Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Manfaat Rumah untuk Kehidupan Keluarga

Apa saja manfaat rumah untuk kehidupan keluarga? Bisa jadi, ada sebagian orang yang memiliki rumah namun tidak pernah membahas manfaat rumah untuk kehidupan sehari-hari. Bisa jadi, dengan mengetahui manfaat rumah, bisa mengurangi hal-hal negatif setidaknya tidak memiliki rumah.

Sumber: Kompas.com

Berikut pembahasan sederhana mengenai manfaat rumah untuk kehidupan sehari-hari. Bisa jadi, ada banyak manfaat dari rumah. Namun, pembahasan di sini hanya beberapa manfaat saja yang ada dalam rumah.

1. Rumah Sebagai Tempat Berteduh

Dahulu kala manusia ada yang tertidur di bawah pohon rindang. Ini sekedar melepas penat. Namun kalau sekarang masih ada orang yang terbiasa tidur di bawah pohon, sepertinya sudah tidak etis lagi.

Memiliki rumah memang menjadi tradisi orang zaman sekarang sebagai tempat berteduh, agar tidak lagi tidur di bawah pohon rindang seperti kebiasaan sebagian orang masa lalu. Rumah sebagai tempat berteduh berarti tembat untuk berlindung dari sinar matahari dan juga rintik hujan.

2. Manfaat Rumah untuk Beraktivitas di Rumah yang Menghemat Biaya

Banyak orang yang membangun rumah dengan memaksimalkan banyak fungsi agar rumah bisa sebagai solusi beraktifitas. Dengan menghadirkan rumah banyak fungsi, pemilik rumah tidak memikirkan lagi mencari tempat yang nyaman di luar untuk beraktifitas.

Apalagi, sekarang zaman online yang membuat kebutuhan bisa dikirim ke rumah lewat kurir.

Dengan memperbanyak aktifitas di rumah, tentunya bisa untuk menghemat pengeluaran.

3. Rumah Sebagai Tempat Hidup

Rumah sebagai tempat hidup artinya bahwa seseorang yang memiliki rumah tentunya kehidupan sehari-harinya terfokus pada rumah yang ditempati, mulai dari kecil sampai dewasa, walaupun dalam keseharian sering keluar rumah.

Artinya, manfaat rumah sebagai tempat hidup adalah ketika seseorang ada keperluan, maka yang dituju adalah rumahnya. Begitu juga ketika ada bantuan, mengurus administrasi, pengiriman barang yang diandalkan adalah keberadaan rumah sebagai sebagai petunjuk.

Bayangkan bila anda tidak memiliki rumah? Tentunya, bisa menyebabkan ada banyak masalah yang muncul di era modern ini.

4. Rumah Sebagai Identitas Pemiliknya

Manfaat rumah sebagai identitas, lebih kepada yang berurusan dengan kepentingan bantuan. Rumah yang tergolong sangat sederhana, layak mendapatkan bantuan, baik bantuan KPR bersubsidi, bantuan sosial. Kalau orang miskin memiliki rumah bagus, bisa jadi terhambat bantuannya.

Begitu juga dengan manfaat rumah yang mewah, orang kaya bisa menunjukkan jati dirinya atau identitasnya sebagai orang kaya. Wajar, orang kaya tidak mendapatkan bantuan sesuai kondisi rumah mewahnya.

5. Manfaat Rumah Sebagai Tempat Berkumpulnya Keluarga

Sebelum era modern industri, manfaat rumah sebagai tempat berkumpul memang nampak begitu nyata. Karena, zaman dahulu belum banyak hiburan luar yang menggoda. Orang dewasa tidak sesibuk orang sekarang.

Kalau sekarang, rumah dijadikan tempat berkumpul semata perkumpulan di meja makan. Karena masing-masing anggota keluarga memaksimalkan kesibukan berada di luar rumah, dari pagi sampai malam.

Namun pada intinya, manfaat rumah memang tempat yang cocok dan sederhana untuk berkumpul bersama anggota keluarga.

6. Mengurangi Polusi

Ketika rumah berada di pinggir jalan raya, tentunya, keberadaannya cukup menghalau polusi udara. Sehingga penghuni rumah tidak perlu memakai masker ketika sudah masuk ke rumah. Berbeda kalau sudah di luar rumah, penghuni rumah perlu memakai masker bila kondisi udaranya buruk.

Ketika banyak angin, manfaat rumah bisa menghalau sehingga orang yang berada di dalam rumah tidak terkena hembusan angin yang bercampur debu.

7. Manfaat Rumah Sebagai Jaminan Hutang

Rumah memang paling ideal menjadi jaminan untuk hutang di bank. Karena dengan memiliki rumah, sudah otomatis memiliki tanah. Jadi ketika memiliki usaha yang perlu suntikan modal, bisa mengandalkan rumah sendiri sebagai jaminan atas suntikan hutang untuk kebutuhan modal usaha.

Posting Komentar untuk "7 Manfaat Rumah untuk Kehidupan Keluarga"