Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membeli Rumah Sebelum Menikah untuk Generasi Milennials

Membeli rumah sebelum menikah banyak menjadi tujuan yang saat ini sedang dipersiapkan oleh para generasi milennials. Hal ini karena memiliki rumah sebelum menikah diyakini akan memberikan kenyamanan dan stabilitas nantinya ketika sudah membangun rumah tangga. 

Untuk mendapatkan rumah idaman, tentunya perlu berbagai persiapan dan perencanaan yang matang. Membeli rumah tentunya merupakan aset berharga untuk menunjang kehidupan di masa depan. Jika Anda saat ini sedang mempersiapkannya, simak cara punya rumah sebelum menikah berikut. 

Mengapa Harus Membeli Rumah sebelum Menikah? 

Membeli rumah sebelum menikah merupakan salah satu pertimbangan yang harus dilakukan oleh para generasi milennials untuk mempersiapkan masa depannya. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut alasan pentingnya dan keuntungan punya rumah sebelum menikah yang dapat diperoleh:

1. Sempitnya Ketersediaan Lahan

Harga sewa rumah bisa menjadi mahal, dan harga rata-rata naik antara 3%–5% setiap tahun. Kenaikan harga ini karena adanya keterbatasan jumlah lahan yang semakin sempit. Untuk itu, semakin cepat mempersiapkan kepemilikan rumah pribadi tentunya akan semakin baik, terutama sebelum menikah. 

2. Dapat Membangun Ekuitas Lebih Cepat

Jika sudah tahu bahwa Anda ingin tinggal bersama pasangan dalam jangka panjang, memiliki rumah lebih cepat berarti Anda dapat mulai membangun ekuitas lebih cepat. Lagi pula, semakin lama Anda menunggu, semakin besar kemungkinan harga rumah akan naik.

3. Dapat Membentuk Rasa Kemandirian 

Sebelum memutuskan untuk menikah dan membangun komitmen seumur hidup, membeli rumah dapat memberikan rasa kemandirian yang berharga. Secara psikologis, hal ini merupakan tonggak kehidupan yang banyak dinanti-nantikan. Selain itu, hal ini juga dapat membangun kesiapan sebelum menikah. 

Apa Saja Tips Membeli Rumah Sebelum Menikah? 

Membeli rumah sebelum menikah merupakan suatu tantangan yang saat ini banyak dihadapi oleh generasi milennials. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut akan dibahas cara punya rumah sebelum menikah bagi para milennials: 

1. Mempersiapkan Anggaran Tabungan

Prioritaskan impian Anda untuk memiliki rumah ini dengan rajin menabung. Alokasikan ke tabungan khusus sesuai kebutuhan. Jangan merogoh kocek untuk hal-hal yang kurang penting, menabung lah secara konsisten  dan tetapkan standar rumah idaman sebagai target.  

Anda perlu menetapkan jumlah target untuk menabung atau berinvestasi. Oleh karena itu, Anda harus konsisten dalam berhemat. Tabungan ini nantinya bisa digunakan untuk membayar rumah atau uang muka (DP) untuk tambahan dana pernikahan yang harus dipersiapkan sebelum menikah. 

2. Melakukan Survei Lokasi

Langkah kedua yang perlu dilakukan adalah melakukan survey terlebih dahulu lokasi apartemen atau perumahan di kota Anda. Pilih rumah dengan harga yang terjangkau. Anda tidak perlu terpaku dengan harga rumah yang melambung di tengah kota. Pilih rumah murah di pinggiran kota sebagai opsinya. 

Harga rumah di pinggiran kota adalah setengah sampai seperempat dari harga rumah di pusat kota.   Daerah pinggiran mungkin masih sepi, tetapi bisa menjadi daerah yang ramai dan padat penduduknya di tahun-tahun mendatang seiring dengan perkembangan pembangunan. 

3. Membuat Proyeksi Estimasi Harga Rumah Idaman

Berapa harga rumah yang ingin Anda beli? Sebelum memutuskan untuk membeli rumah, pikirkan tentang kemampuan finansial yang dimiliki. Misalnya, Anda baru siap memiliki rumah dua tahun sebelum pernikahan, jadi Anda perlu menyediakan lebih banyak uang daripada yang Anda inginkan saat ini. 

Pasalnya, rata-rata kenaikan harga properti bisa mencapai 15-20 persen setiap tahun. Tajamnya kenaikan harga properti ini tentunya perlu dibuat estimasinya agar dapat dilakukan persiapan finansial secara matang. Sehingga ketika berumah tangga, dapat menikmati rumah dengan aman dan nyaman. 

