Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simak! Begini Cara Cepat Punya Rumah, Wajib Dilakukan!

Punya rumah sendiri menjadi impian banyak orang. Namun, tidak sedikit juga yang bertanya bagaimana cara cepat punya rumah. Sebetulnya, memiliki rumah secara cepat bisa saja dicapai, tapi kunci utamanya adalah konsistensi.

Perencanaan membeli rumah memang harus dipersiapkan secara matang dan dari jauh-jauh hari. Soalnya, membeli rumah bukan cuma soal mengatur keuangan, tapi Anda juga harus pintar untuk memilih lokasi dan aksesibilitas, memilih rumah yang sehat dan bisa dipakai untuk jangka panjang, dll.

Cara Menabung untuk Beli Rumah

Tidak bisa dipungkiri, uang adalah kunci utama untuk membeli atau membuat rumah. Hal ini banyak menjadi pertanyaan, bagaimana cara menabung yang benar agar bisa membeli rumah. Selain mengatur keuangan, kira-kira apalagi yang bisa Anda lakukan agar bisa membeli rumah impian?

1. Melakukan Perencanaan Keuangan

Jika sebelumnya Anda mengeluarkan uang tanpa melakukan pencatatan, sebaiknya kebiasaan itu dihentikan sekarang dan mulailah mencatat! Ketika menerima pemasukan, segera buat pos-pos pengeluaran yang dibutuhkan, termasuk berapa banyak yang harus ditabung.

Dengan melakukan ini, Anda akan tahu uang Anda sebagian besar digunakan untuk apa dan kemudian bisa diatur apakah pengeluaran tertentu memang dibutuhkan atau tidak. Setelahnya Anda bisa mulai menentukan kemampuan untuk mencicil atau menabung untuk rumah.

Semuanya bisa dimulai dengan membagi pemasukan Anda ke dalam beberapa pos. Misalnya, 50% untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk cicilan, 20% untuk tabungan. Selanjutnya Anda bisa membuat detail dari tiga pembagian itu.

Biasanya, developer rumah akan mengizinkan Anda untuk mengajukan cicilan kredit pemilikan rumah hingga 40% dari pemasukan. Bayangkan jika Anda tidak memiliki perencanaan keuangan sebelumnya, pasti akan bingung ketika pengajuan cicilan untuk penghitungan keuangannya.

2. Merencanakan Investasi

Agar tabungan Anda semakin banyak, salah satunya adalah dengan mengetahui cara investasi untuk beli rumah. Bisa saja Anda menabung untuk uang muka dalam bentuk emas atau instrumen investasi lainnya.

Sebelum melakukan investasi, pastikan kalau Anda mengetahui segala informasi mengenai pilihan investasi yang dipilih. Ingat, prinsip investasi adalah high risk, high return, yang berarti jika ingin mendapat untung besar dalam waktu tertentu, harus siap dengan risiko yang tinggi juga.

3. Menabung Uang Muka

Cara cepat punya rumah salah satunya adalah menabung uang muka. Semakin besar tabungan untuk uang muka, cicilan Anda akan semakin ringan. Anda bisa memulainya dengan menabung 30—40% pemasukan. Jika sudah terkumpul, 30—40% itu bisa dialihkan jadi cicilan.

4. Menggunakan Tabungan Terpisah.

Salah satu tips cara menabung untuk beli rumah tanpa kredit adalah menggunakan tabungan terpisah untuk kebutuhan sehari-hari dan cicilan. Ini untuk menghindari Anda menggunakan uang yang sudah dipisahkan untuk ditabung.

5. Mempunyai Dana Darurat

Pemasukan yang sudah dibagi ke dalam pos-pos tersebut, jangan lupa juga Anda sisihkan untuk menabung dana darurat. Dana darurat harus disimpan di tempat yang mudah dicairkan. Dana ini hanya boleh digunakan dalam kondisi darurat dan tak terduga, misalnya terkena PHK, pandemi, dll.

Untuk menentukan berapa besaran dana darurat yang harus disimpan, ada beberapa metode. Ada metode yang mengatakan bahwa dana darurat harus 3—6x pengeluaran tiap bulan, ada juga yang mengatakan harus sama jumlahnya seperti 4x pemasukan.

6. Usahakan Tidak Membuat Utang Lain

Selanjutnya Anda harus menentukan skala prioritas. Ketika sudah menentukan akan melakukan cicilan rumah, sebaiknya Anda menghindari cicilan lain seperti kendaraan bermotor. Baiknya, Anda juga menghindari utang lain, seperti membeli barang elektronik. Usahakan untuk membayar tunai.

