Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Serunya Water Slide Desa Lemukih

Mari kita ke Destinasi favorit sekarang ini , setelah virus corona mulai meredup adalah Water slide yang berlokasi di  Sudaji, Kec. Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali 81171 Bali. Serunya touring dengan pemuda pemuda banjar harapan desa, ke Water Slide Desa Lemukih

Sebagian besar wilayah Kabupaten Buleleng berupa dataran rendah, perbukitan, dan pegunungan. Di wilayah ini terdapat sebuah wisata alam yang cocok bagi para pecinta wisata petualangan, yakni Water Slide Lemukih.

Water Slide Lemukih menawarkan perosotan alami di atas batuan licin dengan aliran air yang cukup deras. Panjang jalur perosotan ini sekitar 25 meter. Warga lokal menyediakan alat bantu ban sebagai dudukan yang akan menjaga tubuh Anda tetap aman terkendali.

 Mitos Lemukih 

Setiap daerah tentu memiliki mitos yang berbeda-beda. Mitos berkembang di masyarakat dari mulut ke mulut yang diwariskan secara turun temurun oleh nenek moyang dan memiliki maksud tertentu seperti sebuah kepercayaan yang ditampilkan sebagai sesuatu yang sangat dekat bagi kehidupan manusia dengan lingkungan yang sifatnya patut dipercaya dan dijadikan teladan atau pedoman hidup. Seperti apa yang diyakini masyarakat di Desa Lemukih Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng yaitu “Mitos Larangan Membakar Mayat Saat Ngaben atau sering dikatakan (bila tanem atau mratiwi)”. 

Yakni mitos berupa larangan yang sampai saat ini masih ditaati oleh masyarakat Lemukih. Larangan tersebut adalah khususnya untuk masyarakat Lemukih tidak diperbolehkan membakar mayat pada saat upacara Ngaben dilaksanakan. Desa Lemukih merupakan salah satu desa tertua yang ada di Kabupaten Buleleng. 

Lemukih banyak memiliki keunikan-keunikan tersendiri dibandingkan dengan desa-desa yang lainnya. Dilihat dari penggunaan bahasa masyarakat Lemukih masih menggunakan bahasa Bali aga, dan memiliki tradisi serta mitos yang masih sangat kental dan sangat ditaati. 

Keberadaan mitos tentang “Larangan Membakar Mayat Saat Ngaben” pada kenyataanya tidak ada buku, atau pun sumber lainnya yang menyebutkan tentang informasi yang berkaitan dengan masalah tersebut. Penulis hanya mendapat informasi dari keterangan atau pendapat tetua adat atau tokoh masyarakat untuk menggali informasi mengenai mitos tersebut.

Jalan menuju lokasi lumayan, penuh dengan rintangan ... Mobil kemungkinan tidak bisa langsung mencapai lokasi, hanya sepeda motor yang bisa melalui karena jalan setapak di tepi sawah.


Lokasi Water Slide Desa Lemukih

diatas tadi dapat anda lihat lokasi water slide berdasarkan google maps, pasti tidak nyasar dah 😁

Selain air terjunnya yang alami, kalian juga dapat mencoba Water Slide di Desa Lemukih. Suasananya sangat asri dengan, airnya jernih tanpa sampah. Prosotan ini sudah ada sejak dahulu dan di gunakan oleh anak-anak sekitar untuk bermain.

 Jalan menuju lokasi kecil ya, kalau mau kesini baiknya pakai sepeda motor, tapi kalau kalian senang jalan atau trekking tidak masalah karena medan jalan nya turun naik. Fasilitas lengkap, ada swing juga.

Tiket masuk sangat terjangkau, wisatawan domestik hanya membayar Rp5.000 saja sedangkan untuk wisatawan mancanegara sebesar Rp15 ribu.

Jam operasinya yakni mulai dari pukul 08.00-17.00 Wita. Lewat dari jam itu wisatawan tidak diperbolehkan mencoba kegiatan ini karena sangat berisiko lantaran jalur menuju lokasi sangat ekstrem.

Posting Komentar untuk "Serunya Water Slide Desa Lemukih"