Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seputar Jasa Kontraktor untuk Bangunan Properti

Apakah perlu jasa kontraktor untuk bangunan properti? Perlu atau tidak, tentunya bergantung pengembang properti, apakah mampu mengurus sendiri tim bangunannya atau diserahkan sepenuhnya ke jasa kontrantor bangunan.

Sumber: Pinhome.id

 

Pada intinya, pengerjaan proyek dalam pembangunan seperti membangun rumah, apalagi rumah susun, tentu tidak bisa sembarangan. Sekali salah bangun sebuah bangunan, kerugiannya bisa saja besar. Kesalahan yang timbul bisa jadi karena anda salah memilih untuk tim bangunan. Bisa jadi, anda salah memilih jasa kontraktor bangunan.

Karena itu, ketika perlu juga memahami seputar jasa kontraktor bangunan properti agar bisa memilih kontraktor bangunan yang tepat.

1. Kontraktor adalah Penyedia Jasa Konstruksi Bangunan

Kontraktor berasal dari kata kontrak. Artinya, seseorang atau badan hukum yang menjalani kontrak kerja bersama perusahaan, dalam hal ini perusahaan properti. Namun, secara spsifik, kontraktor adalah penyedia jasa kontruksi bangunan yang bertujuan untuk membantu dalam proses pembangunan properti sesuai kontraknya.

Karena itu, kontraktor dibatasi oleh wakt penyelesaian, biaya, hal-hal lainnya yang harus diselesaikan sesuai kontraknya.

Para kontraktor bangunan mendapat kontrak proyek bangunan bisa melalui penunjukkan langsung perusahaan properti. Atau, bisa saja melalui proses lelang yang diadakan oleh pemilik proyek.

Apakah kontraktor bisa disebut pemborong? Banyak orang yang konon menganggap kontraktor sebagai pemborong. Padahal, keduanya memang berbeda. Kontraktor selalu berbadan hukum dalam melakukan kontrak tertulisnya. Sedangkan pemborong sebaliknya, tidak melakukan kontrak tertulis dan juga tidak berbadan hukum.

2. Cakupan Jasa Kontraktor

Pada dasarnya,  kontraktor seperti halnya para pekerja pada umumnya. Artinya, mereka memiliki kemampuan yang bisa jadi berbeda ukuran kemampuannya. Karena itu, perlu memeriksa calon kontraktor dengan  baik yang akan anda pakai sesuai kebutuhan.

Berikut beberapa layanan umum yang menjadi jasa kontraktor bangunan:

a. Jasa Desain

Setelah berkomunikasi dengan pemilik proyek dan tentunya melakukan observasi lahan, kontraktor akan memberikan jasa desain yang diperlukan. Desain yang diajukan mengenai desain interior, eksterior sampai dengan fasilitas. Tentunya, desain yang dibuat sesuai keinginan dan kemampuan si pemilik proyek.

b. Bangunan dan Material

Kontraktor juga bertanggungjawab dalam hal melakukan pembersihan lahan, penggalian untuk pondasi dan juga membuat sumur resapan. Tentunya, alat berat selalu disediakan guna mengurusi hal-hal yang membutuhkan alat berat.

c. Renovasi atau Remodeling

Pihak kontraktor melakukan pembongkaran dan perbaikan yang termask dalam kegiatan renovasi atau disebut remodeling. Bisa saja, pihak kontraktor mengerjakan perombakan interior, eksterior, dan juga fasilitas gedung dan rumah.

3. Beberapa Jenis Kontraktor yang tidak Sekedar Bangunan Rumah

Pekerjaan di bidang jasa kontraktor tidak hanya mengurusi bangunan rumah. Berikut beperapa jenis kontraktor.

a. Jasa kontraktor bidang arsitektural

Kontraktor yang satu ini memang diminati banyak masyarakat umum karena kebutuhannya. Sederhananya, banyak masyarakat yang membangun rumah dengan bantuan jasa kontraktor arsitektur bangunan.

b. Jasa kontraktor bidang pekerjaan sipil

Jasa kontraktor dalam bisang pekerjaan sipil tidak banyak diminati masyarakat karena memang kebutuhannya untuk individual masyarakat. Kontraktor bidang pekerjaan sipil mengurusi infrastruktur jalan yang menjadi konsumsi publik seperti jalan, jembatan, jalan kereta api, landasan pesawat, dan yang lainnya.

Bahkan  kontraktor dalam bisang pekerjaan sipil mengurusi yang berkaitan dengan pelabuhan, kontruksi pabrik bahkan sampai pada pekrejaan penghanjuran bangunan.

c. Jasa kontraktor bidang pekerjaan tata lingkungan

Tentunya, jasa kontraktor ini akan mengurusi masalah yang berkaitan dengan penataan kota, analisis amdal, teknik lingkungan dan hal lainnya yang sifatnya mengurusi lingkungan kemasyarakatan.

d. Jasa kontraktor bidang elektrikal

Sesuai namanya, jasa kontraktor bidang elektrial akan mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan kelistrikan dan hal pengurusan yang sifatnya elektrikal.

e. Jasa kontraktor bidang mekanikal

Jasa ini berhubungan dengan hal-hal yang berkaitan dengan mekanik seperti pemasangan AC, instalasi industri, instalasi minya atau gas dan hal lainnya yang lebih ke ranah mekanik.

Tentunya, jasa-jasa kontraktor di atas masih dibutuhkan dalam satu proyek bangunan perumahan.

Posting Komentar untuk "Seputar Jasa Kontraktor untuk Bangunan Properti"