4. Pertimbangkan Membeli Rumah dengan Sistem Kredit 

Jumlah dana yang dimiliki akan menjadi pertimbangan untuk menentukan cara Anda dalam membeli rumah, baik dengan sistem tunai ataupun kredit. Jika kemampuan finansial yang dimiliki belum cukup untuk membeli rumah secara tunai, sebaiknya pilihlah sistem kredit.

Untuk memiliki rumah melalui sistem kredit, Anda perlu membayar biaya uang muka sebesar 30 persen atau lebih dari harga rumah. Setelah itu, Anda perlu mencicil dengan batasan 20-30 persen dari penghasilan setiap bulan. Hal tersebut merupakan salah satu cara punya rumah sebelum menikah yang utama. 

5. Mencari Program Cicilan yang Tepat

Selain melakukan survei lokasi, mereka Anda juga perlu melakukan survei ke berbagai fasilitas yang menawarkan program cicilan. Cari tahu pihak mana yang memiliki penawaran terbaik dan sesuai untuk Anda. Bahkan sekarang sudah ada pihak yang menawarkan cicilan tanpa bunga.

Dengan cara demikian, Anda bisa mengetahui program cicilan mana yang terbaik dan sesuai dengan gaji Anda. Oleh karena itu, jangan takut untuk keluar masuk riset di berbagai tempat yang memiliki program penawaran cicilan untuk kepemilikan rumah masa depan. 

6. Mempersiapkan Dana Darurat

Jika Anda telah memiliki sejumlah tabungan untuk pembayaran uang muka rumah, selalu manfaatkan dana darurat. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengcover biaya kesehatan sehingga lebih hemat. 

Selain itu, secara tidak langsung juga Anda akan dipaksa menabung untuk mempersiapkan masa depan. Pilih program dengan dana nominal menengah. Uang setoran Anda dapat diambil dalam jangka waktu tertentu untuk melakukan pembayaran pembelian rumah idaman. 

7. Membeli Emas untuk Tabungan 

Opsi lain untuk mengumpulkan down payment rumah impian Anda adalah dengan menabung emas. Emas dapat digunakan sebagai tabungan yang baik karena nilainya yang tidak mengalami depresiasi dan cenderung mengalami kenaikan sepanjang tahunnya. 

Kenaikan harga emas dapat mencapai kisaran antara 2 persen hingga 4 persen per tahunnya. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan juga nilai tukar rupiah. Hal ini karena harga emas akan naik dengan cukup signifikan ketika nilai tukar rupiah terhadap dolar melemah, sehingga kurs sangat berpengaruh.

Emas sudah terbukti dari berabad-abad lamanya mampu mempertahankan nilai tanpa terpengaruh inflasi. Ini tentu sangat berbeda dengan sifat uang yang sering mengalami inflasi dan penurunan nilai. Karena itu berinvestasi emas adalah salah satu cara terbaik yang bisa dikerjakan.

8. Mencari Penghasilan Tambahan dengan Kerja Sampingan

Jika kemungkinan uang gaji tidak cukup untuk membiayai hidup dan angsuran, sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk mencari kerja sampingan. Mumpung usia masih muda dan Anda masih  menyimpan banyak energi, kerja sampingan akan menambah pendapatan dan pengalaman kerja. 

Untuk mempersiapkan pernikahan, tentunya siapa pun harus mengatur seluruh keuangan secara bijak agar masa depan cemerlang. Hal ini penting karena kebutuhan setelah menikah tentunya juga bertambah seiring dengan adanya pertambahan jumlah anggota keluarga. 

Penutup

Mempersiapkan rumah sebelum menikah merupakan hal yang penting bagi para generasi milennials yang hendak menikah. Memiliki rumah menjadi sebuah prioritas yang harus dipersiapkan sejak dini agar kehidupan rumah tangga semakin aman, nyaman, dan tenteram. 

Cara punya rumah sebelum menikah tersebut dapat Anda terapkan dengan disiplin untuk membangun kebiasaan finansial sehat. Jika kebiasaan-kebiasaan tersebut telah Anda terapkan, memiliki rumah impian sebelum menikah bukan lagi hal yang mustahil untuk didapatkan. Selamat mencoba. 

Posting Komentar untuk "Tips Membeli Rumah Sebelum Menikah untuk Generasi Milennials "