Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simak, Ini 7 Alasan Mengapa Harus Punya Rumah Sendiri!



Untuk sebagian orang, memiliki rumah sendiri merupakan sebuah keharusan. Selain menjadi simbol kemapanan, rumah juga bisa menjadi simbol kemandirian. Dalam hal ini, sebenarnya ada banyak alasan mengapa Anda harus punya rumah sendiri.

Namun salah satu masalah yang ada adalah terkait harga. Saat ini, di beberapa kota besar, harga rumah dan sejenisnya sudah sangat mahal. Harga properti di Bali misalnya, harganya sudah naik beberapa kali lipat sejak beberapa tahun belakangan ini.

Namun meski demikian, hal tersebut tidak membuat niat kebanyakan orang menjadi surut untuk memiliki rumah. Salah satu buktinya, saat ini juga semakin banyak komplek perumahan di Bali. Hal ini menunjukan jika meski mahal, namun penjualan rumah masih banyak yang mencarinya.

Alasan Mengapa Harus Punya Rumah Sendiri


Sebagian orang menganggap memiliki rumah sendiri cukup merepotkan. Selain harga yang mahal, belum lagi biaya perawatan, pajak, dan lainnya. Mereka akan menganggap jika sewa rumah jauh lebih menguntungkan.

Pendapat itu mungkin benar, namun dalam banyak hal, memiliki rumah sendiri ternyata memiliki banyak manfaat dan keuntungan. Hal ini juga yang menjadi alasan banyak orang tetap ingin memiliki rumah sendiri. Beberapa alasan tersebut antara lain:

1. Rumah adalah Aset

Fakta jika harga rumah setiap tahun terus naik ternyata bisa juga berarti positif. Itu artinya, ketika Anda membeli rumah tahun ini, maka harganya akan naik tahun depan dan tahun-tahun selanjutnya. Hal itu menunjukan jika rumah merupakan aset yang cukup menguntungkan.

Di beberapa kota, meskipun statusnya rumah bekas namun harga jual rumah biasanya tetap tinggi, harga jual rumah di Bali misalnya. Dengan harga jual yang cukup tinggi ini juga bisa menjamin keamanan secara finansial. 

Di kemudian hari, ketika butuh dana maka Anda bisa menggunakan rumah tersebut sebagai cara untuk mendapatkan dana. Dengan harga yang tetap tinggi, maka hal tersebut tentu akan menguntungkan untuk pemilik rumah.

2. Instrumen Investasi

Masih berkaitan dengan harga rumah yang selalu naik tiap tahunnya. Hal ini juga bisa dijadikan alasan mengapa harus punya rumah sendiri. Rumah bisa menjadi salah satu instrumen investasi yang bisa Anda gunakan.

Selain itu, faktor risiko dari instrumen investasi ini juga cukup rendah. Selama kondisi rumah tersebut terawat maka harganya masih bisa terjaga. Nilai investasi dari rumah juga bisa Anda dapatkan dari banyak hal.

Yang pertama adalah ketika menjual rumah tersebut. nantinya Anda akan mendapatkan selisih antara nilai jual dan nilai beli. Nilai itu, setelah mungkin dipotong dengan biaya perawatan juga bisa menjadi keuntungan untuk Anda.

Selain dari menjual, Anda juga bisa menyewakan rumah tersebut ke orang lain yang membutuhkan. Apalagi saat ini sangat banyak orang yang mencari rumah siap huni di Bali. Dengan menyewakannya maka Anda juga bisa mendapatkan uang tambahan dari sewa bulanan.

3. Memberi Rasa Aman dan Ketenangan

Salah satu masalah ketika Anda menyewa rumah adalah ketika pemilik rumah memutuskan tidak lagi menyewakan tempat tersebut. Itu artinya, Anda juga harus segera pindah dari rumah itu. Seperti yang Anda tahu, pindah rumah bukanlah hal yang mudah.

Selain itu, ketika menyewa rumah berarti Anda juga tidak bisa banyak melakukan perubahan pada tempat yang digunakan. Hal tersebut karena memang tempat tersebut bukan hak milik Anda. Artinya, mungkin Anda akan menemukan banyak ketidaksesuaian.

