Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Komplek dan Perumahan Sebelum Membeli Rumah

Kenapa bisa ada perbedaan antara komplek dan perumahan? Tentunya, bila anda perbedaan, perlu juga mengetahui perbedaan komplek dan perumahan sebelum membeli rumah. Bisa jadi, anda menginginkan memilih salah satu setelah mengetahui perbedaannya.

Sumber: 99.co

 

Berikut beberapa perbedaan mengenai komplek dan perumahan sebelum membeli rumah walaupun pembahasan perbedaannya agak membingungkan, yang dilansir 99.co.

Pengertian Sebelum Perbedaan Komplek dan Perumahan

Pada dasarnya, antara komplek dan perumahan adalah satu jenis properti yang sama yaitu rumah untuk tempat tinggal, intinya rumah. Hanya saja, keduanya memiliki perbedaan mengenai bangunan rumahnya.

Komplek adalah kelompok rumah yang memiliki tipe yang berbeda-beda antar rumahnya dengan fasilitas yang sedikit. Komplek juga bisa diartikan dengan perumahan rakyat sampai dengan perumahan nasional.

Bagaimana dengan pengertian perumahan? Perumahan biasanya memiliki keseragaman di dalam tipe dan juga desain rumah. Juga, perumahan memiliki fasilitas yang lengkap untuk kebutuhan para penghuninya.

Beberapa jenis perumahan: cluster, residential, dan townhouse.

Beberapa Perbedaan Mengenai Komplek Dan Juga Perumahan

1. Lokasi Hunian

Komplek atau rumah komplek atau istilah lainnya komplek perumahan biasanya berada di lokasi pinggiran kota atau lokasi perkampungan. Hal ini untuk kepentingan menarget peminat rumah kalangan menengah ke bawah.

Kalau rumah di dalam perumahan memang sudah dirancang pembangunannya di tengah perkotaan seperti halnya perumahan Alexandria Premiere Cimanggis.

Untuk perumahan cluster memang mempunyai lahan tersendiri yang sudah dihuni lebih dari ratusan kepala keluarga seperti cluster Edenhaus Simatupang. Ada juga yang dibangun di area stasiun atau area tol.

Kalau perumahan residence sendiri dibangun di area sub urban.

2. Desain dan Konsep Hunian

Bagaimana masalah desain dan juga konsep mengenai rumah komplek dan juga perumahan? Tentunya, inti utamanya, rumah komplek bisa dibangun dengan sederhana, menyesuaikan dengan market. Namun tetap saja pembangunan perumahan jauh lebih modern karena diperuntukkan untuk kelas menengah ke atas.

Ciri khas rumah komplek tentunya jauh lebih bebas, tidak terikat aturan kerapian dan juga ketertiban. Tentunya, pembangunan rumahnya tidak memiliki konsep tertentu.

Sebaliknya, perumahan memiliki aturan kerapian dan ketertiban. Biasanya, developer perumahan membuat aturan seperti tidak boleh mengganti beberapa fitur rumah seperti fasad rumah, penambahan pagar dan yang lainnya.

Karena memiliki peraturan, tentu bisa menghadirkan konsep dalam perumahan seperti konsep TOD, green living, japanese style dan yang lainnya.

3. Keamanan yang Diterapkan

Bila memang anda ingin tinggal di lokasi yang aman, bisa memilih kawasan perumahan. Karena di dalam perumahan, diberikan fasilitas keamanan. Keamanan yang diberikan bisa saja berlapis seperti berupa satpam penjaga, CCTV dan yang lainnya.

Beberapa perumahan yang menghadirkan keamanan tinggi yaitu seperti di perumahan Vernonia Summarecon Bekas dan juga Olive Residence.

Namun bila memang ingin bebas dalam mengatur keamanannya sendiri bisa memilik rumah komplek. Masing-masing pemilik rumah memiliki kewajibannya sendiri dalam menjaga rumah dan isinya. Hal ini karena fasilitas keamanan di komplek memang minim.

4. Ikatan Kekeluargaan

Anda akan menemukan ikatan kekeluargaan yang erat bila memilih rumah perkomplekan. Hal ini karena suasana rumahnya jauh lebih bebas, bahkan orang luar bisa mudah masuk untuk bertamu.

Bila memang anda menginginkan suasana sosial yang hangat, bisa memilih rumah perkomplekan.

Berbeda jauh bila memilih perumahan yang cenderung mendukung penghuninya bersifat individual. Karena memang hal ini yang diinginkan pengembang.

Seperti itulah beberapa perbedaan mengenai komplek dengan perumahan. Anda mau memilih yang mana?

Posting Komentar untuk "Perbedaan Komplek dan Perumahan Sebelum Membeli Rumah"