Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Memiliki Rumah Idaman dengan Gaji Kecil

Memiliki rumah idaman dengan gaji kecil saat ini cukup terasa berat. Hal ini karena harga properti di Indonesia yang cenderung melambung setiap tahunnya. Oleh karena itu, memiliki rumah idaman tentunya saat ini telah menjadi tantangan tersendiri, terlebih bagi mereka yang memiliki gaji pas-pasan. 

Meskipun demikian, tentunya tantangan ini memiliki solusi yang dapat diupayakan. Memiliki rumah idaman dengan gaji kecil bukan sebuah hal yang mustahil untuk Anda. Simak ulasan 10 tips cara punya rumah idaman dengan gaji kecil berikut dengan penjelasannya!

Tips Memiliki Rumah Idaman dengan Gaji Kecil 

Untuk dapat membeli rumah idaman dengan gaji kecil, seringkali masih dirasa cukup sulit bagi para pekerja yang bergaji kecil. Jika Anda ingin beli rumah tapi tidak punya uang,  tidak perlu khawatir, berikut solusinya dengan tips cara punya rumah idaman yang dapat Anda terapkan: 

1. Alokasikan 30% Budget Perumahan

Untuk dapat membeli rumah idaman, rencana keuangan tentunya penting untuk diterapkan. Untuk itu terapkan sistem 70-30. Jumlah 70 persen digunakan untuk memastikan kebutuhan sehari-hari seperti transportasi, uang makan dan komunikasi, sedangkan 30 persen untuk tabungan perumahan. 

Dengan jumlah alokasi dana tersebut, Anda akan memiliki target dan tujuan keuangan yang realistis dari jumlah gaji yang dapat diperoleh. Anda tentunya harus komitmen untuk selalu membuat alokasi dana dalam jumlah tersebut agar tujuan ini dapat tercapai. 

2. Investasi sebagai Opsi untuk Tabungan 

Investasi merupakan salah satu opsi lain selain tabungan agar dana yang diinvestasikan semakin berkembang. Tentu saja opsi investasi memberikan jaminan peningkatan uang dari profit investasi yang didapatkan, berbeda dengan tabungan yang hanya bertujuan untuk menyimpan sejumlah dana. 

Investasi dapat berbentuk urun dana digital yang dapat dilakukan pada berbagai platform digital, seperti Santara yang menawarkan bagi hasil. Selain platform tersebut, Anda juga dapat mempertimbangkan membeli emas untuk pemula sebagai investasi. Hal ini karena harga emas yang tidak ada nilai depresiasinya. 

3. Membuat Tabungan Khusus

Untuk pengaturan keuangan yang lebih baik, Anda disarankan untuk membuat tabungan khusus. Dengan menggunakan tabungan khusus, setiap kali Anda menerima pembayaran bulanan, uang harus segera dialokasikan untuk keperluan tabungan rumah. 

Selalu waspada untuk tidak menyentuh tabungan Anda agar Anda dapat segera mengumpulkan uang untuk membeli rumah. Selalu sisihkan pendapatan untuk dimasukkan dalam tabungan khusus dan jangan sampai digunakan untuk keperluan konsumtif atau keperluan lainnya. 

4. Lakukan Survey Lokasi Rumah 

Sebelum melakukan pembelian, lakukan survey lokasi rumah yang sesuai dengan pendapatan dan tabungan Anda. Hal ini karena meskipun uang muka sudah lunas, tapi cicilan rumah berikutnya sudah menunggu. Hitung angsuran bulanan sesuai dengan pendapatan.

Untuk penghematan yang lebih maksimal, pilih lokasi rumah yang dekat dengan transportasi umum, seperti terminal atau stasiun kereta api. Hal ini akan mempermudah mobilitas Anda ketika hendak bepergian ke berbagai lokasi. 

5. Selalu Disiplin dalam Pengelolaan Uang

Disiplin diri sangat diperlukan untuk mengumpulkan uang. Jika disiplin diri diterapkan dengan maksimal, uang akan dikumpulkan sesuai dengan perkiraan waktu. Setelah terkumpul, tentunya Anda dapat melakukan pembelian dan pembayaran rumah maupun property lainnya. 

Sebaiknya, lepaskan beban Anda dari segala jenis angsuran. Jika sedang ada kartu kredit yang harus diselesaikan, tidak masalah jika Anda melakukan pembelian dengan opsi hipotek. Pastikan angsuran-angsuran yang ada justru tidak membebani Anda dalam membeli rumah.  