Hal ini juga menjadikan alasan mengapa harus punya rumah sendiri makin kuat. Dengan rumah sendiri, maka Anda tidak perlu khawatir harus pindah sewaktu-waktu. Walaupun pindah maka biasanya sudah terencana dan tidak mendadak.

Di lain sisi, rumah sendiri juga menandakan Anda bebas untuk mengatur tempat tersebut sesuka hati. Anda bisa menggunakan dan mendesain rumah tersebut dengan bebas tanpa ada yang mengatur.

4. Menjadi Warisan

Alasan mengapa harus punya rumah sendiri bagi sebagian orang adalah untuk warisan. Jika sudah tidak ditempati, maka rumah tersebut bisa diwariskan pada keturunan atau keluarga lain. Masalah ini akan berkaitan dengan rumah sebagai aset.

Dengan cara ini, maka menjadikan rumah sebagai warisan merupakan hal yang cukup wajar dan normal. Sebagian orang tua memang membeli rumah untuk kebutuhan anak-anaknya kelak. Meskipun banyak juga orang tua yang membeli rumah untuk kebutuhan mereka di masa tua.

Jika ingin menjadikan rumah sebagai warisan, maka kuncinya adalah perawatan dengan baik. Rumah yang terawat selain tetap nyaman juga akan membuat harganya tetap terjaga. Cara ini juga bisa membuat rumah tetap memiliki nilai jual yang tinggi.

5. Bisa Digadaikan 

Rumah memiliki nilai aset yang tinggi, maka hal tersebut juga menunjukan jika Anda bisa mendapat keuntungan finansial dari hal ini. Ini juga salah satu alasan mengapa harus punya rumah sendiri. Salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan tersebut bisa melalui proses gadai.

Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan keuntungan berupa uang yang bisa Anda gunakan untuk berbagai kepentingan lain. Hal yang terpenting ketika menjadikan rumah sebagai alat gadai adalah kemampuan bayar.

Gunakanlah perhitungan yang tepat agar Anda tidak merugi dengan proses gadai tersebut. Selain itu, pastikan juga Anda memiliki kemampuan bayar untuk menyelesaikan kewajiban yang dimiliki. Hal tersebut guna menghindari rumah yang disita.

6. Status Sosial

Baik disadari atau tidak, salah satu alasan mengapa harus punya rumah sendiri bagi kebanyakan orang berkaitan dengan status sosial. Mereka yang sudah memiliki rumah sendiri dianggap sudah mapan dan mandiri.

Status sosial ini juga akan terlihat dari lokasi dan bentuk rumah. Semakin indah dan strategis maka akan semakin naik status sosialnya. Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa saat ini banyak pembangunan rumah cluster di Bali.

Meskipun harganya cukup tinggi, namun penjualan dari rumah tipe ini tetap tinggi. Ha ini juga menunjukan jika kebutuhan akan rumah memang masih sangat tinggi. Pemilihan rumah cluster juga biasanya karena mempertimbangkan banyak hal.

7. Kebutuhan Akan Tempat Privasi

Alasan mengapa harus punya rumah sendiri lainnya adalah tempat yang private. Banyak orang yang membutuhkan rumah pribadi karena merasa hal tersebut bisa menjadi tempat private untuk dirinya. Biasanya kebutuhan akan hal ini berkaitan dengan desain rumah yang spesifik.

Banyak orang yang akhirnya membeli rumah karena dengan hal itu maka mereka bisa bebas mendesain banyak ruang sesuai harapan mereka. Dengan cara itu juga mereka bisa menentukan tempat privasi yang akan mereka gunakan.

Alasan ini memang belum begitu populer. Namun fakta jika dengan membeli rumah pribadi maka Anda bisa bebas mendesain sesuai kebutuhan atau kesukaan. Dalam hal ini, maka biasanya kebutuhan akan rumah menjadi sangat spesifik.

Penutup

Sebenarnya masih banyak alasan mengapa harus punya rumah sendiri lainnya. Mungkin Anda juga sudah tertarik dan ingin mencari rumah idaman. Saat ini sebenarnya proses jual beli rumah sudah sangat mudah. Bahkan Anda dapat mencari rumah idaman hanya melalui smartphone.
 
 


Posting Komentar untuk "Simak, Ini 7 Alasan Mengapa Harus Punya Rumah Sendiri!"