Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lima Inspirasi Model Desain Rumah Bali Modern

Lima inspirasi model rumah Bali modern bisa jadi akan kehilangan sebagian model tradisional rumah Bali. Apalagi, ciri khas rumah Bali berkaitan dengan pembangunan rumah dengan lahan yang luas untuk kebutuhan taman dan bangunan lainnya dalam lingkaran pekarangan rumah.

Sumber: Pinterest.com

 
Rumah Bali memang bisa menjadi inspirasi rumah modern minimalis yang digunakan untuk kebutuhan villa karena memang memiliki pekarangan rumah yang luas dengan pembatas pagarnya. Di dalamnya berisi kolam renang pribadi, tempat bermain anak, ruang santai dan tentunya bisa untuk tempat tidur terpisah.

Berikut beberapa model desain rumah Bali modern seperti yang dilansir Rumah.com yang bisa untuk inspirasi rumah modern anda dengan mengandalkan halaman rumah yang luas khas Bali.

1. Model Desain Rumah Bali dengan Atap Tinggi dan Frame Kaca dari Kayu

Model desain rumah Bali memiliki kelebihan fleksibelitasnya. Hal ini yang bisa dimanfaatkan untuk desain rumah Bali yang sesuai masa sekarang atau istilahnya sesuai arsitektur modern atau dengan kata lain rumah minimalis.

Pemilik rumah bisa membuat rancangan bagian belakang rumah menggunakan pintu kayu kaca sebagai pengganti tembok batu bata. Dengan seperti ini, ciri khas desain rumah Bali yang memiliki ventilasi yang bagus bisa terpenuhi. Ruangan pun agak lebih lega.

2. Model Desain Rumah Bali Modern dengan Memanfaatkan Tembok Kayu

Model desain rumah Bali juga ada yang terbuat dari kayu. Karena sebelum adanya semen, kebanyakan rumah memang terbuat dari kayu. Karena memang rumah berbahan kayu cukup mengggunakan perekat paku, baik paku dari kayu itu sendiri atau paku besi.

Anda bisa membuat kesan rumah yang menyatu dengan alam dengan menggunakan kayu. Rumah yang menyatu dengan alam yakni rumah yang terbuat dari kayu memang sesuai dengan filosofi desain rumah Bali.

Anda bisa membuat desain rumah modern dari kayu dengan tetap memasukkan unsur Bali seperti memberi ukiran-ukiran khas Bali. Banyak contoh desain rumah modern yang terbuat dari kayu.

3. Model Desain Rumah Tradisional Bali Batu Bata Arsitektur Modern

Model rumah tradisional Bali biasanya diwarnai dengan merah keemasan atau merah batu bata. Tentunya, bila memang mau membuat rumah khas Bali dengan tetap menggunakan arsitektur modern atau minimalis, bisa menggunakan batu-bata merah sebagai alternatif warna merahnya.

Hanya saja, sekarang ini banyak batu-bata hias yang tujuannya sebagai pengganti adukan semen. Jadi, ada lempengan batu-bata yang biasa disebut batu bata ekspose yang berguna untuk memberikan kesan merah namun tidak mengotori baju akibat  terkena batu bata.

4. Model Desain Rumah Bali dengan Pagar Angkul-Angkul

Ciri khas rumah tradisional Bali adalah memiliki pagar rumah, sebagai pembatas pekarangan. Pagar ini dipercaya sebagai penangkal energi negatif. Pagar tentunya membutuhkan pintu untuk keluar-masuk pekarangan rumah yang disebut angkul-angkul.

Angkul-angkul biasanya berbentuk seperti gapura. Pembangunan angkul-angkul menggunakan lapisan batu alam sebagai lapisan pada bangunan, kayu sebagai pintu dan juga ukirannya.

Namun dalam angkul-angkul modern, cukup memasukkan bahan batu alam, pintu kayu dan juga sedikit ukiran yang mengesankan khas Bali.

Sekarang ini, banyak rumah berpagar yang memiliki pintu kecil sebagai lalu-lalang pejalan kaki dan juga pintu besar untuk kendaraan bermotor. Ketika dikolaborasikan dengan angkul-angkul khas Bali, akan memberikan kesan keserasian.

5. Model Desain Modern Rumah Bali dengan Halaman Belakang yang Luas

Rumah khas Bali memang mengutamakan halaman yang luas agar rumah menyatu dengan alam. Biasanya, rumah yang tidak memiliki halaman yang luas, tidak banyak memiliki pepohonan dan lainnya yang mengesankan natural. Dengan memiliki halaman luas, pemilik rumah dengan leluasa menghijaukan halaman rumah dan lainnya. Termasuk di area halaman belakang rumah.

Desain rumah Bali bisa dengan menghambarkan halaman belakang rumah yang luas. Kesan modernnya bisa sebagai ruang keluarga, private pool, taman bermain dan yang lainnya. Banyak contoh halaman belakang yang dibangun dengan indah sampai menyamai halaman depan rumah.

Itulah lima contoh model desain rumah Bali yang tetap mempertahankan khas Bali dengan perpaduan desain arsitektur modern.

Posting Komentar untuk "Lima Inspirasi Model Desain Rumah Bali Modern"