Tips Punya Rumah Cepat


Ada beberapa cara cepat punya rumah yang harus Anda lakukan. Cara-cara ini bisa dikatakan wajib untuk dilakukan karena menjadi hal dasar supaya Anda dapat mencapai tujuan financial. berikut adalah diantarnya:

1. Mencari Rumah yang Sesuai Kemampuan

Sambil menghitung uang yang mampu disisihkan, agar Anda melakukan cara cepat punya rumah, Anda bisa mulai “perburuan” untuk mencari rumah. Pencarian rumah ini pasti membutuhkan waktu yang lama, karena memiliki banyak pertimbangan.

Di samping pertimbangan uang, Anda juga perlu mempertimbangkan apakah lokasi tersebut banjir dan memiliki ruang terbuka hijau, apakah dekat dengan transportasi umum, bagaimana lingkungan sekitarnya, dll.

Selain mencari rumah-rumah baru, Anda juga bisa mencari rumah bekas, yang biasanya dijual dengan harga lebih murah. Ketika membeli rumah bekas, Anda juga harus memastikan apakah rumah tersebut membutuhkan renovasi tambahan atau tidak.

Ketika melakukan pencarian rumah, kalau bisa datangi langsung rumah yang akan Anda beli. Hitung-hitung, Anda bisa menghitung biaya transportasi yang dibutuhkan, merasakan langsung lingkungannya, dan berkenalan dengan calon tetangga.

2. Membandingkan Informasi Cicilan

Jangan terpaku pada kebijakan cicilan satu developer saja, Anda juga harus tahu info dari developer lainnya. Ini berguna agar dapat membandingkan dan memilih mana yang skemanya paling cocok untuk Anda. Selain itu, Anda juga harus memerhatikan benar-benar perjanjian yang ada.

3. Melakukan Cek SLIK OJK.

Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan adalah sistem OJK yang bisa mengecek Anda memiliki catatan perbankan yang bagus atau tidak. Ini bisa dilihat salah satunya dari apakah Anda membayar tagihan kartu kredit secara rutin atau tidak.

4. Berserah

Setelah melakukan segala usaha, sangat disarankan kita berserah dan memanjatkan doa agar bisa beli rumah. Yang penting, kita harus sudah maksimal dalam bekerja dan mewujudkan impian kita dengan berbagai macam usaha.

5. Bangun Rumah dengan Konsep Berkelanjutan.

Salah satu cara cepat punya rumah yang tidak Anda sangka adalah menggunakan konsep rumah yang berkelanjutan. Kenapa? Dengan menggunakan konsep ini, Anda akan membutuhkan biaya lebih sedikit untuk membangun atau merenovasi.

Ketika rumah sudah bisa dihuni pun, biaya operasional yang akan Anda keluarkan juga lebih sedikit, sehingga tentunya lebih hemat, bukan hanya saat pembangunannya tapi juga saat dihuni. Selain lebih hemat, Anda juga berkontribusi positif untuk lingkungan sekitar.

Siap Untuk Memiliki Rumah!

Setelah Anda sudah memutuskan untuk membeli rumah, pastikan Anda juga mengubah pola hidup menjadi lebih hemat. Pikirkan juga apakah rumah yang akan dibeli nantinya untuk ditempati bersama dengan keluarga atau untuk investasi.

Jika rumah yang Anda beli akan digunakan untuk investasi, tentu pertimbangannya akan berbeda jika dibandingkan Anda membeli rumah untuk ditempati oleh keluarga. Selain itu, ketika Anda memutuskan beli rumah, tidak ada salahnya membicarakannya terlebih dulu dengan anggota keluarga lain.

Ingat, membeli rumah adalah keputusan yang besar. Bisa jadi Anda tidak berpikir objektif ketika merencanakan membeli rumah. Hal ini bisa diimbangi oleh orang lain, sehingga Anda bisa mengambil keputusan-keputusan terbaik ketika dihadapkan dengan berbagai pilihan.

Memiliki rumah memang menjadi impian setiap orang. Dengan adanya rumah kita akan lebih tenang menjalani hidup, tanpa perlu pindah-pindah kontrakan. Rumah juga menjadi aset yang bernilai untuk masa depan.

Berbagai tips dan cara cepat punya rumah di atas sebaiknya Anda lakukan sedini mungkin. Karena bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan rumah dalam waktu singkat, asal Anda melakukannya secara konsisten. 

Posting Komentar untuk " Simak! Begini Cara Cepat Punya Rumah, Wajib Dilakukan!"