Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Melirik Rumah Kost Bali di Kawasan Strategis

Bagaimana orang Bali melirik kost Bali di kawasan strategis yang ada di Bali? Sebagai orang Bali, banyak kesempatan properti yang seharusnya dimanfaatkan secara unggul, daripada membiarkan diunggulkan orang luar Bali. Hal ini, bisa jadi sebuah ironi. Apalagi, orang luar Bali tidak paham persoalan budaya Bali. Kesempatan memanfaatkan properti yang dimaksud salah satunya rumah kost Bali.

Sumber: Komas.com

Tentunya, pembahasan di sini berfokus pada upaya orang Bali dalam melirik rumah kost Bali di kawasan strategis yang ada di Bali. Walaupun demikian, ini menjadi inspirasi lain untuk orang di luar Bali.

Mencoba Mencari Rumah Kost Bali yang Dijual

1. Mencari properti yang sudah mendapatkan izin

Yang pertama ketika mau mencoba melirik, mencari rumah kost Bali yang dijual adalah rumah yang memiliki izin sebagai rumah kost.

Katakanlah, ada rumah kost di lokasi Badung. Di Badung sendiri sesuai data BPPT yang dilansir Nusa Bali, sudah ada 303 rumah kost yang memiliki izin pada tahun 2016. Tentunya, rumah kost di Badung Bali sekarang ini, tahun 2022, bisa jadi jauh lebih banyak. Karena itu, anda bisa memilih rumah kost Bali yang masuk dalam 303 rumah kost yang sudah mendapatkan izin.

2. Mencari rumah kost Bali yang dijual di internet

Anda bisa mencari properti rumah kost Bali melalui media internet. Lewat situs iklan porperti, anda bisa dengan mudah mendapatkan rumah kost yang sedang dijual.

Bisa mencari rumah kost di kawasan strategis yang disebut sebagai lokasi rumah kost. Kalau di Badung Bali, bisa di lokasi Dalung, Kerobokan, Canggu, Kuta hingga Kuta Selatan. Namun ini bisa tidak perlu diperhatikan kalau rumah kost sudah memiliki pelanggan.

Karena mencari di internet, anda bisa melakukan perbandingan harga rumah kost setelah menemukan kost-kosan sesuai pilihan anda.

3. Meminta penjelasan rumah kost Bali selama menjalani operasionalnya

Dengan meminta penjelasan persoalan rumah kost Bali selama menjalankan operasionalnya, anda bisa memiliki gambaran bagaimana nanti anda menjalankan kos-kosannya.

Anda bisa mengawali dengan menanyakan tahun pendirian sebuah rumah kost Bali. Biasanya, rumah kost yang sudah lama berdiri sudah banyak pelanggannya, baik yang hanya menyewa 1 bulan atau sampai bertahun-tahun.

Lalu membiarkan mereka menjelaskan bagaimana operasional rumah kost-nya.
 
Rumah kost Bali yang sering didatangi wisatawan, mahasiswa atau pekerja rantauan biasanya menjadi bahan pembahasan operasional rumah kost. Bila tidak ada pembahasan seperti ini, anda bisa mempertimbangkan lagi untuk membelinya.

Banyak rumah kost Bali yang dijual bisa saja karena faktor sepi wisatawan dan penyewa lainnya bukan karena tidak laku. Jadi pastinya, mereka akan mempresentasikan kost-nya sebagai kost yang laku disewa walaupun terpaksa menjualnya.

Memperhatikan Masalah Peraturan Kos-kosan Pemilik Lama

Karakter rumah kost-kosan bisa saja memiliki perbedaan. Khususnya, kost-kosan yang berada di kawasan wisatawan Bali atau pekerja rantauan. Karena itu, sebelum membuat aturan baru yang sesuai pandangan anda,lebih baik mengetahui aturan rumah kost lama dari pemilik lama.

Kos-kosan yang membuat penghuni betah bisa jadi karena faktor aturannya yang mendukung penyewa kost. Kalau misalkan anda menyetujui aturan lama yang diberlakukan pemilik rumah kost lama, tentunya ini sudah menjadi bagian aturan baru rumah kost Bali untuk tahap selanjutnya.

Kalau misalkan ada hal-hal yang perlu dirubah, bisa dipastikan tidak sampai merubah rasa minat mereka menghuni kost-kosan anda.

Mencari Rumah Kost Bali Lebih Banyak dengan Menarik Penjual Rumah

Rumah kost-kosan pada dasarnya adalah rumah. Namun, persyaratan rumah yang harus ada adalah rumah yang memiliki jumlah kamar sesuai aturan yang berlaku. Masing-masing bisa saja memiliki aturan berbeda. Namun kebanyakan, minimal kamar harus di atas 5 kamar.

Rumah  kost yang paling cocok untuk diterima banyak kalangan adalah rumah kost yang memiliki kamar mandi di dalam kamarnya. Karena ini jauh lebih aman, nyaman dan bebas pakai. Namun, ini tidak menjadi  pilihan wajib. Karena ada bangunan rumah yang sengaja di susun tanpa kamar mandi.
 
Tentunya, anda bisa melirik rumah kamar kost Bali yang sedang dijual.

Namun ada cara lain yang lebih bisa mencari rumah kost yang sesuai keinginan anda. Daripada harus mencari satu-satu, lebih baik mendatangkan pemilik rumah yang sesuai persyaratan sebagai rumah kost.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat media penawaran yang juga sebagai branding:

  • Membuat blog informasi Bali
  • Membuat konten instagram, baik foto atau vidio

Langkah kerjasama antara pemilik modal dengan pemilik properti memang sudah dilakukan oleh salah satu pakar properti di situsnya yaitu Asriman. Langkah ini sebagai solusi para pemilik modal yang ingin bekerjasama dengan pemilik properti, dalam hal ini rumah kost di Bali.

Posting Komentar untuk "Melirik Rumah Kost Bali di Kawasan Strategis"