Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengajukan Surat Permohonan Penurunan Bunga KPR

Bagaimana cara mengajukan surat permohonan penurunan bunga KPR? Lantas, apakah bisa seorang nasabah mengajukan penurunan bunga? Konon, nasabah memang bisa mengajukan surat untuk mendapat keringanan bunga dengan menurunkan bunganya. Tentunya, bila memang bisa, hal ini bisa menjadi manfaat.

Sumber: Intiland.com

 

Namun, upaya mengajukan surat permohonan penurunan bunga KPR memang adanya kondisi-kondisi yang butuh atau menjadi alasan untuk diturunkan bunga KPR-nya.

Kenali Bunga KPR dan Jenisnya

Bagaimana bunga KPR yang perlu anda ketahui? Namun di sini pembahasannya adalah tiga jenis metode perhitungan bunga KPR sesuai yang dilansir Lamudi.

1. Metode flat

Metede flat bisa melakukan perhitungan dengan memberikan perkalian pada besarnya yang sudah ditentukan oleh pihak bank dengan utang pokok kredit awal debitur. Walauupun anda sudah melakukan pembayaran angsuran selama bertahun-tahun namun metode ini bisa saja berlaku untuk anda sebagai debitur.

2. Metode Efektif

Metode efektif bisa dikatakan memang bisa membuat ringan debitur dalam urusan membayar bunga KPR.

Dalam hal ini membutuhkan contoh untuk lebih jelasnya. Anda diharuskan melakukan pembayaran angsuran setiap bulan sebesar 1 juta. Utang total sebesar 36 juta. Di bulan kedua, anda membayar bunga kredit sekitar 10% dari sisa utang pokok, dalam arti membayar 10% dari 35 juta.

Karena itu, wajar bila semakin ringan pembayaran bunganya seiring jumlah cicilannya yang semakin berkurang. Wajar juga bila banyak yang berminat ada jenis KPR seperti ini.

3. Motede Anuitas

Metode anuitas hampir sama dengan metode efektif. Dengan menggunakan metode ini, maka jumlah angsuran akan selalu sama setiap bulannya sampai dengan selesainya cicilan hutang.

Cara Mengajukan Surat Permohonan Penurunan Bunga KPR

Cara mengajukan surat permohonan penurunan bunga tentu harus memenuhi syarat yang telah ditentukan. Bila memang tidak memenuhi persyaratan tentu tidak bisa untuk mengajukan surat permohonan penurunan bunga KPR.

Berikut beberapa syarat yang harus dipenuhi agar bisa mengajukan surat permohonan penurunan bunga KPR.

  • Menyediakan buku tabungan
  • Menyediakan surat keterangan PHK (jika ada)
  • Menyediakan surat nikah (jika ada)
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi KTP



Melihat syarat mengajukan surat permohonan penurunan bunga KPR, yakni surat keterangan PHK, bisa diartikan bahwa permintaan hal ini karena ada masalah kesulitan finansial walaupun tetap mengharuskan mencicil utang pokok.

Proses Pengajuan Permohonan Penurunan Bunga KPR

1. Mendatangi bank yang memberikan KPR

Tentunya, pihak yang ingin mendapatkan penurunan bunga KPR harus mendatangi bank yang memberikan pinjangan. Di dalam bank, anda akan disuruh mengisi formulir mengenai penurunan bunga KPR dengan disetai penyerahkan berkas yang sudah disiapkan.

2. Melakukan wawancara

Anda akan ditanyakan atau diwawancara mengenai alasan mengajukan surat permohonan penurunan bunga KPR di bank. Dari hasil wawancara, tim analisis akan menganalisa bagaimana mengenai permohonan anda. Dari sini, permohonan anda bisa ditolak atau diterima.

Bisa jadi tim analisis memang menolak surat permohonan anda dengan alasan, tim analisis mendapati bahwa si pemohon banyak melakukan penunggakan pembayaran cicilan.

3. Proses keputusan

Pihak bank akan memutuskan mengenai surat yang diajukan si pemohon, dalam hal permohonan penurunan bunga KPR. Bisa jadi, pihak bank menerima permohonan anda. Atau, bisa saja ditolak permohonannya. Namun pertengahan dari ini, adalah pihak bank menyarankan untuk take over KPR ke bank lain.

Bila memang diterima, berapa persen penurunan bunga yang akan didapatkan?  Biasanya, bank akan memberikan sebesar 0,5% dengan masa penurunan sekitar 1 tahun.

Posting Komentar untuk "Cara Mengajukan Surat Permohonan Penurunan Bunga KPR"