Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simak, Begini Cara Menabung dengan Gaji 3 Juta untuk Beli Rumah!


Bagaimana cara menabung dengan gaji 3 juta untuk beli rumah? Jika Anda sedang mengalami kegundahan karena gaji masih pas-pasan namun dituntut harus bisa membeli rumah, tidak perlu khawatir, dengan pengelolaan anggaran dana yang tepat, Anda bisa memiliki rumah idaman. 

Membeli rumah saat ini memang telah menjadi tantangan tersendiri. Dengan alokasi gaji 3 juta, siapa pun dapat menabung dan menganggarkan dana yang dimiliki untuk membeli rumah idaman. Berikut akan dibahas cara menabung dengan gaji 3 juta yang dapat Anda terapkan untuk memiliki rumah: 

Tips Menabung dengan Gaji 3 Juta untuk Beli Rumah


Jika saat ini Anda memiliki pekerjaan dengan kisaran gaji 3 juta, dan masih khawatir akan tingginya harga rumah, artinya saat ini Anda sedang membaca solusi yang tepat. Berikut merupakan tips cara menabung untuk beli rumah dengan gaji 3 juta yang dapat Anda lakukan: 

1. Hindari Menggunakan Kartu Kredit 

Jika gaji bulanan Anda masih di angka 3 juta atau sekitar UMR, sebaiknya hindari penggunaan kartu kredit atau pinjaman online. Kartu kredit dan pinjaman sebenarnya bisa membuat hidup Anda lebih mudah, tapi itu hanya kesenangan sesaat yang justru akan menjadi beban di kemudian hari. 

Jika menggunakan pinjaman online pada akhir bulan Anda akan dipenuhi dengan tunggakan yang harus dilunasi. Ketika kredit macet terjadi, dampaknya bersifat jangka panjang, bukan hanya sementara.  Kredit macet dapat memperburuk situasi Anda jika hendak mengajukan pembelian rumah. 

2. Investasi Adalah Cara Membangun Rumah Dengan Gaji Kecil 

Tabungan saja mungkin tidak cukup untuk menyiapkan uang muka rumah atau melakukan cicilan. Untuk itu, Anda juga harus mulai mempersiapkan diri untuk membuka investasi. Selalu investasikan dana Anda pada lembaga yang telah terpercaya dan diawasi OJK untuk menjamin keamanan uang Anda. 

Investasi akan menambah sumber keran penghasilan bagi Anda. Dengan investasi, uang yang disimpan tidak hanya diimbangi dan dikonsumsi oleh inflasi, tetapi juga laba atau keuntungan. Jika seorang pemula, Anda dapat memulai dengan investasi berisiko rendah seperti emas batangan. 

3. Buat Catatan Keuangan

Untuk dapat membeli rumah impian dengan gaji 3 juta, anggaran dana harus dikelola dengan tepat. Berbagai kebutuhan dan pengeluaran harus ditulis dan tercatat untuk mengelola keuangan rumah tangga dari gaji 3 juta. Tuliskan seluruh kebutuhan bulanan Anda untuk mengetahui pengeluaran.  

Buat kategorisasi kebutuhan dalam dua poin utama, kebutuhan yang mendesak dan tidak mendesak. Kebutuhan  mendesak adalah kebutuhan yang tidak bisa ditunda. Kebutuhan yang tidak mendesak dapat dibeli di kemudian hari. Selalu sisihkan sebanyak 30% dari gaji Anda untuk anggaran perumahan. 

4. Buka Keran Penghasilan Tambahan

Agar sukses di masa depan, Anda perlu menyisihkan barang-barang tabungan dan investasi. Mencari penghasilan tambahan sangat penting untuk menutupi kekurangan biaya hidup selain untuk menabung. Carilah penghasilan tambahan untuk menutupi kekurangan, daripada mengorbankan tabungan. 

Berbagi kebutuhan sejatinya akan membuat Anda lebih cerdas dalam mengelola anggaran rumah tangga. Tentu saja dengan penghasilan tambahan Anda akan mendapat tambahan sumber dana untuk tabungan rumah, Anda dapat melakukan opsi freelance maupun part time. 

5. Terapkan Gaya Hidup Hemat

Cara mengatur  rumah tangga dengan gaji 3 juta adalah dengan mulai rajin menabung. Beli kebutuhan Anda dengan harga murah dan sisihkan uang kembalian dari belanja untuk tabungan. Dengan cara demikian, siapa pun dapat lebih menghemat pengeluaran.  