6. Membuat Alokasi Gaji Bulanan 

Untuk parameter perhitungan gaji, Anda dapat menggunakan standar gaji lulusan baru atau gaji Rp 5 juta. Untuk itu Anda harus memperhatikan alokasi dana dan cara menabung untuk membeli rumah dengan gaji 5 juta. Hal ini karena tingkat gaji ini mengacu pada gaji rata-rata milenial saat ini. 

Cara membeli rumah dengan gaji freshgraduate memang bukan hal yang mustahil asalkan bisa mengatur keuangan sebaik mungkin. Jangan lupa untuk mencatat pengeluaran bulanan Anda juga. Dengan begitu, Anda bisa melihat berapa persen dari gaji yang bisa dihemat. 

7. Segera Melunasi Hutang 

Kehidupan yang "hedonistik" tentu akan sangat mengganggu karena  dapat menghambat usaha kepemilikan rumah Anda. Sebaiknya hentikan dan tekan gaya hidup hedonisme dan mulai membeli apa yang benar-benar Anda butuhkan jika Anda menghendaki cara punya rumah dengan gaji kecil.

Jika sering menggunakan kartu kredit untuk membeli barang yang tidak diinginkan dan mengalami kredit macet, maka ini bisa menjadi masalah di kemudian hari. Karenanya pastikan bahwa Anda tidak memiliki tanggungan hutang lainnya yang harus dibayar dalam jangka waktu dekat.

8. Siapkan DP untuk Membeli Rumah

Untuk membeli rumah, Anda perlu menyiapkan uang muka atau down payment (DP). Untuk itu, Anda perlu mengamankan perkiraan penghasilan gaji Rp 5 juta. Pengeluaran untuk DP ini bisa 20% sampai 30%, sehingga selalu sisihkan sekian persentase dari gaji Anda. 

Cara ini sangat efektif untuk diterapkan dalam membeli rumah di buffer zone di kota. Saat membeli rumah pertama, Anda perlu menyiapkan sejumlah uang awal yang persentasinya berbeda-beda: 5%, 10%,  20%. Oleh karena itu sebaiknya siapkan tabungan untuk membeli rumah idaman. 

9. Menemukan Program Cicilan yang Tepat 

Jika Anda memiliki tabungan yang cukup dan pengelolaan keuangan yang baik, sekaranglah saatnya untuk mulai mencari program cicilan yang tepat. Saat ini, ada banyak program cicilan yang memudahkan Anda untuk melunasi rumah Anda. Temukan program cicilan yang sesuai dengan kebutuhan.

Cari juga promosi dan informasi menarik dari  berbagai developer.  Program cicilan juga seringkali dibuat oleh berbagai lembaga yang menawarkan berbagai macam keuntungan. Anda dapat memilih program tersebut untuk meringankan cicilan dalam membeli rumah impian keluarga.

Bahkan sekarang Anda dapat memilih program cicilan tanpa bunga yang ditawarkan oleh beberapa developer di Indonesia. Hanya saja untuk mendapatkan program ini Anda perlu menyiapkan DP yang cukup besar.

10. Memilih Rumah yang Sesuai dengan Besaran Gaji

Ini cara terakhir namun yang paling jitu supaya Anda dapat memiliki rumah dengan gaji kecil. Selalu sesuaikan ekspektasi rumah idaman dengan besaran gaji Anda. Jangan terlalu memaksakan keinginan rumah yang besar dan mewah jika gaji tidak memungkinkan untuk membayarnya.

Jika dipaksakan khawatirnya akan menjadikan tanggungan Anda semakin berat atau bahkan tidak dapat melunasi rumah. Selalu pertimbangkan rumah impian dengan kesanggupan bayar setiap bulannya. 

Penutup

Penjelasan di atas merupakan cara punya rumah dengan gaji kecil yang dapat Anda terapkan untuk membeli rumah idaman. Membeli rumah merupakan kebutuhan seluruh manusia untuk mendapatkan rumah yang layak huni. Untuk itu, Anda perlu disiplin dan komitmen dalam mengalokasikan anggaran. 

Jangan lupa juga untuk selalu mempersiapkan alokasi anggaran yang sesuai dengan tips-tips di atas. Penjelasan-penjelasan tersebut dapat diterapkan sebagai cara menabung untuk beli rumah dengan cepat. Selamat mencoba! 

Posting Komentar untuk "10 Tips Memiliki Rumah Idaman dengan Gaji Kecil "