarjo.

Namun karena kejadian itu, memunculkan niat buruk pada diri Sukarjo yaitu dengan sengaja merusak rumah dengan menggunakan palu besar. Alasan merusak rumah sendiri dengan sengaja karena ingin mendapatkan imbalan kembali dengan klaim rusak akibat apartemen milik WIKA.

Naas, ulah yang dilakukan Sukarjo terekam oleh CCTV. Bisa jadi, kerusakan sebelumnya akibat dari kesengajaan pihak Sukarjo agar mendapat ganti rugi. Bisa jadi akibat kasus itu, pihak Wika kemudian memasangkan CCTV. Dari sini, ulah Sukarjo berhasil terekam CCTV.

Karena dengan sengaja merusak rumah sendiri demi maksud merugikan orang lain, Sukarjo dibawa ke pengadilan dan dikenai hukuman.

Hukuman Merusak Rumah Sendiri dengan Sengaja

Menurut Hukumonline, bahwa pemilik yang dengan sengaja merusak sendiri rumahnya, sekalipun memang rumah hak miliknya, bisa mengakibatkan pada pelanggaran hukum yaitu berdasarkan Pasal 200 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) dari angka 1 sampai 3.

Keterangan: barangsiapa yang sengaja menghancurkan atau merusak bangunan atau gedung bisa diancam sebagai berikut:

  • Hukuman penjara setidaknya paling lama 12 tahun, jika memang akibat perbuatan yang dilakukan menyebabkan bahaya umum bagi barang
  • Hukuman penjara paling lama 15 tahun, jika memang akibat perbuatannya bisa menimbulkan bahaya bagi nyawa orang lain
  • Hukuman penjara seumur hidup atau hukuman penjara selama waktu tertentu setidaknya paling lama 20 tahun jika akibat perbuatan yang dilakukan menimbulkan bahaya bagi nyawa orang lain dan juga mengakibatkan orang mati.


Maka dari itu, ketika mau merusak rumah atau menghancurkan rumah dengan sengaja, dapat dipastikan bukan untuk sengaja memperburuk kondisi sekitar seperti merusak rumah orang lain dan yang lainnya.

Hukuman Merusak Rumah Sendiri Tanpa Sengaja

Bila memang anda merusak dengan tidak sengaja, tentu masih jauh lebih baik daripada merusak dengan sengaja. Hanya saja, merusak dengan tida sengaja masih bisa terjerat hukum walaupun lebih ringan. Hal ini karena akibat ketidaksengajaannya, bisa saja mengakibatkan hal-hal buruk terjadi.

Kesalahan merusak rumah dengan tidak sengaja diniilai sebagai delik cupla atau dapat dijatuhi sanksi yang sudah diatur dalam pasal 201 KUHP.

Keterangan: Barangsiapa karena kesalahannya atau kealpaannya (dalam hal ini merusak dengan tidak sengaja) menyebabkan gedung atau bangunan dihancurkan atau dirusak, diancam:

  • Hukuman penjara paling lama 4 bulan 2 minggu atau pidana kurungan selama 3 bulan atau bisa juga denda berupa uang 4500. Hal ini bila perbuatannya bisa menimbulkan bahaya umum bagi barang.
  • Hukuman penjara selama 9 bulan atau pidana kurungan selama 6 bulan atau bisa denda 4500, hal ini bila menimbulkan bahaya bagi nyawa orang lain.
  • Hukuman penjara selama 1 tahun 4 bulan atau bisa pidana kurangan selama 1 tahun jika memang mengakibatkan kematian sebagai akibat perbuatannya.


Seperti itulah sekiranya membahas masalah merusak rumah sendiri, baik sengaja atau tidak sengaja yang bisa menyebabkan masalah hukum

Posting Komentar untuk " Alasan Merusak Rumah Sendiri Bisa Terkena Hukuman!"