Kurangi makan di luar dan masak di rumah saja. Beli kebutuhan pokok di pasar dan jangan berbelanja di supermarket yang lebih mahal. Selanjutnya, pilih menggunakan transportasi umum untuk mengelola tagihan gas dan jangan terlalu memikirkan untuk keluar rumah jika bukan untuk keperluan mendesak.  

6. Sisihkan Gaji Bulanan Anda

Hindari kebiasaan menabung dari sisa gaji di akhir bulan setelah dikurangi kebutuhan harian Anda. Cara mengatur rumah tangga dengan gaji 3 juta adalah dengan memprioritaskan tabungan di awal bulan. Jika tabungan tidak diprioritaskan, ada risiko tabungan berkurang untuk berbelanja.

Hal ini dilakukan guna menghindari menabung untuk menutupi kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan sekunder. Simpan dalam tabungan terpisah dari tabungan utama Anda guna menghindari godaan untuk menyimpan atau meminjam dana darurat sehingga tabungan Anda tetap aman.

7. Terapkan Metode Rasio 5:3:2

Salah satu hal terpenting tentang tabungan adalah menentukan alokasi dana dari gaji 3 juta. Misal perbandingannya 5 : 3 : 2. Hingga 50% gaji digunakan untuk biaya hidup, 30% gaji digunakan untuk tabungan dan 20% digunakan untuk hiburan. Selalu terapkan pola ini secara konsisten dan disiplin. 

Tindakan disiplin akan memberi Anda tabungan yang diharapkan. Contoh: Jika gaji Anda Rp 3 juta, berarti Anda memiliki  Rp 1,5 juta untuk biaya hidup 30% dari Rp 3 juta atau Rp 900.000 harus tersedia untuk ditabung. Biaya hiburan adalah 20% dari gaji, atau Rp 600.000. 

8. Jangan Lakukan Pinjaman Online

Kemajuan teknologi pada masa ini telah membawa banyak kemudahan, seperti utang melalui aplikasi dan penawaran pinjaman melalui pesan yang dikirim ke ponsel, yang biasa disebut dengan pinjaman online (Pinjol). Pinjaman online dapat begitu menarik untuk Anda yang memiliki gaji pas-pasan. 

Pinjol dapat menghasilkan uang sangat mudah sehingga Anda dapat dengan cepat mengatasi kebutuhan dan menarik bagi banyak orang. Namun jangan mudah terkecoh, karena nantinya Anda bisa terjerumus ke dalam jebakan utang yang besar yang akan menjerat Anda di kemudian hari dengan hutang.

9. Siapkan Pos Dana Darurat

Mempersiapkan dana darurat sangat penting agar tabungan Anda tidak semakin berkurang karena berbagai kebutuhan yang tak terduga. Dana darurat sangat berguna jika terjadi penyakit mendadak, kecelakaan, bencana atau PHK mendadak. 

Mungkin sulit untuk menyiapkan dana darurat untuk mengelola rumah tangga dengan gaji 3 juta, tetapi bukan mustahil. Idealnya, siapkan uang yang cukup untuk menutupi biaya hidup Anda selama 23 bulan ke depan. Jika Anda menghabiskan 2,5 juta rupiah setiap bulan maka akan menghemat 57,5 juta rupiah.

Manfaat adanya dana darurat sangat krusial, bahkan rencana dana semacam ini jika dikerjakan secara rutin bisa menjadi investasi di masa depan. Anda cukup menyisihkan beberapa persen penghasilan untuk kebutuhan dana darurat. Misalnya setiap bulan cukup dengan menyisihkan 5% dari gaji.

Penutup

Demikian merupakan ulasan mengenai cara menabung dengan gaji 3 juta untuk beli rumah. Dengan menerapkan trik-trik tersebut secara konsisten dan disiplin, tentunya pola keuangan Anda akan terbentuk sehingga alokasi dana untuk membeli rumah idaman selalu siap dan tersedia. 

Dengan menerapkan manajemen finansial yang tepat, membeli rumah idaman bukan lagi menjadi suatu hal yang tidak mungkin. Anda dapat membuat perencanaan dan alokasi dana untuk pembelian rumah idaman dan menerapkannya dengan jumlah gaji yang saat ini Anda miliki. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Simak, Begini Cara Menabung dengan Gaji 3 Juta untuk Beli Rumah!"