Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prosedur Beli Rumah Cash dari Developer

Sekarang ini, beli rumah sudah menjadi trend tersendiri. Tentunya, rumah yang dibangun developer alias rumah baru. Rumah bisa dibeli dengan cara cash. Karena itu, ada prosedur beli rumah cahs dari developer yang perlu kiranya diketahui pembeli rumah.

Sumber: Rumah123.com

 
 

Berikut beberapa prosedur beli rumah cash dari developer dengan pembahasan berawal dari pembagian jenis cash.

Jenis Pembayaran Cash untuk Beli Rumah dari Developer

a. Cash keras

Cash keras adalah cara pembayaran yang membutuhkan waktu paling lambat 1 bulan saat sudah adanya kesepakatan beli rumah dari developer. Intinya, cash keras adalah pembayaran tunai tanpa tahapan.

Keuntungan beli rumah dengan cash keras dari developer adalah bisa mendapatkan potongan atau diskon sekitar 10%-15%. Bahasa lainnya, beli rumah dengan cash keras bisa lebih murah dari harga kredit.

b. Cash bertahap

Cash bertahap masih memiliki prinsip berhutang atau menyicil karena pembayarannya dilakukan dengan bertahap, paling lambat 24 bulan atau 2 tahun. Cash bertahap tidak ada hubungannya dengan kredit bank sehingga tetap diminati banyak pembeli rumah cash karena terhindar dari fluktuasi suku bunga bank.

Karena memilih cash bertahap dalam transaksi beli rumah dari developer, perlu adanya uang muka sebagai bukti tanda jadi sehingga pembeli tidak seenaknya membatalkan pembelian. Uang muka yang diberlakukan sekitar 30%-50% dari harga rumah, bergantung ketentuan yang diberikan developer.

Ini Prosedur Beli Rumah Cash dari Developer

a. Bayar booking fee

Anda perlu melakukan pembayaran biaya booking. Ini prosedur yang pertama yang perlu dilakukan. Booking fee tentunya sebagai uang tanda jadi beli rumah dari developer, hampir mirip seperti uang muka alias DP. 

Developer pun akan menjaga rumah dari pembeli lain sampai pada akhirnya pembeli membayar sesuai ketentuan.

Karena bukan uang muka atau DP, biaya booking fee yang ditetapkan biasanya tidak besar namun berdasarkan kesepakatan antara pembeli rumah dan developer.

b. Membuat PPJB dengan Developer

Pembayaran booking fee sudah dilakukan. Langkah berikutnya tentunya membayar dengan tunai yang ketentuannya paling lambat satu bulan setelah adanya kesepakatan beli rumah dari developer.

PPJB atau disebut juga Perjanjian Pengikatan Jual Beli berguna untuk terhindar dari masalah atau hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Pembuatannya harus disertai notaris. Isi dari PPJB adalah: spesifikasi rumah, harga rumah, cara bayar, juga serah terima rumah, dan juga hak dan kewajiban juga sanksi.

c. Mendapat AJB, SHGB dan SHM

Ketika rumah sudah dianggap bisa untuk dihuni pembeli, developer akan memecah sertipikat HGB. Namun untuk mendapatkan kelengkapan surat-surat rumah perlu melakukan pelunasan pembayaran terlebih dahulu. Surat yang akan didapatkan adalah AJB, SHGB/HGB, dan SHM (dengan ketentuan sudah balik nama).

Tips Saat Melakukan Prosedur Beli Rumah Cash Dari Developer

Berikut beberapa hal yang perlu anda pahami dalam menjalankan prosedur untuk beli rumah cash dari developer:

  • Melibatkan notaris dalam transaksi rumah
  • Pembayaran selalu menggunakan cara transfer antar rekening bank
  • Beberapa transaksi harus dengan tanda terima yang sah secara hukum
  • Pelunasan rumah selalu disertai dengan tandatangan AJB dan penyerahan sertipikat. Karena itu perlu diperhatikan hal ini


Demikianlah informasi beberapa prosedur dalam beli rumah cash dari developer yang perlu ada ketahui untuk dimanfaatkan dalam setiap pembelian rumah dari pihak developer. Sebenarnya, untuk pembelian rumah dari pihak penjual manapun.
 
Sumber: Rumah123.com

Posting Komentar untuk "Prosedur Beli Rumah Cash dari Developer"